Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Motivasi

Dari Pengusaha Furnitur Menjadi Orang Nomor Satu di Indonesia


Tahukah Anda Bahwa Presiden Kita Ini Adalah Pebisnis Furnitur yang Super Sukses?

Joko Widodo atau biasa kita kenal dengan Jokowi, mungkin adalah sosok presiden Indonesia yang paling sederhana latar belakangnya dibandingkan yang lain. Soekarno adalah jenius dan bisa berbagai bahasa, Soeharto adalah sosok militer ahli, BJ Habibie adalah jenius serta manusia terpintar di Indonesia, Gus Dur adalah salah satu lulusan terbaik di Mesir, Megawati adalah anak Soekarno, SBY adalah jendral militer yang cerdas. Sedangkan Jokowi? Dia hanyalah manusia biasa yang merintis karirnya sebagai pengusaha furniture sederhana di Solo. Namun, dia berhasil mengalahkan Prabowo yang merupakan anak Begawan ekonomi Indonesia serta mungkin salah satu manusia paling pintar di Indonesia saat ini. Jokowi, juga mungkin akan menjadi presiden yang paling dicintai rakyatnya, dalam sejarah Indonesia.

Kami tidak akan membahas sisi politik Jokowi, namun akan membahas kehidupannya sebelum terjun di politik. Seorang anak orang miskin yang akhirnya berhasil membalik hidupnya dengan menjadi pengusaha furniture sukses. Typical cerita Studentpreneur yang dicintai oleh semua orang. Agar Anda mendapatkan gambaran seberapa miskin Jokowi waktu kecil, rumah masa kecilnya ada di pinggir sungai, dan, digusur oleh pemerintah setempat, membuat keluarga harus pindah ke rumah kontrakan.

 

“Saya bisa merasakan bagaimana rakyat itu menderita karena Saya bukan anak orang kaya. Dari kecil hidup prihatin,” – Jokowi

Profil Jokowi tidak boleh lepas dari kata “blusukan”, Kebiasaan Jokowi yang blusukan, mendengar rakyat kecil, dan mengeluarkan berbagai solusi seperti kartu pintar, kartu sehat, dan lainnya, tidak lepas dari masa kecilnya yang hidup prihatin. Untuk sekedar makan, beliau seringkali memancing dan mencari telur bebek. Terkadang, dia juga mencari kodok dan jangkrik untuk tambahan uang jajan.

op4

“Saya Ini Anak Tukang Kayu, Jadi Saya Juga Ingin Jadi Tukang Kayu,” – Jokowi

Mempunyai orang tua seorang tukang kayu, Jokowi memutuskan untuk mengambil kuliah fakultas kehutanan UGM. Sejak kuliah, karena keadaan ekonomi yang minus, beliau bersemangat belajar sehingga tidak membebani orang tua. Pengeluaran juga harus ditekan seminimal mungkin. Kebiasaan hidup hemat saat kuliah terbawa ketika menekuni bisnis. Memperhitungkan anggaran seefektif mungkin adalah salah satu kunci suksesnya ketika merintis bisnis furniture.

 

Beranikan Diri Membangun Bisnis

Setelah lulus dari fakultas kehutanan UGM, Jokowi memutuskan untuk belajar dulu di sebuah BUMN di Aceh. Hasil belajarnya ini diterapkan ketika akhirnya dia kembali ke Solo, meminjam uang dari bank, dan memberanikan diri membuka bisnisnya sendiri. Awalnya, Jokowi memutuskan untuk menjadi eksportir barang-barang furniture.

 

Ini yang Membuat Bisnis Jokowi Berhasil

Ketika memulai bisnis, sebenarnya banyak sekali perusahaan furniture serupa bertumbangan di Solo. Namun, Jokowi tetap percaya dan bekerja sangat keras. Bahkan, Jokowi sering tidur di pabriknya. Dia bekerja jauh lebih keras dari anak buahnya. Awalnya, Jokowi hanya mengekspor 3 bulan sekali. Setelah rajin mengikuti pameran furniture dan mengikut tren gaya furniture eropa, Jokowi bisa mendapatkan ekspor sampai 18 kontainer per bulan. Pasar mebel yang disasar Jokowi adalah pasar Jakarta, Singapura, Eropa, Amerika, dan Timur tengah. Meskipun sering disindir mempunyai wajah “desa”, Jokowi berhasil menunjukkan bahwa dia mempunyai pemikiran level dunia. Dia seringkali sharing ke sahabat-sahabat sesama pebisnis furniture untuk sering mengikuti tren yang ada di luar negeri.

 

Inilah profil Jokowi, seorang anak tukang kayu miskin yang berhasil membuat bisnis furniture besar, dan kini menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019! Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Cerita Bisnis Inspiratif: Orang-Orang Gagal yang Bangkit Menjadi Salah Satu Orang Tersukses di Dunia

Ini Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Bank Mandiri

Dari Glodok Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+