Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Motivasi

Belajar Bisnis Dari Sosok Prabowo Subianto


Kuat, Tegas, dan Mampu Menyatukan Pihak-Pihak Elite Adalah Keunggulan Utama Prabowo. Bagaimana Cara Mempraktekkannya Dalam Bisnis Anda?

Setelah membahas apa yang pebisnis bisa pelajari dari Jokowi dalam seri sebelumnya, kali ini redaksi Studentpreneur akan membahas tentang kelebihan dan profil Prabowo Subianto yang dapat kita praktekkan dalam dunia bisnis. Merupakan anak dari Soemitro Djojohadikoesoemo yang seorang bapak ekonomi Indonesia, masa kecil Prabowo sering dihabiskan di luar negeri. Selain mempunyai basis ekonomi yang kuat, beliau juga merupakan jendral termuda yang pernah dimiliki militer Indonesia. Saking berbakatnya Prabowo, beliau sampai menjadi menantu dari Mantan Presiden Soeharto. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita pelajari dari sosok Prabowo Subianto untuk dipraktekkan dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari.

 

Tegas dan Kuat

Tidak bisa dipungkiri, karena latar belakang militer yang kuat, Prabowo Subianto memiliki kekuatan dan ketegasan yang luar biasa. Beliau mendapatkan respek dari pengikutnya karena kekuatan dan ketegasan tersebut. Sikap ini terbukti berhasil di militer maupun perusahaan yang dipimpinnya. Dalam bisnis, mempunyai kekuatan dan ketegasan akan sangat berguna, terutama untuk membuat karyawan mengerjakan apa yang harusnya mereka kerjakan. Karyawan yang ingin berbuat curang akan takut, sehingga diharapkan tidak terjadi kebocoran dalam perusahaan. Sikap ini secara tidak langsung juga akan menular ke karyawan, membuat mereka merasa kuat dan bersikap tegas juga.

 

Punya Ambisi Besar

Tidak hanya sekedar ingin membuat Indonesia sedikit lebih maju, Prabowo ingin membuat Indonesia kembali menjadi macan asia. Ambisi besar yang dimiliki beliau sudah terlihat sejak masih berkarir di militer. Pemikiran ambisi besar tentunya sangat penting dalam bisnis. Bos Google, Larry Page, seringkali dalam berbagai kesempatan mengatakan sedih melihat betapa sedikitnya orang yang berani berpikir besar. Tentunya Prabowo mempunyai keberanian untuk berpikir besar, yang harapannya akan menular ke semua anak buahnya dan menggapai visi tersebut. Dalam bisnis, apabila kita mampu membuat karyawan percaya terhadap ambisi besar kita, maka mereka akan memberikan kemajuan yang luar biasa terhadap perusahaan.

profil-prabowo

Kerjasama Strategis Dengan Banyak Pihak

Dalam militer, Prabowo sudah terbiasa berkoordinasi dengan satuan lain, terutama apabila harus menghadapi konflik yang mengancam kesatuan Indonesia. Dalam perjalanannya menjadi calon presiden, beliau kembali menunjukkan kepiawaiannya dalam menggandeng banyak pihak. Tercatat beliau mampu menggandeng koalisi berbagai partai besar untuk mendukung beliau. Padahal tentunya, banyak sekali konflik kepentingan yang terjadi di dalamnya. Kemampuan untuk bernegosiasi dan memuaskan banyak pihak ini adalah kapasitas seorang pemimpin yang luar biasa.

Dalam bisnis, apalagi bisnis pemula yang tidak punya modal yang besar, kerjasama dengan pihak lain yang lebih besar sangatlah vital. Anda tidak bisa maju tanpa dukungan pihak lain. Coba dengarkan apa kepentingan pihak lain, dan selama itu masih satu jalan dengan Anda, kerjasama saja dengan mereka demi mencapai tujuan bersama. Prabowo berhasil menunjukkan ini dengan menciptakan salah satu koalisi partai terbesar dalam sejarah Indonesia.

 

Jangan Malu Meminta Bantuan Keluarga

Adik kandung Prabowo, Hashim Djodjohadikusumo adalah salah satu orang terkaya di Indonesia. Prabowo tidak segan meminta bantuan adiknya untuk membantu kegiatan politiknya. Banyak sekali pebisnis yang “gengsi” tidak mau meminta bantua keluarga. Padahal, keluarga adalah orang terdekat kita, yang biasanya pasti mau membantu apabila kita kesulitan. Meskipun dalam bisnis ataupun kehidupan, jangan pernah malu meminta bantuan keluarga.

 

Menurut Anda, apa lagi yang bisa kita pelajari dari profil Prabowo Subianto beserta kelebihannya? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Partai Gerindra]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Belajar Bisnis Dari Kesederhanaan Jokowi

Perjuangan Anak Yatim Menjadi Terkaya Kedua di Italia

Tunawisma yang Menjadi Pemilik Bisnis Sirkus Dunia

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+