Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia teknologi

Miliarder Jepang Ini Kaya Raya dari Industri Game Online


Siapa Bilang Game Online Tidak Ada Hasilnya? Taizo Son, Pemilik GungHo Online yang Menciptakan Game Seperti Ragnarok, Masuk Dalam Jajaran Orang Terkaya Jepang!

Tahukah Anda, industri game berkembang dengan sangat cepat. Bahkan bisa melebihi industri mobil! Setidaknya itulah yang terjadi di Jepang. Taizo Son sukses besar mendirikan GungHo Online, yang menaungi game-game populer seperti Ragnarok Online, dan menciptakan Puzzle & Dragons. Bahkan, valuasi market GungHo mencapai angka 10,4 miliar dolar Amerika atau sekitar 100 Trilliun Rupiah. Lebih banyak daripada perusahaan Mazda Motor dan Japan Airlines!

GungHo juga bisa dibilang bertumbuh dengan sangat cepat. Ia baru berdiri sejak 1998. Artinya umurnya baru sekitar 16 tahun. Terbilang belia untuk sebuah perusahaan yang berhasil mengantarkan sang founder ke dalam jajaran 50 orang terkaya Jepang dengan total kekayaan sebesar 1,2 miliar dolar Amerika. Jadi, bagaimana sebuah industri game bisa menghasilkan sukses besar seperti ini?

 

Judul laris yang mudah dimonetisasi

Pada 2013, perusahaan ini berhasil menerbitkan sebuah game yang terbukti ngehit secara masif, yaitu Puzzle & Dragons. Saking ngehit-nya, game ini disebut-sebut sebagai Angry Birds-nya orang Jepang. Sebab, setiap pengguna smartphone baru, pasti akan langsung download aplikasi mereka. Ia dimainkan oleh setidaknya 10 persen dari total penduduk Jepang. Selain besarnya basis pengguna, keunggulan game ini juga terletak pada monetisasinya yang sangat menguntungkan. Mereka mengenakan harga 1 dolar Amerika untuk setiap 1 Magic Stone, dan 60 dolar Amerika untuk 85 Magic Stone. Saking pentingnya Magic Stone bagi pengguna, revenue dari app ini berhasil menempati posisi pertama dari app di seluruh dunia. Bahkan, satu judul ini disebut-sebut mampu menutup 91% profit perusahaan.

ragnarok

Berubah-ubah untuk menyesuaikan dengan pasar

Akan tetapi sebelum mereka sampai pada judul best seller itu, mereka terlebih dahulu banting tulang. Mereka pivot berkali-kali, menyesuaikan arah bisnis mereka mengikut pasar. Pada awal berdirinya, yaitu tahun 1998, perusahaan ini memulai sebagai bisnis lelang online. Akan tetapi, 2 tahun kemudian, mereka memindahkan arah bisnis mereka ke penyedia sistem bagi para pebisnis yang berminat untuk membuka lelang online mereka sendiri. Sayangnya, merasa bahwa pasar sudah kering, 2 tahun kemudian, perusahaan ini sekali lagi mengubah arah mereka, kali ini ke layanan game online, dengan menyediakan server Jepang bagi Ragnarok Online. Dan di 2 tahun berikutnya, mereka mulai terjun sebagai pembuat game online. Barulah pada 2005, GungHo mengawali perjalanan mereka di dunia manufaktur game smartphone.

 

Dukungan keluarga yang besar

Taizo Son adalah adik termuda dari Masayoshi Son, keluarga imigran dari Korea yang sukses menjadi orang terkaya di Jepang. Salah satu investor terbesar GungHo adalah Softbank, yang tak lain adalah perusahaan milik Masayoshi. Softbank memegang 40% saham GungHo, sementara Taizo sendiri memegang 27%. Dukungan dari perusahaan besar yang terakui inilah yang setidaknya jadi salah satu alasan, selain suksesnya monetisasi Puzzle & Dragons, sebagai faktor yang menyebabkan nilai saham di perusahaan ini melonjak hingga lebih dari 10 kali lipat.

 

Figur pemimpin yang visioner

Taizo memprediksikan bahwa the next big thing akan muncul di sekitar dunia internet, dimana smartphone dan perangkat lain yang terhubung dengannya akan memainkan peranan besar terhadap evolusi manusia. Kebangkitan perangkat yang saling terhubung akan mengoptimalkan cara kerja masyarakat. Wearable device akan membuat perawatan kesehatan lebih optimal, dan grid elektrik pintar dapat mengoptimalkan penggunaan energi. Dan ia menganggap bahwa semua orang berpotensi sukses besar disana! Katanya, “Tidak peduli apakah orang Jepang, Asia Tenggara, atau Tiongkok. Entrepreneur berbakat ada dimana-mana.”

Nah Sobat Studentpreneur, bagi Anda yang kesulitan menemukan ide untuk the next big thing, kenapa tidak coba saja bisnis di dunia digital? Siapa tahu Anda akan sukses besar seperti Taizo Son? Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Medoria]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Cinta Bos Lion Air Ditolak Karena Tidak Punya Sepatu Puma

Gadis 16 Tahun Berhasil Raup Jutaan Rupiah Per Bulan Dari Bisnis Kamera

Anak Muda Bogor Berhasil Bangun Perusahaan Properti Besar Khusus Untuk Warga Miskin

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+