Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

5 Cara Untuk Tetap Fokus di Dunia yang Penuh Gangguan


Tanpa Fokus yang Kuat, Anda Tidak Akan Bisa Bekerja Dengan Produktif.

Banyak orang yang masih saja percaya bahwa orang-orang berhasil hanya karena mereka terlahir dengan keberuntungan yang berlimpah. Padahal dalam setiap kisah sukses, bab terpanjang adalah tentang tekad. Dan jika Anda bertanya pada setiap orang sukses, mereka akan memberitahu Anda bahwa mereka tidak lahir dengan tekad lebih. Mereka hanya bisa menemukan cara untuk memanfaatkan dan menggunakan apa yang mereka miliki secara lebih efektif. Berikut adalah lima cara untuk memanfaatkan tekad Anda dan tetap fokus di dunia yang terus-menerus berdering.

 

1. Selesaikan di malam sebelumnya.

Sebelum Anda pergi tidur, buat beberapa keputusan tentang apa yang akan Anda lakukan besok, seperti apa yang akan Anda kenakan, apa yang akan Anda makan untuk makan siang, dan rute lainnya dalam pekerjaan Anda. Hal yang sama berlaku tentang bagaimana Anda menghabiskan uang: tentukan anggaran dan menaatinya.

Buat keputusan di malam sebelumnya bahwa Anda tidak akan memeriksa email atau surfing internet sebelum Anda menyelesaikan tugas yang lebih penting. Membulatkan keputusan Anda akan membuat Anda lebih mudah untuk menghindari pengalihan dan membuang-buang waktu dan energi pada hal-hal kecil yang tidak penting.

cara-fokus

2. Selesaikan hal paling sulit pertama kali.

Tugas paling sulit tidak akan jadi semakin mudah ketika kita cuma membolak-baliknya. Kita hanya akan membuang-buang energi untuk mengkhawatirkannya. Maka selesaikan pekerjaan yang paling sulit segera saat Anda masih segar dan memiliki energi. Pikiran kita lebih tajam di pagi hari. Maka gunakan waktu ini untuk mengatasi pekerjaan sulit. Begitu selesai, kita dapat bersantai dan mengurus pekerjaan rutin lain yang tidak memerlukan ketegangan mental, kemampuan, dan energi.

 

3. Singkirkan gangguan dan pembuang waktu.

Sebagian besar situasi yang datang untuk mengalihkan perhatian kita tidaklah darurat dan tidak memerlukan kita untuk segera merespon. Banyak dari situasi ini akan selesai seiring dengan waktu. Menanggapi tugas-tugas ini dengan segera hanya akan mengirim pesan bahwa Anda siap untuk menerima lagi. Dengan tidak menanggapi, Anda mengirim pesan bahwa Anda adalah orang yang fokus dan sangat sibuk dari waktu ke waktu. Anda mengabaikan hal-hal sepele yang membuang-buang waktu.

 

4. Regenerasi dan menjaga tingkat energi Anda.

Segera ambil break ketika Anda merasa energi Anda memudar. Ambil jalan cepat, lari, peregangan, atau lakukan apapun yang mampu mengalihkan Anda sebentar dari pekerjaan dan regenerasi. Anda akan kembali ke tugas Anda dengan semangat baru dan fokus mental yang lebih tajam.

Hindari makan cemilan besar saat siang. Lebih baik Anda mengkonsumsi snack makanan sehat seperti buah dan sayuran segar di siang hari. Minum banyak air dan olahraga secara teratur. Atur rutinitas ini sebagai rutinitas harian Anda.

 

5. Ingatkan diri Anda terhadap tujuan Anda.

Buatlah papan visi, film pikiran, atau sistem yang berfungsi sebagai pengingat terhadap apa yang sedang Anda upayakan. Misalnya mengumpulkan 1 miliar untuk mendirikan sekolah di negara dunia ketiga. Sisihkan waktu yang teratur setiap hari, meski hanya lima menit, untuk memvisualisasikan tujuan ini. Hal ini akan berfungsi sebagai motivator yang akan terus membuat Anda bekerja dengan semangat.

Semoga Anda senantiasa fokus di dunia yang penuh gangguan ini. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Leland]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Wawancara Eksklusif: Anak Muda Ini Tinggalkan NASA Demi Bisnis Robot

Resep Sukses: Kelilingi Diri Anda Dengan Orang-Orang Sukses

ALS Ice Bucket Challenge Pertama Indonesia, Kalian Berani?

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+