Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People teknologi Wanita Sukses

Model Cantik Ini Bertekad Untuk Kalahkan Facebook


Tidak Hanya Cantik, Supermodel Lily Cole Juga Ingin Berbisnis, dan Bahkan, Mengalahkan Facebook.

Satu lagi sosial network yang baru-baru ini merebut perhatian publik. Namanya impossible.com. Konsepnya benar-benar berbeda dari Facebook. Impossible adalah jejaring sosial yang berdasarkan pada prinsip pertukaran hadiah. Pengguna bisa memposting keinginan mereka, dan Anda bisa menjawabnya dengan mewujudkan keinginan mereka, jika Anda menganggap keinginan mereka menyentuh hati Anda. Untuk setiap permintaan yang Anda kabulkan, Anda akan mendapatkan ucapan terimakasih, yang akan tercatat di profil Anda, sekaligus menjadikan Anda sebagai orang paling ringan tangan di dunia.

Nah, di balik jejaring sosial itu, ternyata ada tangan seorang model cantik Vogue di belakangnya. Ia adalah Lily Cole.

Cole berhasil mengumpulkan sebesar 200.000 Euro ketika ia pertama kali menggalang dana untuk website ini dua tahun lalu. Ia sekaligus berhasil memenangkan dukungan dari pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, dan sejak saat itu sampai sekarang, Impossible terus dibanjiri pemberitaan media.

lily-cole

Entrepreneur tidak perlu diawali dari entrepreneur, bahkan sebagai supermodel pun bisa

Sebagai model, Lily Cole telah mencatat banyak prestasi. Di usia 16 tahun, ia jadi model termuda yang pernah tampil di sampul majalah Vogue Inggris. Selain itu namanya disama-samakan dengan supermodel seperti Kate Moss dan Naomi Campbell. Akan tetapi, meski mencatatkan banyak prestasi, Lily mengaku bahwa modelling bukan passion terbesarnya. “[Modelling] menempati sedikit bagian di hidup saya, tapi saya bersyukur bahwa ini bisa membukakan jalan bagi saya untuk melakukan semua hal yang saya inginkan,” katanya. Maka, begitu ia lulus dari jurusan sejarah seni Cambridge dengan hasil yang memukau, ia tergerak untuk mewujudkan passion terbesarnya: mengubah dunia.

 

Kebal kritik, Ketika Anda yakin dengan misi Anda

Impossible tidak pernah lepas dari sinisme. Beberapa pengamat menyebut bahwa konsep altruisme yang diusungnya “mystifyngly stupid”, dan omong kosong penipuan, hanya untuk menaikkan karirnya sebagai supermodel muda. Akan tetapi, Cole tidak bergeming.  Ia tetap yakin terhadap misinya.

Cole menemukan Impossible pada sebuah perjalanan sosial di kamp pengungsian di perbatasan Thailand-Burma pada 2010. “Saya hanya berpikir, bukankah brilian sekali jika ada sebuah platform dimana orang lain bisa menggunakan keahlian mereka untuk membantu satu sama lain? Tidak bisakah teknologi memetakan hal-hal ini dalam cara yang sangat efisien?”

Impossible jawabannya. “Apa yang kami coba untuk bangun adalah ruang dimana saya bisa memberikan sebuah apel karena Anda memerlukan sebuah apel, dan mudah-mudahan suatu hari seseorang akan memberi saya pisang. Antropolog menyebutnya sikap hutang psikologis yang positif. Orang yang memberi dalam skenario itu melepaskan zat kimia dalam otak mereka yang membuat mereka bahagia. Itu hal yang benar-benar positif.”

 

Ketenaran adalah pedang bermata dua

Cole sangat berharap agar di proyek ini, dia bisa tetap tak terlihat. Akan tetapi tampaknya hal itu mustahil dilakukan. “Saya pernah mempertimbangkan untuk memulai Impossible secara anonim,” katanya. “tapi kemudian, saya mulai berbicara di depan banyak orang, dan saya tidak bisa lagi berpura-pura bahwa bukan saya yang ada di baliknya. [Status selebriti] adalah pedang bermata dua. Idealnya, saya tidak akan menggunakannya. Tapi pada saat yang sama, saya merasa sangat bersyukur karena mampu menarik perhatian pada nilai-nilai yang saya percayai.”

Nah Sobat Studentpreneur, Impossible mungkin saat ini masih bisa dibilang sepi. Akan tetapi seiring dengan semakin banyak orang-orang yang terpengaruh dengan paham altruisme, bukan berarti bahwa situs ini akan mengalahkan Facebook. Saat itu, maka Lily Cole tentu sudah mengubah dunia. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Leweb]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Bos Ini Punya 10 Trilliun, Tapi Hidup Lebih Sederhana Dari Buruh Indonesia

Film Inspiratif yang Akan Membuat Anda Semangat Berbisnis

Ragam Usaha Kecil yang Menguntungkan

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+