Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Inovator Studentpreneur Indonesia

Eksklusif: Ini yang Dilakukan Setelah Mendapat Modal Bisnis 550 Milliar Rupiah


Kalau Startup Anda Menerima Pendanaan 550 Milliar Rupiah, Apa yang Akan Anda Lakukan? Simak Wawancara Eksklusif Dengan VP Zomato Ini!

Bagi Anda pecinta kuliner, Zomato adalah solusi yang mungkin selama ini Anda cari-cari. Apps ini secara kolektif menyimpan database tentang informasi sebanyak lebih dari 200 ribu restoran di seluruh dunia. Jadi, jalan-jalan jajan Anda bisa semakin mudah dan menyenangkan. Sejak berdiri tahun 2008 di India, Zomato telah melebarkan sayapnya ke 12 negara berbeda, dan ini masih belum berhenti. Di akhir tahun 2015, mereka berencana untuk memetakan 22 negara baru. Pada bulan November tahun lalu, Zomato resmi membuka kantor mereka di Jakarta. Sejak saat itu, pertumbuhan mereka semakin pesat. Kami mendapat kesempatan untuk ngobrol dengan Karthik Shetty, VP (Indonesia Operations) dari Zomato. Pada kesempatan ini, Karthik banyak bercerita seputar potensi pasar Indonesia.

 

Hai Karthik, apa yang membuat Zomato tergerak untuk masuk ke Indonesia?

Zomato dimulai hampir 6 tahun lalu di New Delhi. Pada bulan September 2012, kami pertama kali ekspansi ke global dengan membuka kantor di Dubai. Ever since, we have not look back, we expand excessively to 12 new country.

Kami masuk ke Asia Tenggara karena statistik menunjukkan bahwa pasar internet di Asia Tenggara sangat besar. Dengan populasi sekitar 630 juta, ada 155 juta pengguna internet. Belum lagi pertumbuhan pasar pengguna mobile di Asia Tenggara yang sangat pesat. Buktinya, 70% traffic yang datang ke Zomato dari Indonesia, datangnya dari smartphone. Maka, pada bulan Maret tahun lalu kami masuk ke Filipina. Kemudian disusul dengan Indonesia pada bulan November.

Beside, Indonesia adalah pasar kuliner utama di Asia Tenggara. Di Indonesia ada banyak jumlah rumah makan. Masyarakat suka makan di restoran atau kafe.

zomato

Sejak itu, apa saja yang sudah Zomato dapatkan?

This 10 months has been extremely exciting. Di sekitar Jabodetabek, kami telah memetakan 11000 restoran, Sedangkan di Jakarta, kami telah memetakan hampir 12000 restoran. It generates 25 thousand visit per day. All foodies trying to find the best place to eat.

 

Jadi, kenapa baru sekarang?

Terutama soal kecocokan bahasa. Tahun lalu, kita ekspansi dulu ke Brazil (Sao Paulo) dan Turki (Istanbul dan Ankara) dan memperluas layanan ke UK. Karena tim kami semuanya fluent di Bahasa Inggris, maka dari segi bahasa, kita nggak perlu adaptasi banyak.

 

Seberapa serius Zomato menggarap pasar Indonesia?

Pada bulan November kemarin, kita dapat pendanaan senilai US$37 juta dari Sequoia Capital dan Info Edge. Hal ini menjadikan total pendanaan yang kami dapat senilai US$53 juta (atau sekitar 550 Milliar Rupiah). Kami berencana menginvestasilan lebih dari US$2 juta ke dalam operasi kami di Indonesia.

 

Kenapa penting sekali bagi Zomato untuk membuka office di setiap negara?

Kami datang ke Indonesia untuk mendapatkan data-data yang lengkap dan meningkatkan jumlah pengunjung ke situs kami. Karena, metode pengumpulan data yang kami terapkan  adalah feet-on-the-street, yaitu kami berjalan dan menjelajahi setiap jalan di satu kota dan secara personal menanyakan informasi mengenai tempat makan tersebut. Informasi-informasi yang kami dapatkan lebih akurat karena langsung dari sumbernya.

 

Apa tantangan terbesar yang Anda hadapi saat ini?

Soal SDM. Secara kultur dan linguistik, Indonesia berbeda dari India. Saat ini, kami memiliki tim yang terdiri dari 26 orang di Jakarta. Mereka adalah bagian dari keluarga besar dari tim global yang terdiri atas 650 member. Maka, di samping kemampuan teknis dan skill,  kami harus melihat apakah rekrutmen ini mengantarkan kami pada tim yang mampu fit in dengan kultur perusahaan yang sudah ada.
Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Javier]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Kriukk… Meraup Untung Besar Dari Bisnis Kerupuk

Anda Pun Bisa Mencoba 11 Bisnis Rumahan Inspiratif Ini

Uang Tidak Akan Bisa Membelikan Anda Cinta

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+