Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia Studentpreneur Indonesia

Profil Sandiaga Uno yang Sangat Inspiratif


Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia, dan Kini Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno

Semenjak akan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, nama Sandiaga Uno semakin melejit. Kalau dulu hanya terkenal sebagai pebisnis sukses, kini beliau juga dikenal sebagai politikus ulung. Sandiaga Uno lahir pada tanggal 28 Juni 1969 dari pasangan Razif Halik Uno dan Rachimini. Keluarga beliau merupakan keluarga terpandang, dimana ayahnya bekerja di Caltex dan ibunya bekerja sebagai pakar pendidikan. Tim Studentpreneur telah menyiapkan profil Sandiaga Uno yang bisa memberimu motivasi untuk terus maju dan sukses.

 

Pelajar yang sangat pintar

Lahir dari keluarga yang baik dan orang tua yang sangat mendukung, Sandiaga Uno sangat sukses di masa sekolahnya. Setelah menunaikan pendidikan SMA di Pangudi Luhur Jakarta, Sandiaga memilih untuk merantau ke Amerika Serikat. Dia berhasil menaklukkan Wichita State University dan menjadi sarjana jurusan Business Administration. Tidak hanya berhenti di gelar sarjana, Sandiaga mengambil kuliah MBA (S2) di George Washington University. Tidak main-main, nilai IPK beliau 4. Kamu tidak salah baca, nilai Sandiaga Uno ketika kuliah memang sempurna. Kisah inspirasi orang sukses memang sering dihiasi dengan kesuksesan sekolahnya.

 

Berguru di Om William dan bekerja di luar negeri

Perjalanan hidup Sandiaga Uno sangat menarik. Sepulangnya dari Amerika, Sandiaga Uno berguru pada William Soeryadjaya, pendiri Astra, pemilik Bank Summa, serta orang terkaya nomor 2 di Indonesia. Beliau bekerja sebagai executive vice president di Bank Summa. Dikutip dari buku “Man of Honor” yang membahas William Soeryadjaya, om William (panggilan William Soeryadjaya) sempat berkata bahwa di antara murid-murid beliau yang lain, Sandiaga Uno ini termasuk yang paling cerdas dan paling dia percaya. Saat itu, gaji Sandiaga Uno mencapai 8000 dollar tiap bulannya, sangat besar untuk ukuran tahun 90an.

Sayangnya, diterpa krisis, Bank Summa bangkrut dan Sandiaga memilih untuk bekerja di luar negeri. Beliau bekerja di dua perusahaan Singapura, Seapower Asia Investment Limited dan juga MP Holding Limited Group. Setelahnya, beliau memutuskan untuk pindah ke Kanada dan bekerja di NTI Resources Limited sebagai executive vice president.

Photo Credit: Gatot

Membangun bisnis dan jadi salah satu terkaya di Indonesia

Kenyang membangun bisnis di luar negeri, Sandiaga Uno dengan modal dan pengalaman yang sudah cukup besar memberanikan diri untuk pulang ke Indonesia. Beliau memutuskan untuk mendirikan perusahaan bersama salah satu teman SMA nya, Rosan Roeslani (kini juga termasuk salah satu orang terkaya di Indonesia). Mengingat dampak krisis moneter yang cukup besar, Sandiaga dan Rosan membuka PT Recapital, bergerak di bidang konsultan keuangan. Saat itu, tentunya banyak perusahaan yang mengalami krisis keuangan, sehingga bisnis Sandiaga dan Rosan mendapatkan banyak pelanggan dan sukses besar.

Berhasil membuktikan diri di PT Recapital, lagi-lagi profil Sandiaga Uno tidak bisa lepas dari trah Soeryadjaya. Kalau dulu berguru ke William Soeryadjaya, maka di tahun 1998 Sandiaga Uno bekerjasama dengan anak Om William, Edwin Soeryadjaya untuk mendirikan PT Saratoga Investama Sedaya. Perusahaan ini bergerak di bidang investasi.

PT Saratoga ini berhasil menjadi kunci sukses Sandiaga Uno. Beliau membeli banyak sekali perusahaan-perusahaan yang sekarat karena krisis moneter dengan harga murah. Kemudian, tim Sandiaga Uno akan memperbaiki perusahaan tersebut dan akhirnya menjualnya dengan harga sangat mahal. Salah satu pembelian Sandiaga Uno paling terkenal adalah Bank BTPN yang dia beli ketika sekarat, dan berhasil memperbaikinya hingga berjalan baik sampai sekarang.

Perusahaan lain yang menjadi fundamental kekayaan dari Sandiaga Uno adalah PT Tower Bersama Infrastruktur Grup dan juga PT Adaro Energy. Dengan pembangunan di bidang komunikasi dan energi yang sangat pesat di Indonesia, dua perusahaan tersebut bersama Saratoga berhasil membawa Sandiaga Uno menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Terjun di politik

Perjalanan hidup Sandiaga Uno berubah pesat ketika beliau berkenalan dengan Prabowo di tahun 90an. Dikutip dari Kompas, saat itu Sandiaga Uno menjadi konsultan keuangan Prabowo. Sandiaga menyarankan Prabowo untuk menjual sahamnya ke pihak asing. Kontan, Prabowo marah besar dan berkata: “Anak muda, di kondisi Indonesia yang sedang krisis ini seharusnya kita bisa jadi pemain bukan hanya penonton. Berdiri sama tegak dengan bangsa lain.”

Setelah dimarahi oleh Prabowo, Sandiaga Uno merasa sadar bahwa dia harus bangga menjadi warga Indonesia dan tidak sekedar menjadi pengikut bangsa asing. Akhirnya Sandiaga Uno di tahun 2017 ini memberanikan diri maju dan berhasil terpilih untuk menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Profil Sandiaga Uno tidak bisa lepas dari program utamanya Oke Oce yang mengutamakan bisnis bagi kesejahteraan rakyat.

 

Kunci Sukses Sandiaga Uno

Dikutip dalam berbagai kesempatan, Sandiaga Uno merasa kunci suksesnya ada beberapa, yaitu:

 

Bekerja tuntas dan ikhlas

Dalam peluncuran buku biografinya, Sandiaga merasa salah satu kunci sukses kehidupan adalah bekerja tuntas dan ikhlas. Di manapun kita berkarya, entah itu di perusahaan, akademisi, dan bahkan pemerintahan, kuncinya adalah bisa bekerja tuntas dan ikhlas setiap saat.

 

Ambil keputusan yang tepat

Menurut Sandiaga Uno, setiap orang punya satu kesempatan tiket dalam hidup untuk menjadi sangat sukses. Namun, orang tersebut harus berusaha meraih tiket kesuksesan tersebut dengan mengambil berbagai keputusan tepat di waktu yang tepat pula.

 

Optimis

Meskipun dalam kondisi yang sulit, seperti krisis moneter misalnya, Sandiaga Uno menyarankan kita untuk tetap optimis. Dalam setiap kesulitan, justru akan ada kesempatan yang tersembunyi. Apabila kita bisa terus optimis dalam kesulitan, maka kemenangan akan datang suatu saat nanti.

 

Target jangka panjang

Pebisnis yang baik selalu berpikir jangka panjang. Jangan berpikir hanya untuk hari ini, tapi berpikirlah apa yang baik bagi perusahaan untuk besok ataupun tahun depan. Perencanaan jangka panjang seringkali menghasilkan kesuksesan bagi perusahaan.

 

Menjalin relasi

Sama seperti saat dia berguru pada Om William, menjalin relasi dalam bisnis sangat penting. Di sana, kita bisa belajar dari yang lebih senior, serta berbagi pada yang masih junior. Kita juga bisa saling membantu dan berbagi kesempatan pada relasi-relasi bisnis kita. Kisah inspirasi orang sukses sering dihiasi oleh mentor dan koneksi yang tepat.

 

Itulah tadi profil Sandiaga Uno yang bisa jadi inspirasi menarik kamu Sobat Studentpreneur. Bagaimana pendapat kamu? Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

Laporan Keuangan Untuk Pemula

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+