Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Inovator

Jutawan Kaya Raya Ini Ternyata Mantan Remaja Kuper


Kalau Anda Adalah Remaja Cupu, Tenang Saja, Masih Ada Harapan Bagi Anda Untuk Menjadi Pebisnis yang Super Sukses.

Alexis Ohanian dan Steve Huffman bertemu di kamar asrama kampus mereka. Mereka langsung klop berkat memiliki kecintaan yang sama di dunia video game. Sejak saat itu, mereka mendirikan berbagai macam bisnis patungan hingga pada 2005, mereka berhasil mengembangkan sebuah website yang disebut-sebut paling berpengaruh di dunia: Reddit. Hingga kini, Reddit berhasil menarik lebih dari 1 miliar pageview perbulan, dan kemampuan untuk mengubah sebuah berita biasa menjadi sensasi viral. Setahun setelah mendirikan Reddit, sebuah firma besar membeli Reddit dengan angka yang cukup untuk mengantarkan Ohanian jadi miliuner muda di usianya yang masih 23 tahun. Di dalam buku karangannya, Without Their Permission, Alexis Ohanian menceritakan tentang kisah awal mula Reddit. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari sini, terutama untuk membuktikan bahwa jalan untuk sukses di dunia Internet itu tidak harus dengan menjual jiwa Anda.

 

Membangun kepercayaan diri dengan menjajal berbagai macam pekerjaan

Alexis Ohanian memiliki kepercayaan diri yang sangat rendah ketika kecil. Ia adalah anak yang paling  tinggi di kelasnya, gemuk, dengan nama seperti anak perempuan. Maka orang tuanya membelikannya sebuah PC di ulang tahunnya yang kesepuluh, meski mereka tidak mengerti tentang PC. Mereka membiarkan Ohanian melakukan apapun pada PC itu selama ia tidak merusaknya. Saat itulah ia menemukan kecintaannya di dunia komputer. “Saya terlalu fokus pada video game dan komputer untuk tidak menyadari betapa tidak keren saya saat itu.” Hingga di bangku kuliah, ia menjajal berbagai macam pekerjaan. Mulai koki dan pelayan di Pizza Hut, pekerja gudang FedEx, dan petugas parkir. Di usia keempat belas, ia melatih public speaking pertamanya dengan melamar posisi sales pameran yang bertugas mendemokan produk setiap satu jam, meskipun tidak ada satupun yang menontonnya.

“Jika Anda pernah mengalami masa buruk pada public speaking pertama Anda, di ruangan penuh audiens dengan seluruh audiens membenci dan tidak memperhatikan Anda, maka kelak Anda akan baik-baik saja,” katanya.

 alexis-ohanian-kuper

Menemukan tekadnya di meja makan

“Ayah saya telah bekerja sebagai agen perjalanan selama lebih dari tiga puluh tahun,” katanya. Suatu malam di meja makan, sang ayah curhat tentang keberadaan dunia internet yang mulai mengganggu profesinya. Sumber pendapatannya dibabat habis setelah model pemesanan tiket mulai beralih ke online. “Percakapan di meja makan itu meninggalkan kesan yang mendalam pada saya, bahwa internet adalah alat yang ampuh, namun kejam. Maka, saya memutuskan bahwa saya harus menguasainya.”

Menurutnya, kita harus bersikap oportunis menghadapi pasar yang terus berubah. Ketika perubahan masif terjadi, kita perlu mengidentifikasi model bisnis baru dan beradaptasi. Atau lebih baik, kita perlu menjadi orang-orang yang menyebabkan perubahan masif tersebut. Dan dari percakapan di meja makan itulah, Ohanian menemukan tekadnya untuk selalu menjadi orang yang menyebabkan perubahan.

 

Memulai sejak dini

Ketika masih di bangku sekolah, ia sudah menjalankan sebuah nonprofit bernama FreeAsBird.org, yang bertujuan untuk membantu nonprofit kecil membangun website mereka. Maka, untuk promosi, ia menyebarkan email pada banyak kliennya. Tentu saja, para klien tidak tahu jati diri Alexis Ohanian sebagai anak sekolahan. “Di sekolah, saya hanyalah seorang anak. Di dunia online, saya punya otoritas. Orang tua saya tidak mempermasalahkannya, meskipun saya kira mereka tidak tahu kalau saya mengirim email pada orang-orang asing.”

 

Pernah ditolak

Di bangku kuliah, model bisnis yang digagasnya dengan Steve Huffman, MyMobileMenu, pernah ditolak dari kelas entrepreneur. Kemudian ia membawa bisnisnya ke Singapura untuk bertemu langsung dengan Paul Graham, pemilik Y Combinator. Meski sempat menjalin sesi wawancara, sekali lagi model bisnisnya ditolak. Sempat depresi, pagi harinya ia kembali mendapat telepon dari Paul Graham. Katanya, “Maaf, kami membuat kesalahan. Kami tidak menyukai ide kalian, tapi kami menyukai kalian.”

Maka, pada kesempatan wawancara kedua, mereka membawa ide baru. Kali ini, mereka berhasil meyakinkan Graham tentang sebuah content aggregator yang bisa dikontrol pengguna. Inilah cikal bakal Reddit, dengan elemen utamanya, panah voting atas dan bawah yang mampu memberikan kontrol terhadap nasib cerita. Reddit kemudian berkembang sebagai sebuah situs crowdsourcing konten yang merupakan salah satu situs top 40 dunia. Barrack Obama bahkan membuka forum “ask me anything” disini. Reddit juga berhasil mewadahi gerakan protes di seluruh dunia terhadap Stop Online Piracy Act, hingga meningkatkan lebih dari $100.000 untuk Donor’sChoose.org.

 

Ada hal yang lebih susah daripada dunia entrepreneur

Hanya sebulan setelah mendirikan Reddit, Alexis menerima kabar bahwa pacarnya sedang koma. Bertepatan dengan itu, ia mendapat kabar bahwa ibunya menderita tumor otak. Ketika kemudian sang ibu meninggal, Alexis kemudian memahami pentingnya menghargai hidup dengan melakukan hal yang hanya dicintainya saja.

“Saya menempelkan tulisan ‘live remaining: 0’ di dinding kamar saya. Jika hidup itu seperti video game, maka Anda cuma punya satu kesempatan,” katanya. “Menjadi seorang entrepreneur adalah keputusan terbaik yang bisa saya buat.”

Menurutnya, menjadi entrepreneur memberinya kebebasan untuk memprioritaskan keluarga  tanpa mengorbankan pekerjaan. Hingga kini, selama lima tahun terakhir, ia telah meluncurkan berbagai macam bisnis, di antaranya sebuah perusahaan sosial (Breadpig), situs pencari travel (Hipmunk), dan sebuah perusahaan investasi (Das Kapital Capital) yang memiliki saham di 25 startup. Ini adalah pencapaian besar bagi pemuda yang berhasil mencapai status multi miliardernya di usia 23 tahun.

Jadi Sobat Studentpreneur, bagaimana dengan usia muda Anda? Apakah saat ini Anda sedang membangun the next big thing seperti Alexis Ohanian? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: USV]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Fotografer Cantik Ini Membangun Bisnis Sejak Kelas 3 SMP

Inilah Kisah Sukses Putra Jokowi Berbisnis Katering

Ilmu Rahasia Menciptakan Pelanggan Seumur Hidup

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+