Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Seri Orang Terkaya di Indonesia 2014 – Sandiaga Uno (Peringkat 47)


Ketika masih muda, Sandiaga Uno seringkali diajak ngobrol oleh William Soeryadjaja, pendiri Grup Astra sekaligus guru dan inspirasi bagi Sandiaga Uno

Di antara daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes, barangkali Sandiaga Uno adalah salah satu entrepreneur muda yang paling terkenal. Sandiaga memang pernah menjadi salah satu petinggi Hipmi, himpunan pengusaha muda Indonesia sekaligus menjadi inspirasi bagi ribuan anak muda yang sudah menjadi pebisnis di Indonesia. Berdasarkan data terakhir, kekayaan Sandiaga Uno pendiri Saratoga Capital mencapai 460 Juta Dollar, atau kurang lebih dari 5 Trilliun Rupiah, menempatkan beliau menjadi orang terkaya di Indonesia peringkat 47.

 

main-sandiaga-uno

 

Sebelum Sukses, Belajar Dari yang Terbaik

Sandiaga Uno tidak sertamerta menjadi pengusaha besar seperti sekarang. Bahkan, orang tua beliau sebenarnya tidak terlalu suka kalau Sandiaga menjadi pengusaha. Sandiaga Uno dibekali pendidikan luar biasa oleh orang tuanya, berkuliah di Wichita State University, Amerika. Pulang dari Amerika, beliau bergabung di Bank Summa. Kebetulan, Bank Summa dimiliki oleh pendiri Grup Astra sekaligus taipan bisnis terbaik di Indonesia waktu itu, William Soeryadjaja. Om William, sapaan akrabnya, adalah guru bagi banyak sekali pebisnis terkaya di Indonesia saat ini, termasuk Sandiaga Uno.

Seringkali, Om William memanggil Sandiaga Uno hanya untuk berdiskusi tentang bisnis sampai berjam-jam. Om William menurunkan semua ilmu bisnisnya ke Sandiaga, termasuk kerasnya dunia bisnis. Dari seringnya berbicara dengan Om William, diam-diam Sandiaga Uno jadi tertarik untuk berbisnis. Sandiaga Uno kembali berangkat ke Amerika untuk kuliah lagi di George Washington University. Mendadak, beliau harus menghadapi fase sulit. Bank Summa milik Om William ditutup.

 

Bangkit dan Memulai Bisnis

Tutupnya Bank Summa membuat Sandiaga bekerja di perusahaan migas Kanada serta perusahaan investasi Singapura. Kebetulan, kuliahnya juga mengambil pengelolaan investasi. Bencana kembali terjadi, perusahaan tempatnya bekerja tutup. Sandiaga bingung bagaimana cara bisa survive tanpa gaji bulanan. Akhirnya beliau mengajak teman dekatnya waktu SMA, Rosan Roeslani mendirikan PT Recapital Advisors. Terakhir, hubungan dekatnya dengan Om William membuatnya juga mengajak Edwin Soeryadjaja, anak Om William untuk bersama-sama mendirikan Saratoga Investama. Perusahaan itu kini menjadi pemegang saham besar di Adaro energy, perusahaan batu bara terbesar kedua di Indonesia.

Ketika Indonesia mengalami krisis ekonomi, momen tersebut justru dimanfaatkan oleh Sandiaga Uno untuk bangkit. Beliau berhasil meyakinkan banyak investor luar negeri agar mau menyuntikkan dana ke tanah air. Saratoga banyak membeli perusahaan yang sudah hampir bangkrut, memperbaikinya, dan menjual kembali ketika sudah stabil dan untung. Perlahan, Sandiaga Uno, Rosan Roeslani, serta Edwin Soeryadjaja membesarkan Saratoga Capital sekaligus pundi-pundi kekayaan pribadinya. Mulai dari Adaro, Mc Donald Indonesia, BTPN, sampai Hotel Grand Kemang dibeli saat kondisi sedang buruk.

 

Kehidupan Pribadi dan Keluarga Tetap Penting

Di sela kesibukannya sebagai pebisnis, Sandiaga Uno terkenal juga sebagai penggemar olahraga. Beliau menjaga badan dengan sering melakukan jogging serta bermain basket. Seringkali beliau mengikuti even lari jarak jauh, selain untuk menjaga kesehatan, juga menambah relasi. Beliau percaya bahwa badan yang sehat akan berguna bagi pebisnis, karena kita bisa mengambil keputusan yang lebih baik. Selain itu, olahraga juga bisa menghindarkan diri dari sakit, yang tentunya sangat merugikan dalam bisnis.

Sandiaga Uno juga seorang family man. Beliau mengakui, meskipun tidak suka jalan-jalan ke mall, tetap menyempatkan diri setidaknya seminggu sekali untuk mengantarkan anak dan keluarga jalan-jalan ke mall. Seandainya waktu ditambah menjadi 28 jam sehari, beliau ingin menggunakan tambahan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga. Untuk Sandiaga Uno, bekerja keras dalam berbisnis juga sebenarnya ujung-ujungnya hanya untuk keluarga.

Baca juga kisah inspiratif orang terkaya ke 48 di Indonesia sekaligus bos dari Agung Podomoro Group, Trihatma Haliman.

 

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+