Tips
5 Manfaat dari Komunikasi yang Efektif untuk Bisnis
Ada satu rumah makan ayam di Surabaya yang cukup terkenal kelezatannya. Dulu rumah makan ini sangat ramai sehingga untuk membeli saja harus mengantri lama. Sekarang rumah makan ini sudah memiliki beberapa cabang, namun anehnya setiap cabangnya sepi dan tidak seramai jaman dulu padahal rasanya masih sama. Hal ini terjadi diakibatkan pihak rumah makan tersebut kurang dapat melakukan komunikasi yang efektif bagi para pelanggan setia maupun pelanggan baru.
Komunikasi merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi bisnis baik internal maupun eksternal secara langsung maupun tidak langsung. Semakin besar skala bisnisnya, semakin dibutuhkan komunikasi yang efektif. Berikut ada 8 manfaat memiliki komunikasi yang efektif untuk bisnis.
Menyelesaikan masalah lebih cepat
Ketika didapati sebuah masalah maka biasanya selalu ada diskusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Apabila orang-orang yang terlibat tidak dapat saling berkomunikasi secara efektif, maka akan lebih susah untuk mengerti maksud dari pembicaraan. Dampaknya adalah lebih sulit untuk mencari akar permasalahan yang akhirnya membutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan solusinya.
Meningkatkan produktivitas
Semakin besar perusahaan maka semakin kompleks pula struktur organisasinya dan cara komunikasi antar karyawan. Contoh dalam perusahaan teknologi apabila komunikasi antara project manager dengan anggota tim teknis yang lain tidak efektif, bayangkan saja berapa lama waktu tidak produktif yang harus dihabiskan hanya untuk membuat para teknisi mengerti apa yang dimaksud oleh project manager. Jadi semakin efektif komunikasinya maka semakin cepat orang lain mengerti apa yang dibicarakan sehingga eksekusi pun lebih cepat.
Hubungan kerjasama yang lebih baik
Suatu bisnis akan berkembang lebih cepat apabila terjalin kerjasama dengan pihak lain. Contoh katakanlah ada usaha toko roti yang ingin meningkatkan jumlah produksi per harinya. Pastinya untuk memenuhi kebutuhan bahan baku roti tersebut apabila hanya membeli eceran seperti biasa pasti biaya yang dikeluarkan akan semakin mahal. Berbeda halnya apabila melakukan kerjasama dengan pemasok yang akhirnya mendapatkan harga spesial yang pastinya akan lebih menghemat pengeluaran.
Promosi lebih mudah
Bisnis yang berskala besar pasti memiliki bagian pemasaran khusus yang dapat bekerja penuh untuk memasarkan produk tersebut. Namun bukan berarti ketika kita ingin mendirikan startup sudah harus menyiapkan divisi pemasaran khusus apalagi jika modal dan sumber daya manusia yang kita miliki terbatas. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, kita dapat mengenalkan produk ke masyarakat lebih mudah karena mereka dapat langsung mengerti produk baru yang kita luncurkan.
Meningkatkan kesan profesional
Ketika kita berkomunikasi dengan orang lain secara efektif, maka orang tersebut akan nyaman selama berbicara dengan kita. Hal ini juga akan menimbulkan kesan bahwa kita orang yang profesional karena orang yang diajak bicara dapat mengerti maksud pembicaraan dengan mudah.
Itulah 5 manfaat memiliki komunikasi yang efektif untuk bisnis. Milikilah kemampuan komunikasi yang efektif supaya bisnis Sobat Studentpreneur dapat meningkat dan berkembang lebih cepat. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau mengikuti kelas-kelas online gratis di Studentpreneur.
Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:
Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru
How to Sell Anything in 3 Simple Steps
Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri