Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Seri Orang Terkaya di Indonesia 2014 – Handojo Santosa (Peringkat 40)


Selain mempunyai Alexander Tedja sebagai orang terkaya ke 44 di Indonesia, Surabaya juga menyumbangkan satu lagi nama terkenal di jajaran orang terkaya Indonesia. Beliau adalah Handojo Santosa, orang terkaya di Indonesia peringkat ke 40 dengan total kekayaan 750 Juta Dollar atau sekitar 9 Trilliun Rupiah dengan kurs sekarang. Handojo Santosa adalah generasi kedua dari salah satu perusahaan pakan ternak terbesar di Indonesia, Japfa Comfeed. Beliau mempunyai pengalaman yang luar biasa dan wajib kita pelajari.

Foto: Japfa Comfeed Milik Handojo Santosa

Foto: Japfa Comfeed Milik Handojo Santosa

Japfa Comfeed tidak serta merta merupakan perusahaan besar. Meskipun ayahnya, Teguh Santosa, sudah mendirikan perusahaan tersebut, Handojo Santosa justru tidak langsung meneruskan bisnis ayahnya. Justru, Handojo muda merintis karir dari bawah bersama perusahaan minyak kelapa Nilam dari Surabaya. Pada tahun 1986, ketika masih berusia 22 tahun, beliau sudah diangkat menjadi manajer di Nilam. Karirnya terus membaik karena kecemerlangan beliau, bahkan akhirnya diangkat menjadi wakil direktur utama Nilam pada tahun 1989 atau ketika masih berusia 25 tahun. Tidak banyak bukan yang sudah meniti karir perusahaan setinggi itu di usia 20an? Tidak berhenti di sana, akhirnya Handojo Santosa naik menjadi direktur utama pada tahun 1997 atau ketika berusia 33 tahun.

Di satu sisi, Teguh Santosa, ayah dari Handojo Santosa, menyerahkan Ometraco Group, atau cikal bakal Comfeed Indonesia ke Handojo di tahun 1998, atau bertepatan dengan krisis ekonomi. Meskipun waktu itu masih berusia 34 tahun, Handojo Santosa berhasil mengatasi tekanan dengan menyatukan seluruh stakeholder bisnisnya, meyakinkan semua orang bahwa Ometraco Group bisa memberi kerjasama yang menguntungkan. Berbekal pengalaman dari pekerjaan sebelumnya, Handojo Santosa berhasil selamat dari krisis ekonomi dan bahkan membawa Ometraco Group yang akhirnya menjadi Japfa Comfeed Indonesia  tumbuh semakin besar dan cepat.

Keberhasilan manajemen Handojo Santosa terlihat dari tingkat pertumbuhan pendapatan yang naik sekitar 21% tiap tahunnya. Puncaknya, beliau mendapatkan anugerah sebagai CEO of The Year dari majalah Bisnis Indonesia, yang mempunyai tema tumbuh di antara ketidakpastian. Meskipun harus melalui beberapa krisis ekonomi, Comfeed Indonesia bisa tumbuh sangat stabil tiap tahunnya.

Sebenarnya, apa kunci sukses dari Handojo Santosa? Beliau terkenal sebagai orang dengan kepribadian sangat bijak, lebih sering mendengar daripada berbicara, serta mau menerima pendapat, saran, bahkan kritik dari orang lain. Beliau juga sangat terbuka, suka sekali bekerjasama dengan orang lain. Sifat dasar ini membuat beliau berhasil merangkul semua stakeholder dalam bisnisnya, mulai dari pemegang saham, karyawan, sampai pelanggan. Keberhasilan merangkul semua stakeholder tersebut yang membuatnya terus konsisten tumbuh meskipun berada dalam kondisi bisnis yang tidak menentu karena krisis ekonomi.

Nah Sobat Studentpreneur, hal lain apakah yang kalian pelajari dari Handojo Santosa? Dukung Studentpreneur dengan mengikuti kami di facebook dan twitter.

 

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+