Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Studentpreneur Indonesia

Tidak Mau Jadi Pegawai, Anak Muda Ini Sukses Besar Jadi Pengusaha


Rachman Adi Sempat Dipaksa Orang Tuanya Untuk Menjadi Pegawai. Namun, Dia Tetap Menolak dan Memilih Menjadi Pengusaha. Kini, Kebab Buatannya Dicintai Banyak Orang!

Bagi kamu pecinta kuliner, pasti tak asing dengan Kebab. Ya, makanan khas negara Turki dan negara-negara di wilayah Timur Tengah ini rasanya sangat lezat dan cukup mengenyangkan untuk mengganti nasi. Selain itu, kebab ternyata juga mampu menjadikan Moch Rachman Adi sebagai seorang pengusaha muda yang sukses. Berikut petikan wawancara Studentpreneur dengannya.

 

Kenapa sih mas memilih berbisnis kuliner, khususnya kebab, padahal orang Indonesia kan identik dengan nasi?

Ya betul, kebab adalah makanan khas masyarakat Turki. Disini saya ingin menghadirkan sesuatu yang spesial bagi pencinta kebab di negeri ini. Dengan cita rasa khas luar biasa yang dipadukan tortilla terlembut di Indonesia, saya ingin memberikan sesuatu yang berbeda, yang belum pernah ada sebelumnya. Dan saya rasa, peluang bisnis kuliner untuk kebab masih sangat terbuka lebar. Walaupun bukan menjadi menu utama bagi kebanyakan orang Indonesia, saya rasa kebab cukup mengenyangkan.

 

Lantas, bagaimana awalnya mas berkenalan dengan kebab?

Awalnya, saya mengenal kebab dari seorang teman yang masih memiliki garis keturunan orang Timur Tengah. Pertama kali mencoba kebab saya langsung jatuh hati dan ingin sekali bisa membuatnya dan memasarkannya kepada masyarakat luas. Saya mulai bertanya cara membuatnya, bertanya tentang bumbu dan bahan-bahan masakan yang diperlukan serta proses memasaknya. Akhirnya, saya mulai banyak melakukan modifikasi dan inovasi hingga tercipta berbagai macam variant rasa yang sangat unik dan belum pernah ada sebelumnya. Bahkan, kebab buatan saya tersaji dalam bentuk frozen dan ukurannya mini. Saya berani menjamin bahwa kebab buatan saya adalah yang pertama di dunia dan di negara asalnya pun tidak ada.

fruity-mix-choco

Saya jadi tertarik, kebab seperti apa yang telah mas buat itu?

Awalnya, saya mengolah kebab dengan isi daging sapi dan daging ayam seperti kebab pada umumnya. Tapi seiring berjalannya waktu, saya harus memiliki diferensiasi produk dimana kebab yang saya buat tidak dimiliki oleh pesaing. Saya membuat Kebab Ayam Pedass yang merupakan kebab ayam terpedas di Indonesia. Varian ini cocok bagi penggemar pedas yang ingin menikmati perpaduan bumbu spesial pedas. Setelah itu saya menghadirkan sesuatu yang tidak kalah sensasional dari produk sebelumnya yaitu Kebab Buah (Fruity Mix Choco) yang dipadu dengan cokelat. Kebab dengan berbagai macam isi buah ini tidak pernah ada sebelumnya.

Kemudian yang sekarang ini menjadi produk andalan Kebab Kebubdd, yaitu Kebab Mini Durian. Kebab ini menggunakan 100% Durian Medan, dengan komposisi yang pas dengan perpaduan tortilla dan keju. Saya menggunakan Durian Medan Asli yang mempunyai rasa legit, daging lembut dan tebal serta aroma wangi khas durian. Kebab Mini Durian dapat langsung dimakan tanpa perlu dipanggang, dan sangat nikmat ketika dimakan pada saat dingin.

 

Dari namanya juga cukup unik, kenapa mas memilih nama Kebab Kebudd?

Ya, brand atau nama perusahaan adalah kekuatan dari sebuah sebuah perusahaan. Begitu pula dengan pemilihan nama Kebab Kebudd dimana saya sendiri menemukannya ketika sedang mengendarai mobil saat berada di jalan tol. Tiba-tiba saja tercetus nama Kebab Kebudd karena memang proses penyajiannya yang cepat. Selain itu, nama Kebab Kebudd juga lebih mudah diingat karena hanya ada dua kata yang pengucapannya pun hampir mirip. Itulah kenapa saya memberi nama Kebab Kebudd yang kini sudah dikenal banyak orang. Oh iya, pembelian Kebab Kebudd hanya dapat dilakukan secara online mengingat kami tidak memiliki outlet secara fisik.

 

Apa sih mas suka dan dukanya menjalankan bisnis kebab?

Kalau dibilang suka dan duka, mungkin sama seperti pengusaha sukses yang lainnya, saya pun juga mengalami pahit-manis dalam menjalankan bisnis. Bayangkan saja, saya merintis bisnis sejak masih duduk di bangku kuliah. Dan karena sibuk menjalankan bisnis sampai-sampai kuliah pun tak terurus hingga molor beberapa tahun. Tak hanya itu saja, orang tua pun menginginkan agar saya menjadi seorang pegawai. Menurut mereka, menjadi pegawai akan lebih menjanjikan karena akan mendapat penghasilan tetap setiap bulan. Tetapi saya pun meyakinkan mereka bahwa menjadi seorang pengusaha yang berjualan kebab pun juga dapat sukses dan memiliki penghasilan yang tak berbatas.

Selain itu, dari produknya sendiri. Kebab Kebudd memiliki varian dengan isi buah yang tidak pernah ada sebelumnya. Jadi, tidak mudah untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa kebab buah pun rasanya tak kalah enak dengan kebab isi daging sapi ataupun daging ayam. Butuh waktu yang cukup lama agar kebab buah dapat diterima oleh masyarakat. Seiring berjalannya waktu, masyarakat pun akhirnya tertarik dengan kebab buah dimana memberikan sensasi tersendiri.

 

Apa target kedepan yang ingin dicapai?

Setiap orang tentunya ingin kehidupan yang lebih baik dan terus meningkat setiap hari. Begitu pula dengan Kebab Kebudd dimana saya menginginkan agar kedepan nantinya Kebab Kebudd lebih dapat diterima oleh masyarakat. Saat ini Kebab Kebudd telah memiliki 16 outlet yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Oleh karena itu, jumlah tersebut kedepan harus dapat bertambah dan semoga juga bisa diterima oleh pasar Internasional. Selain itu, saya juga berkeinginan untuk membuat sebuah outlet atau semacam kafe yang dapat menyajikan Kebab Kebudd langsung dihadapan para pembeli.

 

Apakah ada tips untuk mulai membangun sebuah bisnis?

Apa yang sudah ditetapkan dari sebuah business plan harus segera ditindaklanjuti. Bagi saya, menjalankan bisnis juga harus memiliki konsistensi. Artinya, jangan hanya pada awal menjalankan bisnis masih semangat tapi kemudian seiring berjalannya waktu justru menjadi stagnan sehingga membuat bisnis tak banyak berkembang. Selain itu, dalam menjalankan bisnis juga perlu seorang mentor untuk tetap memberikan motivasi dan bahkan ide-ide baru agar bisnis dapat lebih berkembang. Terakhir, seorang pebisnis juga harus memiliki passion dan bermanfaat bagi orang lain.
Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Cari Tahu Yuk Apakah Anda Sudah Bosan Jadi Pegawai

Uang Tidak Bisa Membelikan Anda Cinta

Gadis 16 Tahun Raup Jutaan Rupiah per Bulan Dari Bisnis Kamera

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+