Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Pria Ini Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Jepang Karena Hello Kitty


Shintaro Tsuji Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Jepang Berkat Hello Kitty. Ini Kisah Inspiratifnya.

Hello Kitty yang Anda cintai ternyata berawal dari sebuah produsen sutra. Pada tahun 1960, Shintaro Tsuji mendirikan Yamanashi Silk Center. Mereka pindah haluan ketika Shintaro Tsuji melihat potensi di balik dekorasi bunga-bunga di sandal jepit karet. Ia melihat bahwa dengan menambahkan dekorasi bunga-bunga, ia bisa menambahkan nilai terhadap barang-barang biasa. Maka lahirlah Sanrio. Mereka memperluas lini produk mereka ke barang-barang kado dan benda-benda sederhana yang dapat diberikan sebagai hadiah. Sebagian besar barang Sanrio pada waktu itu, seperti pensil dan stiker, ditujukan bagi anak-anak SD. Tentu saja mereka menambahkan desain karakter lucu-lucu yang mana terbukti efektif untuk mendongkrak penjualan.

14 tahun kemudian, seorang desainer datang dengan konsep karakter Kitty White. Shintaro Tsuji hanya berkata bahwa ia cukup menyukainya, dan mereka memproduksinya secara besar-besaran. Kitty White memulai debutnya di dompet plastik bertuliskan Hello di bawahnya. Tak disangka, dompet dengan gambar Kitty White bertuliskan Hello berhasil nge-hit. Dompet itu pun memulai legenda panjang Hello Kitty.

hello-kitty

Hello Kitty menguasai dunia

Sampai sekarang, Hello Kitty bisa Anda temukan dimana-mana. Dia pernah jadi duta besar UNICEF, dan duta pariwisata Jepang, karakter fiksi pertama di dunia yang berhasil meraih gelar ini. Ia bahkan pernah digunakan sebagai sarana untuk mempermalukan oknum polisi di Bangkok yang terlibat pelanggaran kecil. Mereka dihukum mengenakan ban lengan berwarna merah jambu bergambar Hello Kitty. Popularitasnya juga memunculkan berbagai macam mitos konyol, seperti bahwa Hello Kitty adalah simbol yang diciptakan setan untuk dikagumi seluruh dunia.

Seiring dengan popularitas Hello Kitty, Shintaro Tsuji semakin kaya. Bagaimana tidak, selain menjual lisensi Hello Kitty sebagai kekayaan intelektual, seluruh nilai barang dengan gambar Hello Kitty di atasnya akan melonjak tinggi hingga 400%. Misalnya oven microwave seharga 70 jadi berharga 5400 dolar Amerika.

Kini, ada sekitar 50 karakter Sanrio, sahabat Hello Kitty, di atas 22.000 produk berlisensi resmi. Rata-rata, setiap tahun perusahaan ini mengenalkan 3 karakter baru, sambil tetap memastikan agar mereka tidak menjenuhkan pasar. After all, angka penjualan Sanrio mencapai angka 5 miliar dolar Amerika pertahun.

Berkat Hello Kitty, Shintaro Tsuji dinobatkan sebagai satu dari 50 orang terkaya di Jepang dengan kekayaan sebesar 610 juta dolar Amerika.

 

Pemimpin yang peka

Di balik itu semua, kepekaan seorang Shintaro Tsuji sebagai pemimpin sudah teruji. Sekali waktu di tahun 1975, pegawai toko Sanrio kehabisan pita pembungkus sehingga ia harus mengambil hiasan pohon natal untuk menggantinya. Sang pembeli tampak sangat senang sehingga ia meninggalkan toko dengan senyum yang lebar. Melihatnya, Shintaro kemudian menetapkan kebijakan agar seluruh penjualan wajib ditambahi dengan bonus hadiah.

Nah Sobat Studentpreneur, produk kekayaan intelektual juga bisa membuat seseorang kaya raya lho. Shintaro Tsuji membuktikannya. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Arthur]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Fotografer Cantik Ini Membangun Bisnisnya Sejak Kelas 3 SMP

Jutawan Teknologi Sukses Ini Ternyata Mantan Remaja Kuper

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+