Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

7 Tips Memilih Lokasi Meeting Terbaik Untuk Bertemu Klien


Memilih lokasi meeting terbaik saat akan bertemu klien adalah hal yang harus sangat diperhatikan oleh seorang pebisnis. Lokasi meeting tentunya akan berdampak pada suasana diskusi bersama klien itu sendiri. Meskipun terlihat sepele, hal ini justru sulit dilakukan oleh seseorang yang baru saja menekuni dunia bisnis. Untuk meyakinkan klien tentu kamu pun harus memberikan image yang baik, mulai dari lokasi hingga pembawaan diri sendiri. Nah, berikut ini merupakan 8 tips yang dapat Sobat Studentpreneur lakukan untuk mendapatkan lokasi meeting yang terbaik.

 

Mudah Dijangkau

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi meeting adalah aksesibilitas lokasi itu sendiri. Pastikan transportasi menuju tempat tersebut mudah didapatkan sehingga klien dapat dengan mudah mendatangi lokasi tersebut. Sebaiknya kamu memilih lokasi meeting yang ada di tengah kota sehingga baik kamu maupun klien dapat dengan mudah datang ke tempat tersebut. Jangan memilih lokasi meeting dengan kondisi jalan sempit ataupun masuk gang kecil, sebab hal ini bisa menyulitkan klien dalam menemukan lokasi meeting yang telah disepakati.

 

Fasilitas

lokasi-meeting

Selanjutnya, kamu dapat mempertimbangkan fasilitas yang ada pada lokasi meeting tersebut. Pilih lokasi dengan koneksi wifi yang lancar sehingga kamu dapat dengan mudah menggunakan internet di sana. Selain itu, fasilitas lain yang tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan lahan parkir. Terlebih jika klien membawa kendaraan pribadi, maka sebaiknya kamu memilih lokasi meeting dengan fasilitas parkir yang memadai seperti, lahan luas bahkan layanan parkir valet.

 

Kapasitas Ruang

Jangan abaikan kapasitas ruang yang ada pada lokasi meeting tersebut. Meskipun hanya akan berbicara empat mata dengan klien, sangat disarankan agar kamu tidak memilih tempat dengan kapasitas ruang kecil. Hal ini akan menimbulkan kebisingan serta ketidaknyamanan jika lokasi tersebut mendadak ramai dipenuhi pengunjung. Pilih lokasi meeting dengan kapasitas ruang yang cukup luas demi kenyamanan dan keamanan privasi bersama.

 

Kredibilitas

Pilih lokasi terbaik yang memang sering kali dijadikan sebagai tempat meeting bagi para pebisnis. Jangan sekali-kali mencoba untuk mengadakan pertemuan di tempat yang belum pernah dijadikan lokasi meeting. Salah-salah justru pelayanan yang kamu dapatkan tidak maksimal atau bahkan mengecewakan.

 

Kebersihan Lokasi

Kebersihan lokasi meeting dapat mempengaruhi kenyamanan jalannya meeting bersama klien itu sendiri. Oleh sebab itu, penting untuk kamu memperhatikan kebersihan lokasi, termasuk makanan dan minuman yang disajikan pun harus terjamin kebersihannya. Apabila klien yang akan kamu temui tidak menyukai asap rokok, pastikan bahwa kamu telah memilih lokasi meeting indoor yang terdapat larangan merokok di dalamnya.

 

Pilihan Menu yang Ditawarkan

Terakhir namun tidak boleh dilewatkan, kamu juga harus melihat pilihan menu yang ditawarkan oleh lokasi meeting tujuan. Pilih tempat yang menyediakan menu yang beragam dan tentunya memang terbukti lezat. Jangan lupa untuk menyesuaikan diri dengan klien yang akan ditemui. Misalnya, klien tersebut adalah penggemar Frappuccino, kamu bisa memilih lokasi meeting di kedai kopi yang memang menyediakan jenis-jenis kopi yang nikmat.

 

Sesuaikan Biaya

Mengingat meeting dilakukan dengan dana perusahaan, maka sudah tentu kamu harus menyesuaikan biaya yang ada. Jangan memilih tempat yang sekiranya akan menguras banyak pendanaan pada perusahaan. Sebaiknya bersikap bijaksana untuk menggunakan dana yang disediakan oleh perusahaan agar tidak terbuang percuma begitu saja.

 

Menemui klien dalam kondisi terbaik sangat mempengaruhi keberhasilan penawaran. Semoga tips-tips tadi dapat memudahkan kamu dalam memilih lokasi meeting terbaik untuk bertemu dengan klien ya Sobat Studentpreneur.

Inas Twinda

Inas adalah social media manager di Picodio, sebuah startup digital agency di Surabaya. Dia sangat mencintai dunia startup!

Facebook Twitter