Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Seri Orang Terkaya di Indonesia 2017: Husain Djojonegoro


Husain Djojonegoro, sosok dibalik superiornya ABC Group.

Coba lihat di sekelilingmu, adakah satu atau paling banyak 3 produk yang kamu gunakan merupakan produk buatan Indonesia? Tidak ada,ya? Era globalisasi memang membawa begitu banyak produk luar negeri masuk ke dalam Indonesia yang akhirnya membuat pola pikir bangsa Indonesia menganggap produk asli Indonesia tidak memiliki kualitas yang bagus seperti produk buatan luar negeri. Tapi, tanpa kamu sadari sebenarnya produk-produk bermerek luar negeri sebagian besarnya juga merupakan produksi dalam negeri,lho!

Tanpa kamu sadari pula, sebenarnya ada banyak produk dalam negeri yang lebih terkenal di luar negeri dibandingkan dalam negeri. Contohnya saja You C1000, apakah kamu tahu sebenarnya produk yang selalu menggunakan Miss Universe sebagai modelnya ini merupakan produk buatan Indonesia tepatnya milik perusahaan Orang Tua Group? Nah, daripada kamu terus terlena dengan produk luar negeri, simak profil Husain Djojonegoro atau pengusaha sekaligus orang terkaya di Indonesia dan kisah inspiratifnya di ABC dan Orang Tua Group yuk Sobat Studentpreneur.

 

Mengawali Karir Pengusaha di Usia 15 tahun

Husain Djojonegoro lahir pada tahun 1949 di Semarang dan melanjutkan sekolah di Medan pada tahun 1960. Ketika SMA Husain melanjutkan pendidikan SMA nya di Jakarta pada tahun 1967. Dalam menggeluti dunia bisnis, ia pernah menjadi seorang salesman pada usia 15 tahun dan akhirnya pada tahun 1968 diangkat menjadi Direktur PT Intenational Chemical Industry, produsen batu baterai ABC yang pada saat itu didirikan oleh ayahnya di Jakarta.

Photo credit: ching Ieemun (flickr.com)

Dalam profil Husain Djojonegoro, sebelum Ia diangkat menjadi direktur, Ia sempat membantu dan bekerja di perusahaan yang didirikan oleh Ayah dan pamannya menjual anggur tradisional di tahun 1948. Tidak disangka usaha yang mereka geluti itu ternyata terus berkembang dan menjadi cikal bakal terbentuknya perusahaan ABC Group yang kini sangat terkenal.

 

Menjadi Direktur, ABC Group Memperluas Jaringan Bisnisnya

Perusahaan yang dimiliki oleh Husain Djojonegoro ini bergerak di bidang produk kebutuhan sehari-hari seperti batu baterai ABC, produk makanan dan minuman seperti sirup, jus, saus, dan juga lainnya. Pabrik ABC ini tersebar di berbagai kota besar di Indonesia seperti Medan, Surabaya, dan Jakarta. Sedangkan untuk perusahaan Orang Tua Group yang menjadi cikal bakal ABC Group digerakkan oleh saudaranya Hamid dan juga Chu Shen.

Kembali ke profil Husain Djojonegoro, pada tahun 1975 Ia telah berhasil membuat ABC menguasai pasar baterai Indonesia. Ia pun mulai melirik industri consumer goods seperti keperluan toilet mulai dari sikat gigi dan pasta gigi bermerek Formula.

Tiga tahun kemudian ia pun mulai meluncurkan beragam produk makanan kaleng. Salah satu produk consumer goods yang paling melekat di hati masyarakat Indonesia adalah produk saus dan juga sirup ABC, bahkan jika ditotal pada tahun 1978 itu omzet yang didapat bisa mencapai triliunan rupiah. Tidak hanya melayani pasar lokal, orang terkaya di Indonesia ke-38 ini juga memperluas jangkauannya ke pasar ekspor. Dalam bisnis baterai ABC-nya saja Ia bersama perusahaannya berhasil menjual ke lebih dari 50 negara dengan merek yang berbeda.

Group ABC ini juga melayanani permintaan produksi luar negeri dengan sistem tol manufacturing atau memproduksi dengan nama merek sesuai yang diminta oleh mitranya di luar negeri.  Pasar ekspor inilah yang membantu menyumbangkan sekitar 40% pendapatan perusahaan ABC Group menurut majalah Swa.

Selain memperluas pasar ekspor, ABC Group ini juga bekerja sama dengan PT Ancol Terang Printing yang bergerak di dalam bidang kemasan kaleng yang dibangun pada tahun 1978 dengan kepemilikan saham sebesar 40%.

 

Total Kekayaan Husain Djojonegoro

Di dalam profil Husain Djojonegoro yang dihimpun dari beberapa sumber, Ia mendapatkan predikat sebagai orang terkaya di Indonesia ke-38 dengan total kekayaan sebesar USD780 Juta dari usahanya bersama ABC Group. Di usia senjanya ini Ia sudah menaungi berbagai macam brand terkenal semanca negara seperti You C1000 dan juga perusahaan Orang Tua Group yang juga terkenal dengan berbagai jenis makanan ringan kesukaan Orang Indonesia, salah satunya wafer  Tango.

Nah, kira-kira seperti itulah profil Husain Djojonegoro secara singkat. Setelah membacanya, apa yang bisa kamu ambil dari kisah inspiratif ini? Hal pertama yang pasti bisa diambil adalah, tidak ada usaha yang bisa didapatkan dengan mudah. Dari cerita orang sukses versi Husain Djojonegoro ini, ia sudah mulai mengawali karirnya di usia 15 tahun. Ia harus rela mengorbankan masa muda untuk bekerja dikala anak-anak seusianya asyik bermain.

Tapi yang namanya berusaha tidak akan pernah mengkhianati hasil, buktinya lagi Ia kini berhasil menduduki posisi orang terkaya di Indonesia ke-38 dibandingkan mungkin dengan teman-temannya yang saat itu sedang asyik bermain. Jika kamu ingin menjadi entrepreneur mungkin mengorbankan waktu untuk fokus ke dalam usahamu menjadi pilihan yang tepat demi menjemput kesuksesan.

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Indonesian Independence in a Digital Economy

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Kematian Desain Grafis

 

Nisrina Darnila

Pernah bekerja untuk National Geographic Indonesia, kini Nisrina aktif di salah satu content agency di Jakarta

Facebook