Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

4 Hal yang Tidak Boleh Anda Katakan Kepada Partner Anda


Tidak semua informasi harus diketahui oleh partner bisnis Anda, kata-kata berikut ini sebaiknya Anda hindari.

Ketika Anda sudah menentukan siapa partner berbisnis Anda, yang memang bukan hal mudah, sekarang langkah kedua adalah bagaimana cara Anda beradaptasi. Untuk menjalankan bisnis yang sukses, diperlukan kerja sama antar partner, disinilah peran Anda sebagai pemilik bisnis. Kuncinya adalah bagaimana komunikasi Anda dengan partner. Nah, sekarang Anda lihat 4 hal yang tidak boleh Anda katakan kepada partner Anda.

 

“Saya akan kerjakan semuanya”

Ini adalah cara berkerja sama yang buruk. Tidak usah peduli, partner Anda tersebut adalah teman dekat Anda, saudara bahkan istri atau suami Anda sekalipun. Jangan sekali-sekali Anda mengatakan hal tersebut, karena partner Anda akan merasa semuanya dapat Anda selesaikan. Katakan semua yang memang harus dikatakan, misalnya Anda mempunyai masalah dan ada pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan. Semakin sering Anda berkomunikasi dengan partner Anda, semakin bagus. Ingat, jika Anda bisa mengerjakan semuanya, buat apa Anda mempunyai partner.

 

“Tidak usah pakai tanda tangan”

Perusahaan Anda akan hancur pada bulan pertama atau kedua jika Anda mengatakan hal demikian. Partner Anda akan dengan mudah akan meninggalkan bisnis Anda. Ketika bisnis Anda sudah maju, dengan keuntungan yang cukup besar, lalu partner Anda melarikan uang perusahaan. Anda tidak bisa apa-apa karena tidak memiliki kontrak. Jadi perjanjian hitam diatas putih sangat penting. Usahakan semuanya yang Anda lakukan dan keputusannya penting yang berhubungan kontrak, harus ada perjanjian.

salaman

“Tenang, kita dapat atasi itu”

Problem dari partner dalam berbisnis adalah, mereka terlalu sok untuk mengerjakan sendiri tanpa berkonsultasi. Walaupun mempunyai porsi dari pekerjaan masing-masing, kalian harus selalu mempunyai rencana. Usahakan setiap pekerjaan mempunyai rencana yang matang. Dan setiap rencana yang Anda buat, Anda harus saling berkonsultasi dengan partner masing-masing. Jangan sampai Anda bergerak sendiri tanpa ada komunikasi dan rencana, semakin matang rencana Anda, semakin bagus.

 

“Tidak ada apa-apa”

Anda juga tidak boleh mengatakan hal tersebut. Sebagai partner yang baik, Anda harus mengatakan segalanya, mulai dari yang jelek sampai yang bagus. Karena posisi Anda dengan partner adalah sama, dan ketika semuanya dapat dibicarakan secara terbuka maka bisnis Anda dapat bergerak secara lancar. Selain itu, percayalah pasti selalu ada hal yang dapat dibicarakan.

 

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui kata-kata apa saja ang tidak boleh Anda ucapkan sebagai partner. Bagaimana menurut Anda? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Blondin]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Ken Iswari Tunjukkan Bahwa Wanita Juga Bisa Sukses di Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Bandung Pemilik Tas Eiger

Dibalik Bisnis Erick Thohir, Orang Indonesia Pemilik Inter Milan

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
4 Hal yang Tidak Boleh Anda Katakan Kepada Partner Anda
Author
Description
Tidak semua informasi harus diketahui oleh partner bisnis Anda, kata-kata berikut ini sebaiknya Anda hindari.