Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

8 Tips Digital Marketing Untuk Startup Baru Anda


Inilah strategi marketing agar startup Anda semakin dikenal oleh banyak orang.

Jika mendengar kata marketing, tentu tidak akan habis bahasannya. Mulai dari bagaimana strategi marketing yang paling murah sampai yang paling mahal. Strategi marketing paling murah mungkin bisa dilihat dari kisah Xiaomi yang menganut strategi zero marketing strategy. Tetapi ada juga perusahaan-perusahaan yang mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk marketing, seperti McDonalds yang menghabiskan 20 sampai 30 juta dolar pertahun.

Tentu ada alasan tersendiri kenapa para perusahaan menggunakan strategi yang berbeda-beda. Xiaomi tentu sebagai “pemain” baru tidak mempunyai uang yang banyak untuk menyaingi para “pemain” lama. Sedangkan McDonalds tentu produknya ingin selalu dikenal walaupun sudah terkenal.

Sekarang, strategi yang mulai dikenal adalah digital marketing. Kita akan membahas 8 digital marketing yang cocok untuk para startup yang sedang mulai meluncurkan produk baru. Tetapi sebelum itu simak penjelasan apa itu digital marketing.

 

Apa itu digital marketing

Digital marketing adalah usaha promosi sebuah merek dagang atau produk melalui media digital. Media digital antara lain non internet ada SMS atau iklan televisi. Sedangkan media digital internet ada website, iklan internet, sosial media dan email. Sekarang digital marketing digemari karena mempunyai dana yang lebih sedikit dibandingkan strategi marketing lainnya. Bahkan, digital marketing ada yang mempunyai budget minimal sampai 0 rupiah. Tetapi digital marketing secara menyeluruh juga bisa menyedot budget yang tidak sedikit. Sekarang kita akan melihat 8 strategi digital makerting yang baik,

 

Di sosial media Anda harus konsisten

Sosial media adalah salah satu strategi digital marketing idola. Pertama karena sosial media adalah gratis, kedua pemakai sosial media sekarang sangat banyak dengan kecenderungan meningkat setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri sosial media sangat digemari, wabah “latah” ikut-ikutan juga termasuk faktor penting pertumbuhan sosial media di Indonesia.

Sosial media itu ada banyak macamnya, bahkan sekarang dinegara-negara besar di dunia sudah mempunyai sosial media sendiri-sendiri. Di Indonesia, sosial media yang terkenal ada Facebook, Twitter, Instagram, Path dan LinkedIn. Yang paling sering digunakan ini ada Facebook, Twitter dan Instagram.

Sudah bukan rahasia umum jika ada beberapa bisnis yang hidup dari sosial media, bahkan semua transaksinya terjadi via online. Tetapi untuk startup tentu beda lagi, sosial media jadi lahan Anda untuk promosi. Usahakan Anda mempunyai semua sosial media dan gunakan username yang familiar dan mudah dingat. Setelah itu Anda harus konsisten dalam bersosial media.

Sosial media perusahaan atau startup Anda adalah cerminan. Bahkan masyarakat sekarang bisa menilai, bahwa bisnis yang tidak serius di sosial media berarti bisnis mereka tidak serius juga. Maka dari itu ketika Anda memutuskan untuk memakai sosial media – dan itu harus – Anda harus sering update dan konsisten. Tetapi jangat terlalu update, karena itu bisa mengganggu para followers Anda. usahakan untuk mengudate Twitter 5 kali sehari, dan selalu membalas pertanyaan dari para followers Anda. Untuk LinkedIn dan Google+ usahakan update sehari sekali, begitu juga Instagram.

 

Sosial media bukan sekedar promo brand, tetapi mengedukasi mereka

Banyak yang berpikir bahwa menggunakan sosial media adalah untuk promo habis-habisan soal produk dan brand Anda. Ini memang bisa mendapatkan calon pelanggan, tetapi cara tersebut adalah cara yang salah. Coba berikan sesuatu yang berbeda dengan kebanyakan akun sosial media bisnis sekarang. Share informasi yang penting dan berguna bagi followers Anda. Misalnya tentang keresahan masyarakat sekarang, dan gabungkan dengan promosi konten Anda.

 

Perlakukan followers Anda secara spesial

Di sosial media, Anda akan segera berhadapan begitu banyak tipe followers. Mulai dari yang serius tanya, sampai yang tanya-tanya tidak penting. Lalu Anda bertanya, apa yang harus Anda lakukan? Selalu balas semuanya. Jangan sampai followers Anda merasa tidak ditanggapi, walaupun pertanyaannya tidak penting. Dan ketika ada debat kecil dengan followers, usahakan Anda bisa menjelaskan dengan baik. Ini juga bisa melihat bagaimana service Anda kepada pelanggan.

Jangan tutup-tutupi kesalahan startup atau bisnis Anda, Berikan penjelasan secara mendetail apa yang salah dan bagaimana startup atau bisnis Anda bangkit dari kesalahan atau kegagalan. Berikan sesuatu yang bisa dipelajari dan didapat oleh followers Anda.

 

Coba iklan di sosial media

Ada banyak sekali “mainan” di sosial media, mulai yang berbayar sampai yang gratis. Ketika Anda mempunyai budget yang lebih, Anda bisa mempergunakan iklan-iklan, seperti Facebook Ads atau Sponsred Tweet. Ketika Anda bisa mempergunakannya dengan baik, tentu efeknya juga akan baik juga.

 

Fokus kepada konten

Konten adalah raja, sebagus apapun startup Anda tetapi isi dari sosial media Anda buruk, tentu itu menjadi catatan. Kita bisa melihat bagaimana akun sosial media perusahaan yang sudah besar, selalu isinya menarik. Tentang informasi, iklan-iklan yang kreatif sampa promo-promo. Ini juga yang harus Anda lakukan, berikan selalu konten-konten yang berguna, dan ajak para followers berinteraksi.

 

Konten yang menarik bukan berarti harus mahal

Membuat iklan digital marketing bukan harus mahal. Dan bukan juga berarti Anda harus membayar para desainer atau bekerja sama dengan agency untuk membuat konten digital marketing bagus. Anda bisa mempelajari sendiri, bagaimana cara membuat konten yang baik dan konten yang kreatif. Pikirkan dahulu untuk Anda mengeluarkan budget ke digital marketing.

 

Selalu buat statistik perkembangan sosial media atau website Anda

Sekarang banyak sekali alat yang membantu untuk melihat statistik perkembangan sosial media dan website Anda. Dan semuanya gratis, ada yang juga yang berbayar tetapi. Ini penting karena setiap yang Anda lakukan dalam digital marketing harus ada pencapaian. Misalnya target followers atau target kenaikan visitor di website Anda. Dengan tools tersebut Anda juga bisa melihat apa yang kurang dari strategi digital marketing Anda.

stats-digital

Digital marketing sangat penting, dan masih banyak startup yang belum memaksimalkan cara ini. Padahal digital marketing bisa sangat meminimalkan budget. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Jake]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Bisnis Cake Dalam Toples Pemuda Malang Ini Raup Ratusan Juta Rupiah

Anak Umur 15 Tahun Jadi Rebutan Google dan Facebook

Wanita Cantik Dibalik Penemuan Medis Revolusioner

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+