Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

6 Waralaba Paling Laku di Indonesia


Bisnis waralaba, jenis bisnis yang cocok bagi pebisnis pemula.

Bisnis franchise atau waralaba saat ini memang sedang digemari oleh banyak orang yang ingin menjadi seorang wirausaha. Bisnis waralaba juga menjadi salah satu pilihan bisnis bagi para wirausaha pemula yang masih bingung/belum memiliki ide usaha dan memiliki modal yang tidak begitu banyak. Franchise banyak dipilih karena kamu tidak perlu memikirkan ketersediaan stok, kamu juga sudah disedikan tempat atau gerobak untuk menjual produk mereka, dan pastinya kamu tidak perlu pusing memikirkan sistem serta manajemen perusahaan karena sudah diatur oleh perusahaan pusatnya.

Pokoknya sebagai pewaralaba, kamu hanya tinggal membeli brand bisnis dan menjalankan usaha tersebut. Bahkan tidak sedikit waralaba di Indonesia bersedia membantumu untuk meraih keuntungan lebih melalui edukasi dari mereka. Lumayan banget, kan? Apakah kamu tertarik Sobat Studentpreneur? Kalau tertarik, berikut daftar waralaba paling laku di Indonesia.

 

Waralaba Makanan

Photo credit: Mike Mozart (flickr.com)

Jenis bisnis waralaba pertama yang menguntungkan dan bisa kamu pilih adalah waralaba makanan. Mengapa? Karena makanan memang menjadi kebutuhan primer manusia sehingga selalu menarik perhatian banyak orang untuk dijadikan sebagai bisnis. Menurut data, jenis waralaba makanan termasuk ke dalam jenis waralaba paling laku di Indonesia dan memiliki jumlah yang paling banyak. Kalau kamu kebetulan suka dengan bidang kuliner atau memasak, maka tidak usah ragu lagi, waralaba ini sangat cocok denganmu.

Dalam waralaba makanan, kamu sebagai calon pewaralaba bisa memilih beberapa konsep, seperi konsep gerobak, kedai, kafe, atau resto. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai jumlah, maka sebaiknya kamu harus benar-benar cermat dan teliti untuk memilih brand waralabanya. Perhitungkan dan cermati prospek dari waralaba tersebut, mulai dari menu apa saja yang disajikan, fasilitas apa yang bisa kamu dapatkan, dan juga sistem seperti apa yang ditawarkan. Contoh waralaba bidang makanan yang terkenal ada kebab turki baba rafi, bakso kepala sapi, dan banyak lainnya.

 

Waralaba Minuman Ringan

Sama halnya dengan jenis waralaba makanan, waralaba minuman juga menjadi salah satu jenis bisnis yang masih eksis dan juga diminati oleh banyak orang. Bahkan waralaba ini menjadi salah satu waralaba di Indonesia yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Beragam jenis minuman yang ditawarkan pun memeriahkan waralaba satu ini. Belum lagi karena Indonesia memiliki suhu udara yang tinggi, sehingga minuman segar dan unik pasti menjadi pilihan terbaik.

Tidak hanya menyajikan minuman dingin, banyak juga waralaba minuman yang menjual minuman hangat seperti teh, kopi, dan susu. Namun kini kamu sudah bisa menemukan variasi serta inovasi bisnis minuman ringan yang tidak kalah menarik. Kamu juga tidak perlu khawatir, karena waralaba ini tidak membutuhkan modal yang besar. Contoh waralaba minuman ringan yang terkenal adalah Sharetea.

 

Waralaba Jasa

Tidak hanya menyediakan produk minuman, waralaba di Indonesia juga berkembang di bidang jasa yang juga memiliki banyak peminatnya. Berada di era modern, masyarakat pun disibukkan dengan banyak hal, sehingga membuat mereka membutuhkan layanan jasa untuk membantu menyeimbangkan kesibukannya. Dari kebutuhan itulah waralaba di bidang jasa mulai bermunculan.

Banyak sekali bentuk usaha waralaba jasa yang bisa kamu jadikan sebagai peluang, mulai dari jasa laundry, pengiriman barang, agen travel, dan lainnya. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan waralaba satu ini pun beragam, mulai dari Rp10 juta hingga ratusan juta rupiah.

 

Waralaba Pulsa

Pulsa saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi kelompok milenialis yang hidupnya bergantung pada teknologi. Dari fenomena ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai bisnis waralaba di Indonesia. Tidak banyak yang perlu dipersiapkan dalam menjalankan bisnis ini. Kamu hanya perlu menyiapkan ponsel dan modal minimal 1 juta rupiah saja sudah cukup.

Meskipun hanya dari pulsa, kamu tetap bisa meraup untung hingga jutaan rupiah dalam satu bulan. Jika usaha bisnis pulsa kamu sudah berjalan lancar, kamu bisa mulai menambahkan komponen usaha lainnya seperti token pulsa listrik agar usahamu bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

 

Waralaba Minimarket

Jika kamu memiliki modal yang banyak, kamu juga bisa memilih bisnis minimarket sebagai pilihan. Bisa dibilang minimarket menjadi salah satu bisnis waralaba paling laku di Indonesia. Mengingat dari minimarket saja masyarakat bisa memenuhi segala jenis kebutuhan sehari-harinya dengan jaminan tempat berbelanja yang lebih nyaman, bersih, dan dekat dengan rumah. Semua orang pasti pernah berbelanja di waralaba seperti Indomart dan Alfamart.

 

Waralaba bidang Pendidikan

Franchise pendidikan juga termasuk ke dalam waralaba paling laku di Indonesia. Memberikan bentuk jasa pelayanan, waralaba satu ini akan menyediakan pelayanan kursus atau bimbingan belajar. Saat ini sudah banyak waralaba pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia dan tidak hanya fokus pada kota-kota besarnya saja. Kebutuhan konsumen terhadap skill/keahlian dan bimbingan belajar yang terus meningkat merupakan peluang usaha yang bisa kamu manfaatkan untuk menjalankan bisnis waralaba di Indonesia.

Tapi untuk menjalankan bisnis ini, pastikan kamu sudah memiliki tutor atau guru yang berkualitas dan mumpuni dalam  bidangnya. Hal ini menjadi hal utama yang diperhatikan karena berperan untuk menjaga kualitas lembaga yang kamu pilih. Pastikan pula guru/tutor tersebut memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar mudah dimengerti oleh peserta didiknya kelak.

Demikianlah jenis waralaba paling laku di Indonesia yang bisa kamu pilih. Meskipun hampir semuanya sudah disediakan oleh pusat, bukan berarti kamu bisa bersantai ria dalam menjalankan bisnis ini. Tetap diperlukan kerja keras dan kesabaran agar bisnis yang kamu jalani itu bisa bertahan hingga waktu yang lama. Lalu, kira-kira mana jenis waralaba di Indonesia yang menarik perhatianmu Sobat Studentpreneur?

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Peluang Big Data di Masa Depan

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Cara Mencari Investor untuk Startup Baru

 

Nisrina Darnila

Pernah bekerja untuk National Geographic Indonesia, kini Nisrina aktif di salah satu content agency di Jakarta

Facebook