Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Studentpreneur Indonesia

Omzet Pebisnis 20 Tahun Ini Mencapai Puluhan Juta Rupiah Per Bulan


Laksamana dan Theodorus Masih Berusia 20 Tahun, Namun Sudah Berhasil Membangun Bisnis Beromzet Puluhan Juta Rupiah Per Bulan.

Industri kreatif semakin menunjukkan geliatnya di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya anak-anak muda yang sukses menekuni bidang ini. Seperti halnya Laksamana Mustika dan Samuel Theodorus yang kini sukses membangun perusahaannya yang diberi nama Elven Digital. Fokus dengan bisnis Digital Branding Consultant yang dijalankannya, klien-klien mereka adalah sejumlah perusahaan besar.

 

Jadi, bisa diceritakan, apa sih digital branding consultant itu?

Digital Branding Consultant yang kami tekuni ini menawarkan untuk membantu perusahaan-perusahaan atau usaha client supaya lebih maju. Hal tersebut dilakukan melalui identitas brandingnya (melakukan redesign logo, kop surat, kartu nama,dll). Semuanya dikemas lebih premium, mempunyai website dengan design yang stunning, serta memasarkan produk-produk atau jasa-jasa para klien melalui internet. Dengan begitu perusahaan para klien akan mencapai identitas branding yang premium dan siap dipasarkan secara global melalui internet.

foto_laksamana

Kenapa terpikir oleh Mas untuk terjun kedalam bisnis ini, kan ada banyak peluang usaha yang lain?

Peluang bisnis lain tentu banyak, namun saya dari kecil mempunyai passion di bidang bisnis dan IT (Information and Technology). Seiring berjalannya waktu, saya menjadi suka bertemu dengan orang, presentasi, berbicara di depan umum, dan mencintai dunia marketing. Akhirnya muncul ide untuk menggabungkan kedua passion saya tersebut, walaupun keduanya merupakan dua bidang yang yang bertolak belakang. Oleh karena itu, saya mampu menjalankan bisnis pada kedua bidang tersebut dengan enjoy karena sangat sesuai dengan passion.

Beruntung, saat akan memulai bisnis, saya dipertemukan dengan Samuel Theodorus yang merupakan teman sebangku waktu kuliah. Bersamanya, saya mengembangkan bisnis digital branding consultant dengan mendirikan Elvent Digital dimana saya menjabat sebagai CEO. Benar saja, bersama Samuel, bisnis kami semakin berkembang karena memang memiliki passion yang sama.

 

Darimana awalnya Anda belajar membuat sebuah desain untuk sebuah perusahaan?

Saya bisa membuat design website dan membuat website itu sendiri karena kuliah di Jurusan IT Binus Sutera Alam. Namun, saya memang tidak terlalu ahli dalam mendesain identitas branding (logo, kartu nama, dll). Oleh karena itu, saya hire beberapa orang untuk bekerja dengan saya. Saya menganggap karyawan saya itu seperti teman sendiri. Banyak dari mereka yang lebih tua dari saya dan lebih senior dalam bidang teknik, tapi saya tetap menghargai mereka sama seperti teman saya yang lain. Dengan lingkungan kerja yang baik tentu akan dapat menghasilkan produk yang baik pula.

theodorus

Apa sih tantangannya dalam mengembangkan bisnis di dunia ini?

Dari sisi pesaing, kita tidak hanya bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang sudah lebih dulu menjalankan bisnis ini, tetapi kita juga bersaing dengan para freelancer yang mencari proyek. Bahkan, harga mereka relatif lebih murah karena tidak terbelit fixed cost dan variable cost. Hal tersebut berbeda dengan kami yang sudah mempunyai kantor produksi, pegawai, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dibutuhkan teknik marketing yang tepat dan efisien untuk membuat deal dengan calon klien. Dari sisi produksi pun juga harus lebih bagus dan siap untuk bersaing dengan siapa saja.

 

Lalu, sudah berapa perusahaan yang sudah menggunakan jasa Mas sampai sekarang dan berapa sih penghasilan yang didapat dari bisnis ini?

Dalam 1,5 tahun sejak didirikan, Elven Digital sudah membantu lebih dari 30 UKM hingga perusahaan berskala besar dalam membangun identitas branding mereka, website mereka, hingga memasarkan lewat internet. Tidak sedikit pengeluaran yang dianggarkan oleh perusahaan seperti dalam satu bulan membutuhkan biaya lebih dari 25 juta rupiah untuk menggaji karyawan, membayar rekening listrik, dan untuk keperluan yang lainnya. Oleh karena itu, penghasilan yang didapat per bulan pun tentunya harus melebihi biaya pengeluaran tersebut.

 

Apa yang biasanya menjadi inspirasi buat Mas dalam mendesain sebuah branding untuk perusahaan?

Inspirasi Elven Digital adalah desain-desain kelas premium di luar negeri maupun di dalam negeri. Kelas kami adalah kelas premium untuk enterprise, sehingga diperlukan proses update informasi untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Sejauh ini, bisnis Digital Branding Consultan sudah bagus dan banyak para pelaku bisnis yang berkembang. Namun, tidak sedikit pula yang kalah bersaing karena memang dari segi kualitas dan cara marketing yang dilakukan kurang tepat.

 

Terakhir, apa saran dari Mas agar mereka yang memulai bisnis tetap bersemangat?

Sampai saat ini kami belum pernah gagal menangani permintaan klien. Dan, jangan sampai hal tersebut terjadi. Kami akan melakukan upaya-upaya untuk selalu mencegah kegagalan tersebut. Pasalnya, kepuasan klien adalah prioritas kami. Paling tidak itulah yang harus dilakukan oleh mereka yang ingin mengawali bisnis. Untuk para calon entrepreneur muda, jika sudah mempunyai ide bisnis dan kemauan yang kuat, itu belum cukup. Hal yang paling mahal dan penting adalah keberanian kita untuk melangkah satu langkah saja untuk mempunyai bisnis dan mencapai mimpi kita. Bagi saya entrepreneur memiliki makna, yakni kerja keras sekarang untuk kerja ringan kelak.

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Manisnya Bisnis Permen dan Eskrim Ini

Bos Ini Punya 10 Trilliun Rupiah, Namun Hidup Lebih Sederhana Dari Buruh

Fotografer Cilik yang Membangun Bisnis Suksesnya Sejak SMP

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+