Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

8 Situs Ecommerce Ini Terjual Senilai Lebih dari 1 Trilliun Rupiah


Ketika mendengar kata e-commerce, Anda mungkin cenderung mengasosiasikannya dengan situs ritel. Padahal pada kenyataannya, e-commerce lebih dari itu. Termin ini menjelaskan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan produk perdagangan atau jasa secara elektronik. Yang mana berarti semua proses pembayaran, software e-commerce, pengolahan pihak ketiga, dan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan membeli dan menjual secara elektronik. Definisi ini sedikit banyak bisa menggambarkan tentang betapa besarnya peluang bisnis e-commerce dan kesempatan-kesempatan bernilai dalam industri ini. Namun bukan itu saja. Ada beberapa perusahaan ecommerce yang berhasil dijual dengan mahal, dan menjadikan pemiliknya sebagai jutawan baru dunia. Apa saja?

 

1. Billmelater.com, terjual seharga $ 1,2 Miliar

Bill Me Later berdiri pada tahun 2000, sebagai pilihan pembayaran proprietary yang kini telah banyak ditawarkan pada situs-situs terkenal. Dia menawarkan pelanggan jalur kredit untuk melakukan pembelian secara online tanpa menggunakan kartu kredit. PayPal membeli Bill Me Later pada tanggal 7 November 2008 seharga 1,2 miliar dolar.

Tony-Hsieh-Pendiri-Zappos

2. Zappos.com, terjual seharga $ 1,5 Miliar

Zappos berdiri pada tahun 1999, dan 10 tahun kemudian, diakuisisi oleh Amazon seharga $ 1,2 miliar. Kini Zappos telah mencatatkan pendapatan tahunan sebesar lebih dari 1 milyar dolar. Zappos adalah situs retail online yang menjual sepatu dan pakaian. Berbasis di Las Vegas, Nevada, perusahaan ini didirikan oleh Nick Swinmurn dan berhasil mencatatkan lebih dari 8 juta dolar pendapatan hanya dalam kurun waktu 2 tahun. Ketika Nick pertama kali datang dengan ide untuk menjual sepatu secara online, investor nyaris menolak dan mengatakan bahwa ide ini tidak cukup menguntungkan.

 

3. Endeca.com, terjual seharga $ 1,075 Miliar

Endeca berdiri pada 1999 da dijual seharga 1,075 miliar dolar pada tanggal 18 Oktober 2011 ke Oracle Corporation. Endeca melayani pencarian e-commerce, pencarian perusahaan, intelijen bisnis, dan aplikasi manajemen. Perusahaan internasional ini telah berkembang selama bertahun-tahun dengan menyediakan e-commerce untuk klien mereka dan diakui sebagai pelopor dalam industri mereka.

 

4. Kelkoo.com, terjual sebesar $ 1,5 Miliar

Kelkoo adalah server perbandingan harga yang didirikan di Perancis, 1999 oleh Pierre Chappaz dan Mauicio Lopez. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mencari informasi tentang produk yang menarik mereka dengan memasukkan informasi mengenai merchant dan harga yang berbeda. Dia dibeli oleh Yahoo! Inc pada bulan April 2004 seharga 579 juta dolar dan kemudian kemudian dijual ke sebuah perusahaan ekuitas swasta pada tahun 2008.

 

5. Magento.com, terjual seharga $ 225 Juta

Magento hanya butuh 2 tahun hingga mencapai tahap akuisisi. Magento adalah sebuah aplikasi e-commerce open source yang bertindak sebagai sistem manajemen konten untuk layanan web hosting. eBay membeli seluruh program ini untuk harga 225 juta dolar pada bulan Februari 2010. Pada bulan April tahun 2014, diperkirakan Magento digunakan oleh 1% dari semua situs web. Magento adalah satu di antara 20 platform e-commerce yang paling populer bagi perusahaan.

 

6. Buy.com, terjual seharga $ 250 Juta

Buy.com butuh 13 tahun untuk sampai di tahap akuisisi. Dia mengalami pasang surut sepanjang tahun hingga akhirnya berkembang menjadi sebuah toko retail online besar milik salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Jepang, Rakuten. Rakuten, Inc membeli Buy.com di Mei 2010 seharga 250 juta dolar. Awalnya, buy.com hanya menjual komputer dan elektronik, akan tetapi kemudian diperluas ke banyak kategori lainnya. Pada tahun pertama bisnis itu diambil alih, dia berhasil mencatatkan lebih dari 110 juta dolar barang dan jasa, yang mengalahkan banyak pesaing bertenor mereka.

 

7. Half.com, terjual seharga $ 318 Juta

Sedangkan Half.com, hanya butuh 1 tahun hingga sampai di tahap akuisisi. Half memungkinkan penjual untuk menawarkan barang-barang yang memiliki ISBN, UPC, atau jenis lain dari SKU. Hanya ada jumlah terbatas kategori yang diijinkan akan tetapi hal ini tidak menghentikan situs mendapatkan popularitas besar dalam waktu singkat. Half dibeli oleh eBay pada tanggal 13 Juni 2000 untuk 318 juta dan terus berkembang.

 

Nah Sobat Studentpreneur, memulai bisnis e-commerce mungkin bisa jadi salah satu alternatif bisnis bagi Anda yang paham betul mengenai bagaimana dia bekerja. Bagaimana menurut Anda?

Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. Merasa artikel ini berguna? Bagikan untuk teman-teman Anda melalui tombol share di bawah ya. Karma counts! icon smile Pendiri Perusahaan Kreatif: Slacking Off Time Itu Penting Untuk Industri Kreatif studentpreneur entrepreneur startup

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

5 Pengusaha Kaya yang Meraih Kesuksesan Sejak Masih Sekolah

Ini Perasaan Pendiri perusahaan yang Diakuisisi 200 Trilliun oleh Facebook

Bisnis Multi Milliaran yang Dimulai Dengan Modal Kecil

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+