Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Berikut Cara Singkat Mempromosikan Bisnis Melalui Facebook


Social media adalah salah satu sarana promosi yang mudah dan murah, bahkan facebook menyediakan fitur khusus bagi yang ingin mempromosikan produknya.

Sosial media adalah media promosi yang murah meriah tetapi menjanjikan. Khususnya Facebook, setidaknya ada 50 juta pengguna Facebook di Indonesia. Dan semuanya itu adalah potensi market bagi Anda. Bahkan, 90% pengguna internet di Indonesia mempunyai akun Facebook. Banyak bisnis yang dulunya kecil, sekarang besar karena sosial media khususnya Facebook. Jika bisnis Anda mempunyai lingkup yang kecil dan tidak mempunyai dana lebih untuk promosi, membuat akun di Facebook adalah langkah yang tepat. Berukut adalah cara-cara membuat promosi bisnis di Facebook.

 

Buat Fan Page

Yang pertama Anda lakukan adalah membuat halaman fan page. Fitur fan page berbeda dengan Facebook akun, fan page bisa menjadi sarana untuk mempromosikan bisnis Anda. Setelah membuat fan page, yang harus Anda lakukan adalah melengkapi halaman fan page Anda secara detail. Mulai dari logo, gambar, deskripsi perusahaan, produk atau jasa yang ditawarkan. Tidak hanya deskripsi, Anda juga bisa menambah foto-foto untuk lebih detail tentang usaha Anda.

Setelah itu, hal kedua yang harus Anda lakukan adalah membuat Facebook URL sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya facebook.com/bisnisanda. Ini harus Anda lakukan karena ini dapat memudahkan para calon pelanggan untuk mengakses.

 

Share

Setelah membuat semuanya tampak lengkap, sekarang saatnya Anda mempromosikan fan page Facebook Anda. Berbeda dengan akun Facebook, cara add fan page adalah like dan tidak perlu konfirmasi. Yang pertama bisa Anda lakukan dalam share fan page Anda dengan akun pribadi Anda dan teman-teman Facebook Anda.

Setelah itu, Anda bisa melakukan share dengan cara mengupdate secara regular. Karena semakin Anda rajin mengupdate, semakin besar pula fan page Anda di like ataupun di share lagi. Anda bisa membagi konten yang mengundang untuk di share kembali.  Fan page yang baik adalah fan page yang mempunyai like dan comment secara banyak.

 

Selalu perhatikan konsumen

Fan page di Facebook berguna untuk mengetahui seberapa besar perhatian konsumen Anda terhadap bisnis Anda. Apakah respon mereka baik atau buruk. Jadi Anda selalu perhatikan tingkah laku konsumen Anda di Facebook. Ketika Anda memposting produk dan ada komentar atau menanyakan produk, usahakan secepat mungkin Anda bisa membalas komentar tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda pun akan mendapat masukan dari konsumen tanpa perlu membuat kotak saran. Selain itu Anda juga bisa menggunakan tools dari Facebook, misalnya ‘Build Audience’ atau statistik yang ada di fan page Anda tersebut. Anda bisa melihat hari apa saja atau rata-rata likes dari konsumen Anda.

jumlah-pengguna-facebook-indonesia

Pertimbangkan Anda menggunakan Facebook Ads

Seperti yang dikatakan diawal, sosial media adalah promosi yang paling murah. Tetapi untuk mendapatkan like yang banyak, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Facebook Ads. Apa sebenarnya keunggulan dari Facebook Ads? Facebook mempunyai cara tersendiri untuk memilih para konsumennya. Jadi, Facebook Ads bisa sangat membantu Anda dalam mendapatkan calon konsumen.

Nah, Sobat Studentpreneur sekarang mengetahui bagaimana cara menggunakan Facebook Fan Page dengan baik untuk bisnis Anda? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Pemuda Ganteng Ini Raup Milliaran Rupiah Dari Bisnis Kreatif

Kata Mutiara dari Bill Gates

Bisnis Awal Samsung Ternyata Jualan Mie!

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Berikut Cara Singkat Mempromosikan Bisnis Melalui Facebook
Author
Description
Social media adalah salah satu sarana promosi yang mudah dan murah, bahkan facebook menyediakan fitur khusus bagi yang ingin mempromosikan produknya.