Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

5 Cara Jualan Online Paling Mudah


Sekarang Semuanya Bisa Dijual Secara Online. Inilah Tips Cara Jualan Online Paling Mudah yang Mungkin Bisa Anda Praktekkan Sendiri.

Punya barang tidak terpakai? Jual saja di… dunia online. Selain mudah, beberapa di antaranya bisa Anda lakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya. Apabila Anda merasa terpanggil, maka berikut adalah beberapa alternatif cara jualan online. Anda bisa gunakan salah satunya, atau mengintegrasikan beberapa di antaranya untuk menghasilkan penjualan yang lebih efektif.

 

Bikin website toko online

Cara ini bayar. Meskipun pada dasarnya Anda bisa bikin blog gratis dengan WordPress atau Blogspot. Namun Anda akan butuh toko online yang benar-benar berbentuk toko online (ada katalog, shopping cart, dst). Anda pun kelak, setelah sekian waktu berjualan online, cepat atau lambat, harus punya toko online. Kenapa? Tentu saja soal kredibilitas. Ketika Anda jualan di internet, Anda tidak bertatap muka langsung dengan calon pembeli. Bagaimana mereka bisa mempercayai Anda kalau tampilan online Anda bahkan tidak menjanjikan?

tips-social-media

Jualan di sosial media

Praktek ini mungkin sudah over saturated. Pasar bisa dibilang mulai jenuh. Namun bukan berarti Anda dilarang melakukannya. Tidak ada yang melarang Anda. Apalagi jika Anda sudah punya modal yang kuat berupa circles, followers, dan friends yang berjumlah besar (Anda sudah masuk dalam kategori influencer). Yang Anda perlukan hanya keberanian untuk menawarkan barang-barang jualan Anda pada Anda.

 

Jualan di forum

Memang, pada sebagian besar forum, jangankan jualan, promosi saja dilarang. Misalnya di Kaskus. Mereka menyediakan tempat jualan tersendiri di luar forum, yang mana mereka sebut dengan Forum Jual Beli (FJB), meskipun konsepnya lebih mirip dengan marketplace. Namun bukan berarti Anda tidak bisa jualan di forum yang sebenarnya. Jualan di forum itu, kuncinya adalah interaksi. Hasilnya tergantung pada kemampuan Anda untuk menjalin komunikasi dengan orang lain TANPA kelihatan sedang jualan.

 

Jual di marketplace

Syukurlah Indonesia memiliki banyak pemain marketplace besar. Sebut saja Tokopedia, OLX, Berniaga, dst. Artinya, Anda memiliki banyak pilihan platform untuk berjualan online secara gratis. Anda bisa pilih salah satu saja, atau jualan di semuanya. Karena perputaran highlight di marketplace bisa dibilang sangat cepat, maka Anda harus rutin update lapak Anda berkali-kali untuk memancing agar produk Anda tetap mendapat perhatian pengguna lainnya.

 

Membuka dropship

Pada dasarnya, dengan cara ini Anda sama saja dengan titip barang di lapak orang lain. Anda mengijinkan orang lain untuk mendistribusikan barang Anda dengan merek mereka sendiri. Tantangannya adalah, Anda akan sangat sibuk, dan dituntut untuk semaksimal mungkin menjaga kredibilitas Anda sebagai produsen. Maka, yang harus Anda pastikan sebelum membuka dropship adalah, Anda harus bisa mengontrol distribusinya dengan baik.

Nah Sobat Studentpreneur, tertarik untuk menggunakan salah satu cara jualan online ini? Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Fotografer Cantik Ini Membangun Bisnis Sejak Kelas 3 SMP

Inilah Kisah Sukses Putra Jokowi Berbisnis Katering

Ilmu Rahasia Menciptakan Pelanggan Seumur Hidup

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+