Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Inilah Jokowi Versi Jepang, Milliarder Sang Raja Furnitur


Mirip Dengan Jokowi, Akio Nitori Sang Raja Furnitur Jepang  Juga Merupakan Pengusaha Furnitur Super Sukses yang Dekat Dengan Rakyat.

Meski samurai adalah relik masa lalu kebudayaan Jepang, akan tetapi jiwa samurai tampaknya masih terus melekat di keseharian warganya. Buktinya, banyak orang-orang terkaya disana menghasilkan kekayaan dengan mengalahkan dominasi asing. Salah satunya adalah Akio Nitori. Melalui bisnisnya, Aki-Home, Nitori berhasil mengusir dominasi IKEA di Jepang. IKEA adalah rantai furniture store asal Swedia yang sudah lebih dulu mendunia.

Pada tahun 1967, mirip dengan Presiden kita Presiden Jokowi, Akio Nitori yang masih berusia 22 tahun, membuka sebuah toko furniture kecil di Hokkaido. Kini, toko furniture itu telah berkembang ke 312 gerai yang tersebar di seluruh Jepang. Inilah yang mengantarkannya ke daftar 50 orang terkaya di Jepang dengan total kekayaan senilai 1,2 miliar dolar Amerika. Ada beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari entrepreneur berjiwa samurai ini.

 

Selalu melawan ala samurai

Di akhir tahun 70-an, industri furniture di Jepang masih erat dengan mitos bahwa ketika Anda memiliki 5 toko atau lebih, ujung-ujungnya hanya akan berakhir pada kebangkrutan. Terutama karena Anda tidak akan mungkin untuk bisa mengelola semuanya secara efektif. Akan tetapi, Akio Nitori melawan. Dan ia sukses membuktikan bahwa dengan lebih dari 300 gerai lokal, dan puluhan di luar negeri pun ia sanggup untuk tetap memegang kontrol.

furnitur-jepang

Mengadaptasi model yang sudah teruji di luar negeri

Kunjungan bisnisnya di Amerika Serikat lah yang kemudian mengubah caranya melakukan bisnis. Selama seminggu di California, ia menemukan betapa timpangnya gaya hidup antara warga Amerika Serikat dengan Jepang. Konsumen Amerika Serikat pergi ke toko ritel untuk membeli furnitur dan ornamen-ornamen untuk menghias rumah mereka yang luas. Sementara warga Jepang hanya memilih seadanya untuk mengisi rumah mereka yang sudah penuh sesak. Ia semakin terkejut dengan harganya yang sangat murah. Ia bisa mendapatkan barang dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan di Jepang. Temuan inilah yang kemudian ia bawa pulang. Dia memutuskan untuk membangun perusahaan yang membantu orang-orang Jepang hidup sama sejahtera dan sama nyamannya dengan orang Amerika.

 

Memberi dampak bagi masyarakat

Sukses besar, Akio Nitori tidak melupakan kewajibannya untuk beramal. Forbes mencatatnya sebagai salah satu dari 4 filantropis (baca: dermawan) terbaik Asia. Hal ini karena peran sertanya dalam merestrukturasisasi Yubari, kota asal Nitori di Hokkaido, dengan cara mendanai penanaman ribuan pohon sakura pada tahun 2009 untuk menarik lebih banyak turis. Selain itu, ia juga turut membantu pemulihan pasca bencana gempa dan tsunami Aceh 2004 silam. Sikap dekat dengan rakyat dan sukses berkat bisnis furnitur ini membuat Tim Studentpreneur merasa Akio Nitori mirip dengan Presiden Jokowi.

Nah Sobat Studentpreneur, pencapaian ini tidak mungkin dicapai tanpa kegigihan yang luar biasa layaknya samurai di medan perang. Bagaimana dengan jiwa samurai di dalam diri Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Paul]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inspiratif, Gadis 17 Tahun Ini Merintis Bisnis Sukses Sejak SMP

Lima Pahlawan Ekonomi Indonesia

Jadi Pebisnis 100 Kali Lipat Lebih Enak dari PNS

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+