Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Inovator

Profil Pendiri Brand Reebok, Keluarga Foster


Mengenal pendiri Reebok, salah satu brand apparel olahraga tertua di dunia.

Pada tahun 1970an dan 1980an, Reebok bisa dibilang menjadi salah satu apparel olahraga terbaik di dunia. Mereka bahkan sempat mengalahkan dua apparel besar dunia, yaitu Nike dan Adidas. Tetapi pada tahun 1990an, Nike dan Adidas mulai menemukan formula yang pada akhirnya mengalahkan dominasi Reebok. Reebok sendiri merupakan apparel olahraga tertua di dunia, karena Reebok merupakan anak perusahaan dari J.W Foster and Sons yang sudah ada sekitar tahun 1895.

J.W Foster and Sons didirikan oleh Joseph Williams Foster pada umur 14 tahun di Inggris. Setelah besar, sang cucu yaitu Joe Foster dan Jeff Foster ingin membuka cabang baru dengan nama yang berbeda. Terciptalah nama Reebok pada tahun 1958 dan 20 tahun kemudian Reebok untuk pertama kalinya masih pasar Amerika Serikat.

Sekarang Reebok sudah diakuisisi oleh Adidas. Bersama Adidas, Reebok mempunyai banyak sekali perubahan. Puncaknya pada tahun 2011, Reebok bekerja sama dengan CrossFit dan meluncurkan logo baru. Sekarang Reebok masih menjadi 5 besar brand olahraga paling bernilai di dunia, meskipun masih di bawah Nike dan Adidas Sobat Studentpreneur.

Photo credit: Micheal0424 (pexels.com)

Ide Brilian Sang Kakek

Joseph William Foster hidup berkecukupan di Bolton, Inggris. Sang ayah mempunyai toko permen yang cukup terkenal di Bolton. Joseph William Foster ketika lahir langsung dididik berbisnis oleh ayahnya dan keahlian pertama yang diberikan adalah membuat sepatu. JW Foster ini bertugas memasang sepatu dan membersihkan sol sepatu yang diberikan oleh ayahnya.

Suatu saat, JW Foster yang masih berumur 14 tahun terinspirasi untuk membuat sepatu olahraga lari dengan sol yang berbeda. JW Foster membuat beberapa prototype, beberapa sol sepatu dibuat bergerigi. Merasa ide yang dibuatnya ini brilian, sang JW Foster dan ayahnya akhirnya membuat toko sepatu dengan nama J.W. Foster pada tahun 1900. Tidak lama setelah itu, JW Foster mempunyai anak dan mengubah nama perusahaannya menjadi J.W Foster and Sons.

Salah satu inovasi terbesar dari J.W Foster and Sons adalah ketika menyuplai seluruh atlet atletik Inggris dalam Olimpiade 1924 di Paris. Bahkan Harold Abrahams mendapatkan medali emas 100 m putra dengan sepatu J.W Foster and Sons mengalahkan pelari dari Amerika Serikat. Kemenangan penting Harold Abrahams ini bisa disaksikan di film Chariots of Fire.

 

Lahirnya Reebok

Photo credit: upload.wikimedia.org

Joseph William Foster mempunyai seorang cucu yang bernama sama, Joseph William Foster atau lebih akrab dipanggil Joe. Joe sendiri merupakan pelari yang handal, pada umur 8 tahun dia sudah memenangkan kejuaraan lari. Joe besar melihat dengan bagaimana perusahaan J.W. Foster and Sons ini berkembang.

Mulai beranjak dewasa, naluri bisnis Joe mulai berkembang. Joe melihat ada yang salah dengan perusahaan yang dimiliki oleh keluarganya ini. Kesalahan terbesar adalah tidak ada sistem kolaborasi yang berefek tidak majunya bisnis ini. Akhirnya pada tahun 1958, Joe bersama saudaranya Jeff Foster membuat cabang baru dengan nama yang berbeda yaitu Reebok. Reebok sendiri berasal dari bahasa Afrika “RHEBOK” yang berarti kijang Afrika.

Pertama kali berdiri, Jeff lebih banyak mengurusi produksi sedangkan Joe lebih ke marketing. Joe sendiri berkeliling seluruh Inggris dan Eropa. Puncaknya pada tahun 1965, Joe mendapatkan kesempatan untuk pameran di Amerika Serikat. Dari situ, seoarang investor bernama Paul Fireman membeli hak jual Reebok di Amerika Serikat.

 

Persaingan dengan Nike

Reebok dengan Nike mempunyai persaingan yang sangat ketat pada tahun 70an dan 80an. Nike yang lebih mengarah ke pakaian olahraga untuk pria, membuat Reebok harus memakai strategi lain. Akhirnya Joe membuat strategi untuk memasarkan Reebok di konsumen wanita. Cara ini sangat berhasil, di Eropa maupun di Amerika Serikat Reebok berjaya. Bahkan Nike akhirnya harus mengubah strategi, mereka harus mengontrak atlet.

Puncaknya pada tahun 1987, Nike mengontrak Michael Jordan. Ketika itu Jordan masih belum terlalu tenar, tetapi keberuntungan Nike setelah itu Jordan menjadi juara pada tahun 1991. Setelah itu Jordan menjadi sangat populer dan bisa dibilang menjadi pemain NBA paling hebat sepanjang sejarah.

Reebok sebenarnya tidak tinggal diam, mereka mengontrak Allen Iverson yang membuat sepatu basket Reebok mengalami peningkatan penjualan yang sangat tinggi. Walaupun pada akhirnya Reebok masih berada di bawah bayang-bayang Adidas dan Nike, tetapi Reebok masih menjadi alternatif apparel olahraga yang berkualitas Sobat Studentpreneur.

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Indonesian Independence in a Digital Economy

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Kematian Desain Grafis

 

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+