Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

8 Trik Ekstrem untuk Manajemen Waktu yang Efisien


Banyak orang mempelajari cara untuk mengatur waktu dengan cara-cara yang berat seperti bekerja hingga larut malam yang akhirnya membuat mereka kesulitan sendiri. Ketahuilah bahwa memiliki waktu banyak bukan berarti Anda akan lebih produktif. Justru bisa jadi sebaliknya karena Anda berpikir masih memiliki banyak waktu yang akhirnya malah menjadi santai dan menghabiskan waktu sia-sia. Jika Anda merasa masih belum menemukan cara terbaik untuk mengatur waktu Anda, berikut ada beberapa trik ekstrem untuk manajemen waktu secara efisien, atau lebih dikenal dengan istilah Time Management Hacking:

 

J14_JamDindingPromosi 

 

Rencanakan hanya 4-5 jam saja untuk bekerja sungguh-sungguh

Prioritaskan 4-5 jam itu khusus untuk pekerjaan, jangan berpikir yang lain. Ingat jarum jam terus berputar. Sisanya gunakan untuk mengembalikan mood dan beristirahat yang cukup.

 

Bekerja lebih ketika berada di momen yang tepat

Adalah hal yang normal apabila memiliki hari-hari dimana Anda tidak dapat bekerja dan hari-hari dimana Anda dapat bekerja hingga 12 jam terus menerus dalam sehari.

 

Hargailah waktu dan buatlah waktu itu berharga bagi Anda

Jika Anda tidak menganggap waktu Anda berharga, maka Anda pasti akan menyepelekan setiap waktu yang Anda miliki. Cobalah untuk berpikir bahwa tarif per jam Anda sebesar 1 juta rupiah, jika Anda pilih untuk menyiakan-nyiakan waktu tersebut maka Anda dapat menghitung sendiri berapa besar kerugian yang Anda habiskan.

 

Stop Multi-tasking

Berhentilah untuk mengerjakan berbagai tugas dalam waktu yang bersamaan. Mengerjakan banyak tugas bukan berarti akan menyelesaikan banyak tugas lebih cepat, justru bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut karena membuat Anda tidak fokus. Cobalah untuk fokus menyelesaikan 1 hal saja secepat mungkin, dan sisanya akan mengikuti lebih cepat.

 

Buatlah pekerjaan Anda sebagai rutinitas

Rutinitas merupakan sesuatu hal yang dilakukan berulang kali tanpa perlu diperintah. Buatlah pekerjaan itu sebagai rutinitas maka Anda tidak perlu bersusah payah lagi mengatur waktu untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut karena tubuh kita akan terbiasa dengan sendirinya. Mengerjakan berulang-ulang lebih baik daripada bekerja mengejar hasil terbaik yang pastinya akan melelahkan tubuh Anda sendiri.

 

Buat batas waktu

Pekerjaan yang tidak memiliki batas waktu biasanya tidak akan langsung dikerjakan. Semua orang memiliki kecenderungan untuk mengerjakan sesuatu di waktu yang terbatas dan baru akan mengeluarkan kemampuan optimalnya terutama ketika sudah mendekati batas waktu akhir.

 

Mulai dari hal ringan

Jangan remehkan hal-hal ringan. Mulailah mengerjakan dari hal yang paling sederhana maka nanti Anda akan dengan sendirinya lanjut mengerjakan hal-hal yang lebih berat dengan sendirinya. Dengan ini pastinya Anda sudah membuat waktu yang dihabiskan tidak terbuang sia-sia, tetapi sudah digunakan untuk mengurangi beban secara perlahan namun pasti. Ibarat uang seribu rupiah yang terkumpul dari 10 koin seratus rupiah, tanpa 1 koin saja hasilnya bukan seribu lagi.

 

Jangan hanya mengandalkan memori otak

Kebanyakan orang ketika mengetahui ada ide baru yang melintas atau sesuatu hal yang perlu untuk dikerjakan, biasanya hanya akan diingat di memori otak saja. Lalu setelah beberapa saat kemudian orang tersebut lupa ketika ingin mengerjakan atau bahkan hanya sekedar mengingat hal tersebut. Tulislah di kertas, atau gunakan aplikasi bantuan di Smartphone atau komputer supaya Anda bisa mengingat rincinya ketika Anda lupa. Hal ini akan menghemat waktu yang Anda miliki sehingga tidak habis hanya untuk mengingat sesuatu hal yang absurb.

 

Memiliki manajemen waktu yang tepat akan membuat Anda menjadi lebih produktif. Jadi, apakah Sobat Studentpreneur masih kesulitan mengatur waktu? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

Baca Juga:

Ini Dia Rahasia Pemenang Wirausaha Muda Mandiri

Bagaimana Rasanya Gagal Dalam Bisnis

Al Capone – Bukan Hanya Kriminal, Tapi Juga Pebisnis Muda Terbesar di Masanya

 

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+