Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

4 Tips untuk Menghemat Waktu Anda ketika Marketing di Tumblr


Menggunakan Tumblr Untuk Marketing Perusahaan Anda? Ini Dia Tips Untuk Menghemat Waktu Anda Ketika Marketing di Tumblr.

Ada jutaan pengguna di Tumblr, sehingga platform ini cukup matang untuk Anda gunakan sebagai alat marketing. Akan tetapi, sebagai entrepreneur banyak hal yang harus Anda lakukan. Anda tidak punya waktu untuk nongkrong sepanjang hari di Tumblr. Jadi, apa yang harus Anda lakukan?

 

1. Rencanakan 1 Minggu ke Depan

‘Queue’ adalah teman terbaik Anda. Fitur ini memungkinkan Anda menjadwalkan waktu posting selama beberapa jam atau beberapa hari ke depan. Cara sederhana ini bisa Anda gunakan agar halaman Anda tampak tetap aktif sementara Anda tidak benar-benar perlu menghabiskan seluruh waktu Anda di Tumblr. Cara ini juga sangat bagus untuk menjaga konsistensi halaman Anda. Daripada kembali ke Tumblr beberapa kali dalam sehari, Anda dapat menyisihkan sedikit waktu untuk mempersiapkan konten untuk hari berikutnya, atau bahkan 1 minggu ke depan. Untuk melakukan queue, pilih “Add to Queue” pada menu dropdown di bagian kanan atas layar pembuatan post. Dari menu ini, Anda dapat mengotomatisasi posting per hari / jam yang Anda inginkan. Anda juga dapat memilih “Publish on …” dari layar pembuatan post, dan menyesuaikan hari untuk setiap posting individu.

 

2. Reblog Konten yang Relevan

Ada 30,9 milyar posting di Tumblr. Jumlah ini meningkat setiap harinya. Hampir mustahil untuk bersaing dengan segala sesuatu yang ada pada platform ini. Maka, ada baiknya kalau Anda bukan bersaing, melainkan membaur dengan ekosistem. Terlibatlah dengan blog lain. Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat konten, Anda bisa reblog konten dari akun-akun lain yang relevan dengan bisnis Anda. Reblogging membuat halaman Tumblr Anda dipenuhi banyak konten original dengan sedikit usaha. Tumblr juga memiliki sejumlah fitur pencarian seperti Spotlight dan sistem Tagging – yang akan mengarahkan Anda ke halaman yang cocok untuk Anda ikuti.

marketing-tumblr

3. Gunakan Bookmarklet

Bookmarklet pada Tumblr adalah fitur yang baik untuk posting cepat. Daripada membuka jendela baru setiap kali Anda menemukan sesuatu yang menarik saat browsing, tombol ini akan meng-upload konten tersebut ke blog Anda dalam hitungan detik.

 

4. Sinkronisasikan

Selain Tumblr, Anda pasti juga ingin pakai Twitter atau Facebook. Maka, Anda dapat memperbaiki pengaturan blog Anda untuk secara otomatis posting ke Twitter dan Facebook setiap kali Anda memposting sesuatu di Tumblr. Dengan begitu, Anda tidak membuang waktu untuk posting pada setiap platform. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat melakukan tugas ini. Misalnya Tarpipe.com yang mampu mengotomatisasi penerbitan konten Anda pada 22 platform yang berbeda sekaligus menjaga catatan aktivitas. Ada juga Postling.com, yang lebih user-friendly.

 

Kesimpulan

Keindahan Tumblr adalah ketika dia digunakan secara santai. Anda tidak perlu berusaha keras untuk menjalankan halaman yang baik. Selama Anda konsisten posting konten berkualitas, maka sudah cukup. Pengguna lain juga menggunakan Tumblr untuk mendapat informasi dan hiburan. Sehingga Tumblr adalah tempat yang cocok untuk menunjukkan karakter dan meningkatkan kesadaran terhadap merek Anda, bukan sebagai website perusahaan. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Josh]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Jangan Takut Hutang!

Seorang Anak Yatim yang Berjuang Menjadi Orang Terkaya Kedua di Italia

Hanya Anak Buruh Kereta Api, Namun Menjadi Pemilik Zara dan Terkaya Ketiga di Dunia

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+