Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Inovator Studentpreneur Indonesia

Pencipta Instagramnya Indonesia: Reputasi Itu Penting


PicMix adalah Aplikasi Foto Paling Populer di Indonesia. Inilah Nasehat Penting dari Calvin Kizana, Sang Pencipta PicMix.

Walaupun Calvin Kizana sudah bekerja di perusahaan yang cukup besar, namun hal tersebut tak membuatnya cukup puas. Akhirnya, dia memutuskan untuk memulai startup dengan menjalankan bisnis aplikasi foto picmix. Kini, dirinya telah memiliki puluhan juta user yang aktif diseluruh penjuru dunia,aplikasi foto paling populer di Indonesia dan bahkan dijuluki oleh seluruh dunia sebagai Instagramnya Indonesia. Berikut kisahnya.

 

Hi Calvin, bisa Anda ceritakan awal mula perjalanan karir Anda?

Selesai kuliah dari Amerika, saya berkeinginan untuk membangun sebuah perusahaan yang besar. Tapi, ternyata memang tak semudah yang dibayangkan. Saya pun akhirnya bekerja disebuah perusahaan jasa pembuatan website, mobile apps, games, e-commerce, dan berbagai aplikasi lain yang sudah berjalan hingga 12 tahun. Tidak sedikit saya mengerjakan sebuah project yang datang dari klien di luar negeri. Saya membuat desain kaos, iklan, hingga aplikasi dan juga game yang akhirnya menarik minat banyak investor.

Seiring berjalannya waktu, saya pun mulai merasakan ketidaknyamanan. Kalau anak sekarang menyebutnya galau. Hal ini dikarenakan saya bekerja di perusahaan orang lain, dan bekerja secara maksimal namun hasil atau kesuksesan tersebut pun menjadi milik orang lain. Akhirnya, terpikir oleh saya untuk membuat sebuah perusahaan sendiri dimana saya bisa fokus untuk mengerjakannya segala sesuatunya seperti yang saya inginkan.

Berawal dari sebuah kegemaran saya dalam bidang fotografi dan memakai instagram, saya pun memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi foto bernama picmix. Saya pun tidak langsung 100% fokus untuk mengerjakan picmix karena masih terikat kontrak kerja dengan perusahaan tempat saya bekerja. Namun, setelah beberapa minggu aplikasi tersebut diluncurkan dan mendapat respon positif dari banyak user saya pun memutuskan untuk resign dan fokus mengerjakan picmix.

calvin-kizana

Apakah resign merupakan keputusan yang tepat?

Antara percaya dan tidak percaya, banyak yang mendukung keputusan saya tetapi tidak sedikit juga yang sangat menyayangkan keputusan saya. Termasuk istri saya, orang yang paling dekat dengan saya dan cukup kecewa dengan keputusan yang saya buat. Betapa tidak, saya sudah bekerja di perusahaan ternama dengan gaji yang cukup besar tetapi harus memulai sesuatu dari nol. Bayangkan saja, seandainya saya tak bekerja pun perusahaan juga masih tetap dapat berjalan dengan ratusan karyawan yang dimilikinya. Belum lagi, saya juga mendapat gaji besar dari perusahaan tersebut.

Tetapi, saya pun menjelaskan kepada istri bahwa apa yang saya kerjakan akan berhasil dan bahkan lebih baik dari tempat saya bekerja yang dulu. Sekalipun saya dikatakan gila karena kehilangan gaji besar, tapi saya yakin passion saya ada di picmix dan akan berhasil. Akhirnya, istri pun dapat memahami apa yang saya kerjakan dan mendukung sepenuhnya.

 

Sebenarnya apa yang menjadi kekuatan picmix dan tidak ada di aplikasi lain?

Dalam menjalankan sebuah bisnis, maka Anda dituntut untuk memiliki sebuah produk yang unik dan tidak ada di tempat yang lain. Picmix menyediakan berbagai macam frame foto yang unik dan tematik. Selain itu, picmix juga dapat menggabungkan beberapa foto kedalam satu frame (kolase). Bahkan, user juga dapat menambahkan tulisan didalam foto yang akan di-upload dimana hal tersebut tidak dapat dilakukan di aplikasi sejenis yang lainnya.

Dari segi manajerial, saya selalu memberikan motivasi kepada karyawan agar selalu bekerja dengan hati. Tujuannya, karyawannya saya juga dapat merasakan apa yang dirasakan oleh user saat menggunakan aplikasi picmix. Dengan begitu, aplikasi picmix segera mendapatkan feedback jika terdapat kekurangan. Bahkan, saya juga memasang traffic live report yang selalu ditampilkan di kantor agar karyawan juga mengetahui aktivitas pergerakan user. Dengan selalu memantau user yang login, upload foto atau membuat new account diharapkan karyawan akan semakin termotivasi untuk bekerja lebih semangat dan menghasilkan karya-karya terbaik untuk picmix.

 

Dengan keberhasilan picmix sekarang, adakah sedikit tips dari Anda termasuk dalam hal monetize?

Menjalankan bisnis tidak semudah membalik telapak tangan, butuh kesabaran dalam setiap langkahnya. Termasuk dalam hal monetize yang cenderung banyak dilakukan oleh netizen. Pada dasarnya, tidak ada rumusan pasti kapan waktu yang tepat untuk memulai monetize. Hal tersebut harus dilakukan sesuai dengan analisa yang tepat. Pasalnya, user tidak akan serta merta akan menerima jika didalam sebuah aplikasi terdapat iklan walaupun hanya berupa banner.

Belajar dari aplikasi line, secara tidak langsung user diedukasi untuk dapat tertarik dengan line dan menggunakan coin untuk berbagai keperluan dalam penggunaan aplikasi line. Jika Anda memiliki banyak koin maka Anda dapat memiliki berbagai sticker yang unik dimana hal tersebut tidak diberikan secara gratis. Oleh karena itu, picmix pun juga memiliki mixcredit dimana user nantinya akan mendapatkan fitur-fitur premium yang tidak diberikan secara cuma-cuma.

Minimal, monetize bisa dilakukan jika aplikasi yang dijalankan telah memiliki jutaan user yang aktif. Dengan begitu ada harapan bahwa user yang aktif tersebut dapat meningkatkan status account yang dimilikinya atau menggunakan layanan premium dengan sejumlah uang yang ditukar dengan stiker, frame atau produk-produk berkualitas lainnya yang sifatnya lebih memiliki keintiman dengan user.

 

Menurut Anda, apa tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis?

Seperti yang saya jelaskan diawal tadi, setelah lulus kuliah saya ingin segera kembali ke Indonesia untuk membangun sebuah perusahaan. Oleh karena itu, pada awal berkarir, saya juga tidak kenal siapapun. Dengan begitu, pertama kali yang saya lakukan adalah membangun reputasi dengan melakukan penjajakan atau berkenalan dengan banyak orang. Padahal, kegiatan tersebut sesuatu yang jarang sekali saya lakukan karena saya termasuk orang yang pemalu. Tapi untuk mendapatkan banyak relasi atau partner kerja, mau tidak mau saya pun harus memulai untuk berkenalan dengan banyak orang.

Jjika ingin dikenal dengan orang, maka Anda harus show yourself dan lebih supel dalam bergaul. Bagaimana orang bisa mengenal bisnis yang sedang Anda lakukan jika Anda sendiri tak mau mengenalkannya. Oleh karena itu, jangan malu untuk menyapa orang dan berbincang-bincang terkait bisnis Anda. Saya justru punya banyak relasi yang berawal dari ketemuan di seminar. Seperti halnya saat Anda tertarik dengan seorang lawan jenis, maka Anda pun akan berupaya untuk mendapatkan informasi tentang dirinya. Bukan hanya nomor telepon, bahkan Anda akan mencari tahu warna kesukaan ataupun makanan favoritnya dengan harapan dapat diajak untuk makan malam bersama. Begitu pula dengan bisnis, saat Anda ingin meraih keuntungan besar maka kenalilah lawan bisnis Anda yang memungkinkan dapat meningkatkan kerja sama hingga meraih keuntungan yang besar.

 

Apakah Anda punya tips khusus bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis?

Banyak yang mengatakan bahwa menjalankan bisnis butuh sebuah modal yang besar. Hal tersebut tak sepenuhnya salah, saya pun menjual sebuah mobil pick up milik orang tua saya senilai Rp 30 juta saat pertama kali membangun picmix. Bahkan saya juga pernah presentasi dengan menggunakan laptop milik teman. Hal itu menunjukkan seberapa besar keinginan kita untuk sukses dalam sebuah bisnis. Tidak ada sebuah kesuksesan yang tidak dilalui dengan sebuah pengorbanan.

Saat sekarang saya memiliki banyak partner di dunia telekomunikasi, itu juga tak lepas dari cara saya merubah pola bergaul. Tadinya saya termasuk orang yang tertutup, akhirnya saya memutuskan untuk lebih terbuka dan berbincang dengan banyak orang untuk menjalankan bisnis yang sedang saya kerjakan. Tidak akan ada perusahaan besar yang akan menanamkan modal hingga jutaan dolar jika perusahaan tersebut tak mengenali tentang diri Anda. Sekali lagi, membangun sebuah reputasi dalam bisnis itu sangatlah penting karena hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan pada orang lain sehingga dapat mewujudkan sebuah bentuk kerja sama yang saling menguntungkan kedepan nantinya. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Jessica Jung Sang Pebisnis Tercantik di Dunia

Orang-Orang Super Kaya di Amerika Ternyata Tidak Cukup Kaya

Belajar Saham Yuk!

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+