Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Orang Terkaya di Afrika Memulai Bisnisnya Sejak Muda


Di Usia 21, Anda Mungkin Masih Sibuk Dengan Urusan Cinta atau Patah Hati. Namun Tidak Demikian Halnya Dengan Orang Terkaya di Afrika Ini

Aliko Dangote adalah orang terkaya di tanah Afrika. Dengan kekayaan bersih sekitar $25 miliar dolar, majalah Forbes mengangkatnya sebagai orang kulit hitam terkaya di dunia. Apa yang membuat perjalanan karirnya menarik adalah karena ia memulai bisnisnya di usia yang sangat muda, tepat di usia dimana Anda mungkin masih meributkan soal cinta yang tak kunjung habisnya, yakni di usia 21 tahun.

Modalnya pun ia dapat dari pinjaman sang paman. Pada tahun 1977, setelah lulus dengan gelar bisnis dari Universitas Al-Azhar, ia meminjam sekitar $325 ribu dari sang paman. Keluarga Dangote adalah keluarga muslim kaya di Nigeria utara. Dangote menggunakan pinjaman ini untuk mendirikan sebuah perusahaan di bidang perdagangan yang melayani impor komoditas masal seperti gula dan beras. Dari sini, kemudian muncul pertanyaan di benaknya: Mengapa Nigeria mengimpor gula ketika seharusnya mereka bisa memproduksi sendiri? Mengapa harga semen disini mahal ketika mereka justru ada di atas tanah dengan deposit kapur terbesar di dunia?

orang-terkaya-afrika

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini adalah konflik, korupsi, ketidakmampuan dan ketidakpastian di Afrika. Ia bertekad mengubahnya. Maka, Aliko Dangote mengalihkan haluannya ke manufaktur. Sejak saat itu, Dangote Group menggurita ke dalam industri garam, tepung, gula, semen, tekstil, real estate, minyak, dan gas. Dangote Group mendominasi pasar gula di Afrika. Mereka memiliki kilang gula terbesar kedua di dunia. Mereka juga memiliki pabrik semen terbesar di Afrika.

Ia kini berencana untuk membangun fasilitas penyulingan minyak bernilai $8 miliar yang akan memproses 450.000 barel minyak bumi per hari, terutama untuk konsumsi domestik. Karena ia melihat, meski merupakan salah satu penghasil minyak terbesar dunia, Nigeria tidak menyuling minyaknya sendiri.

“Orang-orang terus berbicara tentang sisi buruk, bahwa sangat sulit untuk memulai bisnis. Padahal masih ada banyak peluang di sini,” katanya dalam sebuah sesi video yang diposting di YouTube.

Kini, Dangote bekerjasama dengan pemerintah Nigeria untuk menciptakan sekitar 180.000 lapangan pekerjaan baru. Menurutnya, cara paling efektif untuk menyelesaikan berbagai macam masalah-masalah sosial adalah dengan menciptakan lapangan kerja baru.

“Satu-satunya cara untuk menghentikan Boko Haram adalah dengan menciptakan lapangan kerja,” katanya.

Nah Sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: AFK]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Jessica Jung Sang Pebisnis Tercantik di Dunia

Orang-Orang Super Kaya di Amerika Ternyata Tidak Cukup Kaya

Belajar Saham Yuk!

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+