Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

12 Generasi Keluarga Ini Hidup Bergelimang Harta Berkat Pabrik Kecap


Dimulai Dari Pabrik Kecap, Keluarga Kanbei Kokubu berhasil membangun bisnis makanan nasional di Jepang. Generasi ke 12, Kanbei Kokubu 12, menjadi salah satu orang terkaya di Jepang!

Sejak pertama kali memulai bisnisnya berdiri, Kanbei Kokubu generasi keempat mungkin sudah membayangkan bahwa bisnisnya itu akan bertahan selama 12 generasi. Kini, dipegang oleh Kanbei Kokubu ke-12, perusahaan dagang Kokubu menjadi distributor grosir makanan terbesar di Jepang. Bisnisnya menggurita ke 400,000 jenis makanan kaleng, minuman beralkohol, dan produk lain seperti es krim, permen,  remah roti hingga real estate. Mereka bahkan memiliki 160 gudang penyimpanan yang tersebar di seluruh Jepang. Ajaibnya, semua itu dimulai dari sebuah industri penyulingan kecap yang didirikan lebih dari 3 abad yang lalu pada tahun 1712.

 

Landasan yang kuat

Tentu saja tidak mudah menjalankan sebuah bisnis selama lebih dari 300 tahun. Rahasia Kokubu adalah sebuah landasan yang kuat. Sejak pertama kali perusahaan mereka berdiri, Kanbei Kokubu keempat menetapkan aturan ketat “Heisei no Chomoku” yang berarti bahwa perusahaan mereka harus senantiasa menjaga kepercayaan konsumen.

kecap-kokubu

Inovasi

Sejak berdiri tahun 1712, tentu saja selera konsumen, gaya hidup, dan tantangan-tantangan di dalam bisnis selalu berubah. Kanbei Kokubu ke-12 menyebut bahwa secara turun temurun, mereka menghadapi perubahan ini dengan menjalankan 4 metode, yakni meluaskan jangkauan bisnis ke pasar internasional sekaligus meluaskan operasi domestik, ekspansi jenis produk, berpartner dengan lebih aktif, dan merangkul model business plan terbaru seperti penggunaan teknologi informasi terkini. Semua itu dilakukan dengan prinsip “koakinai” sebagai basis operasi mereka, yakni menyediakan layanan yang melebihi ekspektasi, termasuk di dalamnya adalah membuat inovasi baru yang mampu menjawab kebutuhan konsumen, sesuai dasar perusahaan: “Heisei no Chomoku”.

 

Tetap mempertahankan kepemilikan

Kokubu membuktikan bahwa tidak semua pebisnis kehilangan kendali atas bisnis mereka setelah melantai di bursa saham. Sejak mendaftarkan diri dalam public offering di tahun 1947, kepemilikian perusahaan Kokubu tetap dipegang secara eksklusif oleh keluarga Kokubu hingga sekarang. Kini, Kanbei Kokubu ke-12 menduduki salah satu dari 50 orang terkaya versi majalah Forbes. Kekayaannya diperkirakan mencapai 1 miliar dolar Amerika atau sekitar 10 Trilliun Rupiah.

Jadi Sobat Studentpreneur, apa yang saat ini sedang Anda mulai? Sekecil apapun usaha yang Anda bangun sejak sekarang, mungkin akan menuai hasil 300 tahun mendatang. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Bos Ini Punya 10 Trilliun, Tapi Hidup Lebih Sederhana Dari Buruh Indonesia

Bangun Bisnis Dari SMP, Kini Fotografer Cantik Ini Tuai Hasilnya

Dengan Uang 1 Juta, Anda Kini Sudah Bisa Berinvestasi Saham

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+