Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Seri Orang Terkaya di Indonesia 2014 – Benny Subianto (Peringkat 37)


Mau bisnis ya harus berani berkorban, berdisiplin, serta bekerja keras. Nilai-nilai ini harus dipegang benar

Benny Subianto – Orang Terkaya ke 37 di Indonesia

Geng Astra kembali masuk ke daftar orang terkaya di Indonesia. Setelah nama-nama yang lebih terkenal seperti Sandiaga Uno, kini nama Benny Subianto yang juga pernah berguru langsung ke William Soeryadjaja masuk ke salah satu daftar orang terkaya di Indonesia. Benny, dengan kekayaan total 790 Juta Dollar atau lebih dari 9 Trilliun Rupiah menjadi orang terkaya ke 37 di Indonesia. Kekayaan tersebut paling banyak didapatkan dari sahamnya di dua perusahaan batubara, Triputra Group dan Adaro Energy, serta perusahaan karet Kirana Megatara.

benny-subianto

Karir Benny Subianto dimulai dari Astra International yang didirikan oleh William Soeryadjaja. Benny Subianto ditarik oleh Theodore Rachmat (orang terkaya ke 14 di Indonesia), atau biasa dipanggil dengan Teddy, yang berhasil melihat bakatnya yang gemilang. Sejak muda, beliau dipercaya oleh Om William dan Teddy untuk mengelola anak perusahaan Astra seperti United Tractors, Agro Industri, Astra Basic Industri, serta Sumalindo Lestari Jaya. Bersama Edward Soeryadjaja (anak dari William Soeryadjaja), serta Boy Tohir, beliau juga mendirikan Adaro Energy yang akhirnya juga berhasil melejitkan nama Sandiaga Uno.

Karir Benny Subianto sendiri tidak lepas dari keberhasilannya melalui dua masa sulit. Pertama, pada tahun 1975 harga minyak turun, sehingga menyulitkan pembayaran utang-utang perusahaan. Kedua, yang mungkin juga paling parah, adalah ketika pada tahun 1991 terjadi kemelut Bank Summa yang memaksa keluarga William Soeryadjaja menyerahkan saham ke pemegang saham baru seperti Prajogo Pangestu (orang terkaya ke 41 di Indonesia). Konflik yang dialami oleh Om William berdampak besar pada Benny karena beliau terkenal sangat dekat dengan gurunya tersebut. Untung saja, masalah tersebut berhasil diatasi dan anak perusahaan Astra di bawah beliau berhasil tumbuh lagi.

Benny Subianto sangat percaya bahwa pengembangkan karyawan sangat penting dalam kemajuan sebuah perusahaan. Selain aktif mempercayakan manajemen sehari-hari ke SDM yang dianggap mampu, beliau juga membangun berbagai fasilitas pendidikan internal. Contohnya sebuah gedung pusat pendidikan internal yang bisa melatih sampai 3100 orang per tahun. Untuk karyawan-karyawan yang memang dianggap potensial, Benny tidak segan mengirimnya ke luar negeri untuk belajar lebih lanjut.

Ketika ditanyai tentang rahasia sukses, Benny merasa bahwa semua misi perusahaan butuh pengorbanan. “Mau bisnis ya harus berani berkorban, berdisiplin, serta bekerja keras. Nilai-nilai ini harus dipegang benar,” ucap Benny Subianto. Terakhir, selain berbisnis, beliau juga aktif dalam berbagai yayasan sosial dan pendidikan.

Apa yang kalian pelajari dari Benny Subianto, Sobat Studentpreneur? Baca juga obrolan Studentpreneur dengan Nicholas Kurniawan, anak muda pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2013. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+