Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

8 Berita Teknologi Kuartal 1 di Tahun 2014 yang Mampu Mempengaruhi Bisnis Anda


Nah Sobat Studentpreneur, banyak hal terjadi di dunia teknologi selama kuartal pertama di tahun 2014. Mulai dari munculnya fitur-fitur baru hingga matinya sebuah merek global. Tim Studentpreneur menyusun daftar mengenai sejumlah peristiwa yang penting untuk Anda ketahui, karena mereka mungkin membawa dampak yang sistemik terhadap bisnis Anda. Apa saja?

 

Intro 3 detik di dalam channel Youtube.

YouTube menambahkan satu fitur baru. Sekarang, pemilik channel dapat menambahkan intro 3 detik yang secara otomatis akan dimainkan di setiap video mereka. Langkah ini dianggap sebagai sebuah pertanda bahwa konten telah bergerak dari teks dan gambar ke arah video. Seiring dengan semakin lengkapnya fitur Youtube, mungkin sudah waktunya bagi strategi promosi bisnis Anda untuk move on dari Facebook Fanspage ke channel Youtube.

Nokia

Harga sebenarnya dari perjalanan bisnis.

Berdasarkan sebuah survei terbaru atas 7.400 manajer global, ditemukan konsensus yang jelas, yaitu: Perjalanan bisnis sangatlah menegangkan dan melelahkan mental. Perjalanan bisnis mampu membuat wanita menjadi lebih stres dibandingkan pria, mayoritas VP merasa kewalahan menangani laporan pengeluaran karenanya, dan eksekutif senior memiliki ketakutan yang besar untuk terbang. Maka, pikirkan lagi jika kelak Anda meminta karyawan Anda untuk naik pesawat

 

Facebook meluncurkan fitur Ad Network.

Facebook akhirnya meluncurkan fitur Ad Network mereka pada hari Rabu kemarin. Facebook Ad Network memungkinkan para pengembang untuk menjalankan iklan yang dijual oleh Facebook ke dalam aplikasi mereka. Artinya, kelak di apps yang Anda unduh, mungkin saja di dalamnya telah dipasangi Ad Network, sehingga sekali klik iklan tersebut, sang developer akan mendapat sekian persen pemasukan. Artinya juga, ketika Anda menggunakan Facebook Ads, maka iklan Anda mungkin juga akan ditampilkan pada game yang dimainkan oleh pengguna smartphone.

 

Krisis kepercayaan menghantui bisnis Anda.

Ada kemungkinan bahwa 25 persen karyawan Anda tidak mempercayai Anda, berdasarkan sebuah survei dari The American Psychological Association (APA). Tingkat kepercayaan diukur oleh APA berdasarkan harapan pekerja untuk bergantung pada organisasi mereka.

 

Perancis merencanakan visa untuk teknisi.

Selain membuat visa bagi pengusaha startup, Perancis mengumumkan rencana mereka untuk menawarkan visa bagi para engineer dalam upaya mereka untuk menarik bakat-bakat dan membangkitkan gairah startup di negeri 1000 mode ini. Jika rencana ini terealisasi, maka Silicon Valley di Amerika Serikat akan memiliki satu lagi kompetisi potensial, dan geliat industri startup akan menjadi sebuah gelombang revolusi global.

 

Bisnis iPad Apple mulai kolaps.

Laporan kuartal pertama Apple di tahun 2014 menunjukkan bahwa penjualan iPad menurun drastis hingga minus 16,1%. Penjelasan CEO Apple, Tim Cook terkesan berbelit-belit. Menurutnya, ada masalah teknis yang harus dilakukan dengan tingkat persediaan dalam kanal penjualan. Meski iPad tetap menjadi pemimpin kategori, tampaknya hal ini mengindikasikan sebuah tren dimana konsumen mulai materialistis. Mereka mempertimbangkan soal harga dibanding kualitas, dan secara umum produk Apple lebih mahal ketimbang Galaxy tab.

 

Internet explorer terbukti tidak aman.

Jika anda masih menggunakan Internet Explorer, maka berhentilah. Security expert telah menemukan lubang-lubang yang dapat digunakan oleh hacker untuk mengeksploitasi kontrol penuh terhadap PC korban. Kecacatan ini dijuluki dengan “Operation Clandestine Fox,” dan pakar keamanan mulai memperingatkan orang-orang untuk tidak menggunakan IE lagi sampai Microsoft mengeluarkan isu perbaikian

 

Perjalanan Nokia sebagai merek telah berakhir.

Dalam sebuah live chat di hari pertamanya sebagai Executive Vice President dari Microsoft Devices Group (nama baru Nokia setelah diakuisisi oleh Microsoft Jumat lalu), Stephen Elop menyampaikan kabar bahwa Nokia tidak akan digunakan sebagai merek untuk smartphone-smartphone besutan mereka di masa depan. Hal ini adalah sebuah warning bagi setiap pengusaha bahwa merek yang telah dibangun selama puluhan tahun pun mungkin tidak bertahan selamanya.

 

Berita apa lagi yang mungkin terlewatkan? Mari bagikan pengetahuan Anda di kolom komentar. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: Sjoberg]

 

Baca Juga:

Pendiri Facebook Doyan Pesta

Pemuda Ini Kumpulkan Milliaran Rupiah dari KickStarter

Kebiasaan Orang Kreatif

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+