Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Studentpreneur Indonesia

Meraup Untung Dari Jasa Pembuatan Website


Kata Siapa Dosen Tidak Bisa Berbisnis? Ini Dia Kisah Seru Adi Suryaputra Paramita yang berhasil membangun bisnis website yang sukses.

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang. Anda bisa mencoba seperti yang dilakukan oleh Adi Suryaputra Paramita, M.Kom yang sukses berbisnis di dunia jasa pembuatan website. Kerennya lagi, Adi sebenarnya adalah seorang dosen yang mengajar di salah satu kampus swasta di Surabaya. Ayo simak obrolannya dengan tim Studentpreneur yuk!

 

Jasa pembuatan website seperti apa sih yang ditawarkan?

Ya, saya bukan hanya sekedar membuat website. Tetapi website yang diciptakan juga dapat memberikan solusi untuk klien. Artinya, jasa pembuat website harus mengetahui kebutuhan dan juga tujuan dari klien dalam membuat website. Saat semuanya selesai dan website tersebut berjalan maka akan sekaligus menjadi sarana promosi yang efektif. Dengan begitu klien akan mendapatkan kepuasan tersendiri.

Contohnya saja, klien dari sebuah pengembang apartemen. Banyak customer yang kesulitan dalam mencari informasi terkait penyewaan apartemen atau mencari tahu informasi seputar apartemen. Jadi, saya buatkan website lengkap dengan peta menuju kesana dan juga terdapat sistem booking secara online. Selain itu, klien juga dapat melakukan update atau merubah sesuai dengan keinginan tanpa harus menghubungi saya. Tetapi saya memiliki prinsip untuk memberikan total solution. Artinya, meskipun dapat mengutak-atik website yang sudah dibuat tetapi saya tetap melakukan monitoring.

adi-suryaputra

Kenapa sih Anda lebih memilih bisnis jasa pembuatan website?

Sebelumnya saya pernah bekerja disebuah perusahaan jasa pembuatan hosting untuk berbagai macam kebutuhan klien. Tapi saya memutuskan untuk berhenti kerja karena saya ingn meakukan sesuatu sesuai dengan pasion saya. Gaji di perusahaan tersebut sudah cukup besar tapi tetap saja tidak sesuai dengan passion.

Berawal dari passion, karena memang sejak awal ada passion saya di dunia website. Terlebih saat masih duduk di bangku kuliah. Saya merasa bahwa perkembangan website termasuk sangat dinamis karena selalu ada perubahan. Itu juga menjadi dasar saya memilh terjun di bisnis jasa pembuatan website karena saya termasuk orang yang mudah bosan.

Dengan terjun di dunia bisnis jasa pembuatan website saya lebih sering mendapatkan update informasi terbaru seputar perkembangan website. Trend design website juga selalu berubah setiap tahun, dengan begitu saya selalu mencari informasi terbaru dan tertantang untuk mempelajari hal yang baru. Terlebih sekarang perkembangan dunia mobile juga sangat pesat. Saya akhirnya juga membuat design website yang mobile friendly sesuai dengan keinginan customer. Hal tersebut yang membuat akhirnya saya tidak cepat merasa bosan dan saya memiih bisnis di dunia jasa pembuatan website.

 

Bagaimana sih cara Anda menyikapi perubahan trend design dunia jasa pembuatan website?

Saya tak harus mengikuti trend design secara mentah-mentah sesuai keinginan pasar. Terkadang web design juga terlalu berlebihan dan bahkan hal tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan cutomer di Indonesia. Saya juga memprediksi terkadang web design yang baru pun tidak matching dengan customer di Indonesia. Oleh karena itu, saya pun tidak langsung mengikuti trend design yang berkembang secara langsung. Jika customer memang sudah siap dengan trend yang baru maka saya pun akan segera menawarkannya. Saya juga selalu meng-update informasi seputar perubahan trend design melaui internet dan forum-forum pembuatan website.

 

Sejauh ini, klien seperti apa sih yang memanfaatkan jasa Anda?

Rata-rata klien saya berasal dari perusahaan yang skalanya nasional dimana mereka membutuhkan sebuah website yang juga digunakan sebagai sarana promosi. Saya juga menampilkan foto-foto terbaru yang sesuai dengan kebutuhan customer. Bahkan fotonya juga dapat digunakan untuk dicetak brosur. Pasalnya, foto juga dapat digunakan untuk sarana promosi. Website akan digunakan klien untuk menaikkan branding mereka sehingga lebih dikenal masyarakat.

 

Bagaimana sih perkembangan jasa pembuatan website saat ini?

Saat ini sudah banyak yang mulai mengerjakan bisnis jasa pembuatan website. Bahkan, ada juga yang berani banting harga jauh dari yang saya tawarkan kepada klien. Tetapi, saya juga memiliki kelebihan dimana jasa pembuatan website lain tidak memilikinya. Karena saya tidak hanya membuat produk website saja tetapi juga adanya jasa konsultasi yang saya tawarkan bahkan secara private mengingat klien dapat langsung kontak saya tanpa melalui perantara ataupun karyawan. Sewaktu-waktu klien membutuhkan konsultasi, maka dapat langsung menghubungi saya. Bahkan, pernah ada klien yang ditawari harga lebih murah tapi ujung-ujungnya justru kembali ke saya. Pasalnya, klien tersebut merasa kurang yakin dengan jasa pembuatan website yang lainnya.

 

Semua cerita Anda terkesan menyenangkan, adakah hal yang kurang menyenangkan?

Setiap pelaku bisnis tentunya pasti pernah merasakan pahit manisnya selama menjalankan bisnis. Saah satunya adalah saat melewati deadline dalam mengerjkakan project. Tetapi hal itu dikarenakan klien yang terlalu lama dalam memberikan feedback. Dalam kondisi tersebut berarti kesalahan bukan sepenuhnya ada pada saya. Saya mencoba untuk memberikan penjelasan bahwa saya sudah bekerja secara on time tapi justru klien tersebut yang terlalu lama dalam memberikan feedback. Dan dengan kondisi terebut, saya juga tidak serta merta memberikan cahrge tambahan. Hanya saja saya memastikan bahwa saya bekerja ecara on time.

Terkait persepsi pun terkadang juga ada perbedaan dengan klien yang berujung dengan komplain. Oleh karena itu, saya selalu untuk mencoba menyamakan persepsi dengan klien. Mereka seperti apa keinginannya. Tipikal orangnya seperti apa. Bukan hanya bagus buat saya pribadi, tetapi customer juga ingin seperti apa sehingga menjadi solusi bagi mereka. Dengan begitu apa yang saya kerjakan pun tidak mengurangi nilai keindahan sebuah website sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh klien.

 

Apakah Anda memiliki standar dalam pembuatan website?

Saya memang memiliki standar dalam pembuatan website. Biasanya mereka yang datang tanpa ada gambaran sebelumnya, maka saya akan menawarkan standar yang telah saya buat. Dengan begitu mereka akan dapat menentukan kearah mana website nanti akan dibuat. Tapi jika memerlukan tambahan maka ada paket custom yang dapat dipilih oleh klien. Sehingga hal tersebut akan mempercepat proses kerja saya.

 

Adakah tips agar bisnis kita tetap dapat terus bertahan?

Kalau sudah yakin dalam berbisnis dan memiliki produk berkualitas maka kita harus tetap maju untuk berbisnis. Awalnya memang tidak mudah dan mengalami perjaanan yang terseok-seok, tapi seiring berjalannya waktu tentu pasti akan dapat berhasil. Kita akan menikmati hasilnya nanti. Kalau ingin memulai berbisnis jangan punya pikiran untuk segera sukses. Pasalnya, kita harus bekerja keras untuk dapat membangun reputasi yang baik dengan klien. Seiring berjalannya waktu, maka kita akan mendapat banyak klien untuk mengembangkan bisnis yang sedang kita kerjakan. Kesuksesan tidak ada yang datang secara instan dan butuh kerja keras untuk membangun reputasi dengan klien.
Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Kriukk… Meraup Untung Besar Dari Bisnis Kerupuk

Cari Tahu Yuk Apakah Anda Sudah Bosan Jadi Pegawai

Jauhi Karyawan Dengan Kepribadian Seperti Ini

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+