Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Wanita Sukses

Bagaimana Artis Cantik Jessica Alba Sukses Membangun Bisnis Ramah Lingkungan


Superstar Hollywood Jessica Alba Ternyata Juga Mempunyai Bisnis yang Super Sukses. Bagaimana Cara Dia Membangun Bisnis Ramah Lingkungan?

Menyusul kesuksesan The Body Shop, belakangan ini bermunculan produk-produk ramah lingkungan. Anda mungkin sudah kenal dengan Jessica Alba. Anda pun mungkin sudah pernah mendengar tentang selentingan kabar bahwa bintang Hollywood ini kini terjun di bidang ecopreneur dengan mendirikan Honest Company, yang beroperasi di penjualan berbagai macam produk yang ramah lingkungan untuk bayi. Memang, ia sudah mendirikan bisnisnya itu sejak Januari 2012 bersama seorang partnernya, Christopher Gavigan, dan sampai sekarang, bisnisnya masih berjalan dengan lancar. Kalau bertahun-tahun yang lalu banyak yang menganggap bahwa bisnis semacam ini tidak akan profit, maka Honest Company menunjukkan sebaliknya. Jadi, bagaimana Jessica Alba melakukannya secara berbeda?

 

Menemukan dari kebutuhan

Alba dan timnya adalah orang tua yang peduli pada pentingnya menciptakan produk yang aman dan mudah digunakan untuk keluarga. Ide Honest Company pertama kali ia dapatkan ketika Alba menjadi ibu. Dari Honor, anak perempuannya yang kala itu berusia 4 tahun, ia melihat tingginya kebutuhan untuk produk bayi yang natural dan ramah lingkungan yang mana masih belum terpenuhi di pasaran.

jessica-alba

Membawa misi sosial

Untuk setiap produk ramah lingkungan yang dibeli di Honest Company, seperti popok, bedak organik, hingga deterjen ramah lingkungan, mereka akan memberikan sumbangan terhadap keluarga yang membutuhkan melalui sejumlah kemitraan dengan organisasi nirlaba yang bekerja pada isu-isu sosial dan kesehatan.

 

Pandai membaca pasar

Sekitar bulan Juni, Honest Company mulai bekerjasama dengan Target. Semua produk rumahan dari Honest Company akan diperjualbelikan pada 1916 gerai Target, sekaligus toko online Target.com.

“Kami senang bisa meluncurkan produk Honest Company di toko-toko Target, dan pada Target.com, untuk akses yang lebih mudah,” katanya. “Sebagai seorang ibu yang sibuk bekerja, saya tahu Anda tidak dapat selalu mengantisipasi ketika Anda akan membutuhkan sesuatu. Maka kami senang bisa menjalin kerjasama dengan Target yang menawarkan kenyamanan setiap saat.”

Kerjasama ini sedikit banyak berasal dari keduanya yang memiliki demografi konsumen yang hampir sama.

Nah Sobat Studentpreneur, sesuai definisinya, social entrepreneur adalah kata yang merujuk pada orang yang menciptakan bisnis untuk memperbaiki beberapa masalah di masyarakat sambil masih menghasilkan keuntungan. Kesuksesan Honest Company menunjukkan bahwa bisnis kini mulai bergerak pada Human Centric, dimana pelakunya lebih menonjolkan diri pada aktivitas kemanusiaan dan menyentuh sisi spiritual.

Anda tertarik untuk merambah bisnis ini? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: TechCrunch]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Pendiri Facebook Kini Berbisnis Rental Mobil

Jessica Jung Sang Pebisnis Tercantik di Dunia

Ternyata Anda Bisa Memulai Bisnis Tanpa Modal

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+