Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

4 Hal yang Harus Diketahui dalam Mencari Partner Berbisnis


Mencari partner dalam berbisnis bukanlah hal yang mudah, mungkin Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Mencari partner dalam menjalani dunia bisnis bagi seorang entrepreneur adalah suatu keharusan. Pasalnya, Anda tentu tidak bisa bekerja sendiri, dan mengurus semuanya seperti marketing, penjualan, keuangan sampai mungkin urusan dana. Walaupun pertama kali memang Anda dapat mengerjakan semuanya sendirian, tetapi ketika bisnis Anda sudah besar dan tentu Anda membutuhkan seseorang yang bisa membantu. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah mencari partner yang tepat. Tetapi sebelum itu, berikut ada 4 hal yang harus Anda ketahui dalam mencari partner.

 

Mencari partner adalah hal yang sulit

Sebelum mencari partner, yang pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari kebutuhan Anda. Tidak mungkin Anda membuat suatu bisnis, keahlihan Anda adalah programmer, tetapi Anda mencari partner juga seorang programmer. Padahal, yang Anda butuhkan adalah partner yang bisa desain. Jadi Anda harus benar-benar mengerti apa kebutuhan dari bisnis Anda sebelum mencari partner.

Lalu, yang perlu ditekankan lagi adalah, mencari partner adalah hal yang sulit. Anda harus benar-benar mencari seseorang yang cocok, secara karakter, kepercayaan maupun secara kemampuan. Butuh waktu untuk mendapatkan partner ang cocok. Semakin kuat hubungan dengan partner, semakin sukses bisnis Anda nantinya.

 

Langkah awal adalah hal yang sulit

Ketika Anda sudah menemukan partner yang tepat, hal kedua yang sulit adalah memulai bekerja sama. Adalah adaptasi hal yang sangat sulit. Bagaimana kita bisa mengenal karakter partner kita, bagaimana cara dia berbicara atau cara dia menanggapi saat ada masalah. Untuk bisa klop atau sukses dalam menjalankan bisnis, Anda harus bisa cepat beradaptasi atau bahkan Anda yang harus menyesuaikan dengan partner tersebut.

komunikasi-itu-penting

Komunikasi adalah kunci

Seperti yang diketahui, dalam suatu hubungan akan ditentukan cara kita berkomunikasi. Itu juga termasuk dalam berbisnis. Semakin sering Anda dengan partner berkomunikasi, semakin bagus Anda untuk cepat beradaptasi. Perhatikan juga setiap kali bisnis Anda mendapatkan masalah, saling berkomunikasi adalah kunci untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ketika semuanya bisa melaksanakan tugasnya dengan baik serta dapat bekerja sama dengan baik, bisnis Anda akan berjalan lancar.

 

Bagi tugas dengan baik

Bagilah tugas Anda dengan partner Anda secara baik. Terangkan bagaimana kapasitas atau bagian tugas dengan benar dan detail. Dengan begitu, Anda dan partner bisa fokus bekerja dengan baik. Jangan sampai salah satu dari Anda atau partner masuk dalam tugas masing-masing jika tidak memang bukan cakupan.  Itulah pentingnya bagaimana menerangkan tugas masing-masing dengan baik.

 

Itulah beberapa hal yang penting yang harus Anda lakukan sebelum atau dalam mencari partner. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Sebastien]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Gadis Cantik di Balik Bisnis Toples Beromzet Ratusan Juta Rupiah per Bulan

Pemuda Ganteng Ini Raup Milliaran Rupiah Dari Bisnis Kreatif

Tips Kaya Raya ala Bob Sadino

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
4 Hal yang Harus Diketahui dalam Mencari Partner Berbisnis
Author
Description
Mencari partner dalam berbisnis bukanlah hal yang mudah, mungkin Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.