Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Dulu Buruh Kapal Kini Orang Terkaya Jepang


Memulai Karir Sebagai Buruh Kapal, Kentaro Ogawa Berhasil Menjadi Salah Satu Orang terkaya di Jepang.

Posisi 48 dari 50 orang terkaya di Jepang versi majalah Forbes ditempati oleh raja bisnis fast food yang berhasil menumbangkan dominasi McDonalds di Jepang, Kentaro Ogawa. Ia mendirikan beef bowl Zensho pada tahun 1983. Hingga kini, kekayaan bersihnya dari Zensho mencapai 525 juta dolar Amerika atau sekitar 6,4 Trilliun Rupiah. Ini adalah pencapaian yang sangat besar bagi seorang mantan pekerja galangan kapal.

Keluar Dari Kampus dan Melakukan Pekerjaan Keras

Seorang mahasiswa garis keras, Ogawa memutuskan untuk dropout dari Universitas Tokyo pasca pergolakan tahun 1960. Ia kemudian mengambil pekerjaan bongkar muat peralatan ke dalam kapal di pelabuhan Yokohama hingga berhasil mencapai posisi dimana ia mengorganisir para pekerja di sana. Melihat dunia luar dengan mata kepalanya sendiri, dalam tahun-tahun berikutnya, ironisnya ia justru meyakini bahwa kapitalisme adalah satu-satunya cara untuk merevolusi negerinya. Maka, dia berhenti dari pekerjaannya di dermaga, dan pada tahun 1978 bergabung pada raksasa beef bowl Yoshinoya. Lima tahun kemudian, ia mengundurkan diri untuk mendirikan bisnisnya sendiri, Zensho.
zensho

Menjadi Kapitalis Namun Tetap Aktivis Sosialis

Meskipun telah beralih jadi seorang kapitalis, Ogawa masih mempertahankan semangat aktivisnya. Dua misi resmi Zensho adalah menciptakan dunia yang bebas dari kelaparan dan menjadi perusahaan makanan terkemuka di dunia. Saat ini, Zensho adalah pemegang marketshare terbesar di industri pangan Jepang. Namun hal ini menurutnya masih belum cukup.

“Ukuran total industri jasa makanan Jepang adalah 24 triliun yen; Zensho hanya menempati pasar sebesar 400 miliar yen. Sedangkan perusahaan mobil dan mesin industri memiliki pangsa pasar minimal 20% sampai 30%. Dibandingkan dengan industri-industri ini, pelayanan makanan belum mencapai potensinya.”

Maka, mereka ekspansi hingga ke Tiongkok, Brazil dan Thailand. Ekspansi ke pasar global ini juga dianggap sebagai salah satu langkah ke depan untuk merealisasikan visi mereka menghapus kelaparan dan kemiskinan global.

“Dari perspektif global, populasi manusia diperkirakan akan melebihi 9 miliar pada pertengahan abad ini. Kemungkinan besar, dunia akan menghadapi kekurangan pangan yang parah. Bahkan sekarang, satu orang meninggal karena kelaparan setiap enam detik,” katanya. “Di sisi lain, ada cukup makanan di negara-negara maju, tetapi tidak merata. Perusahaan perdagangan gandum dan raksasa perdagangan, yang prioritas utamanya adalah untuk menghasilkan keuntungan, tidak akan pernah mendistribusikan makanan ke daerah-daerah yang menderita kekurangan.”

“Pasokan pangan global akan terus menjadi masalah serius. Untuk memberantas kelaparan global dan kemiskinan, kami ingin membangun sistem pasokan pangan yang sustainable. Dan untuk tujuan ini, kami perlu menjadi nomer 1 di industri makanan.”

 

Kedisiplinan Kentaro Ogawa

Dengan gol besar seperti itu, maka tidak heran jika Kentaro Ogawa terkenal sangat disiplin dalam mengelola bisnisnya. Ia mengatur dari mulai seragam hingga menu desain. Karyawan Zensho sangat dituntut untuk kerja cepat. Perusahaan menyarankan karyawan agar mengambil setidaknya dua langkah setiap detik dan membatasi negosiasi bisnis selama setengah jam saja. Mereka membentuk kelompok riset khusus yang mempelajari cara untuk menghilangkan inefisiensi di tempat kerja, menganalisis hingga ke gerakan pergelangan tangan karyawan mereka. Kecepatan adalah aspek utama yang sangat diperhatikan oleh penyedia makanan cepat saji ini.

Kisah inspiratif Kentaro Ogawa ini adalah bagian dari seri orang terkaya di Jepang. Nah Sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Miki]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Cari Tahu Yuk Apakah Anda Sudah Bosan Jadi Pegawai

Uang Tidak Bisa Membelikan Anda Cinta

Gadis 16 Tahun Raup Jutaan Rupiah per Bulan Dari Bisnis Kamera

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+