Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Tips

5 Tren Social Media yang Harus Diketahui Setiap Pengusaha


Karena evolusi social media tidak berhenti dan bisnis anda tidak boleh berhenti untuk menyesuaikan diri terhadapnya.

Social media berkembang dengan sangat pesat. Karena itu, strategi Anda tidak boleh statis. Anda harus terus merevisi strategi Anda setidaknya setahun sekali atau lebih baik lagi, tiga bulan sekali.  Nah Sobat Studentpreneur, Berikut 5 tren social media di tahun 2014 yang harus diperhatikan oleh setiap pengusaha:

 

1. Perubahan algoritma Facebook. Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang berita-berita yang mengabarkan tentang perubahan algoritma Facebook. Sebuah studi menemukan bahwa hanya enam persen dari fans Facebook anda yang akan melihat posting Anda. Para ahli bahkan memperkirakan bahwa angka itu akan terus menurun, hingga akhirnya mencapai satu persen. Anda perlu merevisi kembali strategi pengelolaan halaman Facebook bisnis Anda menyesuaikan algoritma terbaru Facebook.

social-media

2. Google+ semakin penting dan mendesak. Jika ada salah satu jejaring sosial yang layak untuk diperhitungkan, maka Google+ muncul sebagai kuda hitam. Dia memainkan peran yang sangat penting dalam algoritma peringkat organik Google. Secara mengejutkan, Matt Cutts baru-baru ini merilis sebuah video yang berisi pemberitahuan bahwa Facebook dan Twitter kini tidak memiliki dampak apapun pada peringkat SEO karena masalah crawling dan aksesibilitas. Maka, masuk akal kalau nantinya Google akan menambang data dari Google+ mereka, di mana akses crawler tidak akan dihalang-halangi.

 

3. Google+ dilengkapi dengan Google Authorship. Google+ merupakan cara terbaik untuk mendapatkan akses ke Google Authorship. Google Authorship adalah fitur yang akan membantu Google untuk mengidentifikasi konten Anda, menghubungkannya dengan profil penulis aslinya, membangun portofolio untuk setiap penulis, kemudian membuat skor algoritmik “Author Rank” berdasarkan keahlian dan sejarah penerbitan penulis.

 

4. Integrasi antara sosial media, SEO, dan Blog. Berkat update algoritma terbaru Google, blog memiliki implikasi langsung terhadap SEO. Maka bisnis Anda harus menguasai tiga pilar pemasaran online, yaitu SEO, blog, dan sosial media, sebagai sebuah sistem yang bekerja secara sinergis untuk meningkatkan visibilitas, membangun merek Anda, mendatangkan pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

 

5. Konten visual akan menang. Studi dari Citrix menghitung bahwa 63 persen dari sosial media tersusun atas citra visual. Dengan demikian, platform visual sudah semakin diminati oleh khalayak. Studi lain dari Vision Critical menemukan 29 persen pengguna Pinterest membeli sebuah barang setelah mereka re-pin pada jaringan mereka. Konten video kini juga lebih diminati daripada sebelumnya berkat penguatan fitur Youtube dan penambahan fungsi untuk menampilkan microvideo oleh Vine dan Instagram.

 

Nah Sobat Studentpreneur, di tengah evolusi social media yang tidak berhenti, bagaimana bisnis Anda memanfaatkannya? Anda sudah punya strategi khusus? Tulis yuk di kolom komentar 🙂  Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: MKH Marketing]

 

Baca Juga:

Pendiri Facebook Doyan Pesta

Pemuda Ini Kumpulkan Milliaran Rupiah dari KickStarter

Kebiasaan Orang Kreatif

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+