Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

4 Mesin Pencari Khusus Untuk Melacak Media Sosial Pelanggan Anda


Tidak semua masalah bisa Anda pecahkan dengan Google. Faktanya, ada beberapa tipe mesin pencari yang justru lebih spesifik dan memiliki fungsi yang sangat powerful. Terutama ketika Anda ingin mencari niche produk atau jasa Anda. Social search engine, begitulah ia disebut. Mereka akan menyediakan konten yang disediakan secara khusus, dan mengumpulkan data dari berbagai sumber yang dirancang untuk melayani demografi tertent, secara real-time pula. Informasi ini kemudian dapat Anda pergunakan untuk melacak target market Anda. Berikut adalah 4 social search engine tersebut.

 

Smashfuse.com. Mesin populer ini bekerja dengan mengabaikan situs-situs statis dan menambang data di situs media sosial. Selain dari Twitter, dan Facebook, Anda juga akan menemukan informasi dari Vimeo, Google+, dan sejumlah platform media sosial di seluruh dunia yang mungkin belum pernah Anda dengar. Di sini, Anda bisa mendapatkan akses terhadap topik-topik yang sedang trending dan menggunakannya untuk kepentingan marketing Anda.

 

SocialMention.com. Sebagian pencarian media sosial dan sebagian lagi adalah alat analisis, mesin ini mengumpulkan konten yang dihasilkan dari pengguna media sosial di seluruh dunia, dan menyajikan satu informasi yang sudah berbentuk user friendly. Anda dapat mengukur dan melacak apa yang dikatakan tentang perusahaan Anda, atau produk atau topik apapun. Terupdate secara terus-menerus sehingga Anda bisa mendapat informasi real-time, sekaligus melacak lebih dari 100 platform media sosial. Plus, Anda dapat memilih untuk pemantauan berkala dan alert.

social-search-engine

Topsy.com. Adalah alat analisis sosial serta mesin pencari sosial. Dia mengindeks beberapa ratus miliar tweet. Uniknya adalah dia merupakan salah satu dari beberapa situs real time yang muncul selama hey day di tahun 2008 sampai 2010 yang masih tumbuh subur dan bertahan sampai sekarang. Topsy adalah mesin data mining paling ideal untuk Twitter.

 

Social-Searcher.com. Sebagaimana social search engine umumnya, situs ini memungkinkan Anda mencari konten dalam situs sosial secara real time. Sekaligus menyediakan analisis dan data yang komprehensif. Anda tidak perlu login ke akun media sosial lainnya untuk mendapatkan informasi, peringatan, atau mengirim pesan. Situs ini dibuat pada tahun 2010, dan kini tersedia dalam puluhan bahasa. Anda dapat memilah informasi berdasarkan preferensi atau tanggal.

 

Garis besarnya, ada banyak gadget di luaran sana untuk kebutuhan Anda yang spesifik. Kadang-kadang Anda bisa menemukan hal-hal dasar-dasar dengan Bing, tapi ketika Anda membutuhkan data yang spesifik, tidak ada salahnya untuk sedikit melek internet dan menggunakan gadget-gadget ini untuk memudahkan kerja Anda. Nah sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Duncan]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Tips Untuk Menjadi Jutawan di Usia 30-an

Ironman Dunia Nyata Adalah Pebisnis Super Sukses

Yuk Belajar Bisnis dari Oprah Winfrey

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+