Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Nelayan Ini Jauh Lebih Sukses dan Kaya Dari Anda


Nelayan Ini Mempunyai Harta Kekayaan 4 Trilliun Rupiah. Kisah Inspiratif Chia Song Kun, Salah Satu Orang Terkaya di Malaysia.

Berawal dari desa Sungai Burong di Malaysia, Chia Song Kun hidup di keluarga yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan. Sekarang Chia Song Kun memimpin QL Group yaitu perusahaan perdagangan makanan ikan dan hewan ternak terbesar se Asia Tenggara dan menempatkan Chia Song Kun sebagai orang terkaya no 24 di Malaysia. Kekayaan Chia Song Kun sebesar  400 juta dollar atau  setara 4 triliun rupiah. Sebenarnya keluarga Chia bukan orang Malaysia asli tetapi dari Tiongkok. Ayahnya adalah orang Tiongkok dan seorang imigran di Malaysia.

 

Pertama kali kuliah

Keluarga Chia memang keluarga yang serba kekurangan, ayahnya yang nelayan hanya menyekolahkan anak-anaknya sampai sekolah menengah atas. Chia mempunyai 14 saudara, dan Chia merupakan anak keempat. Setelah lulus SMA, Chia ternyata mempunyai keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Akhirnya Chia diterima di universitas Malaya dan mendapatkan gelar Matematika. Sewaktu kuliah, Chia merasa cocok untuk mengajar dan akhirnya setelah Chia lulus dia mengajar di Mara Institute of Technology.

Chia ternyata adalah keluarga pertama yang bisa melanjutkan pendidikan sampai perkuliahan, bahkan Chia juga menjadi lulusan pertama di desanya. Itu juga yang menjadikannya selalu berusaha, dan Chia juga turut mendirikan Inti College (sekarang Inti Universal Holdings Berhad). Tetapi dengan mengajar, ternyata tidak membuat nyaman hati Chia, pada tahun 1987 Chia memutuskan untuk kembali ke desanya.

nelayan

Kembali ke desa, dan menjadi nelayan

Walaupun sudah lulus perguruan dan mendapat gelar matematika, Chia merasa keberuntungannya sebagai nelayan. Dalam keluarga Chia, keluarga adalah nomor satu. Walaupun Chia sudah mapan di kota, tetapi keluarganya di desa masih serba kekurangan, dia harus membantunya. Bersama saudaranya, Chia mendirikan QL Group. QL dalam bahasa Tiongkok berarti ‘All Win’ yaitu kemenangan untuk semuanya, yaitu kemenangan keluarga Chia.

Desanya yang banyak menjadi nelayan akhirnya dimanfaatkan oleh Chia. QL memproduksi ikan segar dan pakan ikan. QL memasok ikan diseluruh Malaysia, usahanya akhirnya menyebar sampai di Asia Tenggara. Pemasok utama QL adalah Thailand dan Jepang. Setelah itu QL melakukan pengembangan bisnisnya, yaitu di pakan ternak dan telur ayam. Bahkan perkebunan QL ini sudah mengekspor sampai Indonesia dan Vietnam.

 

Strategi Chia Song Kun

QL berkembang luas karena Chia berhasil melihat kesempatan. Ketika banyak nelayan didaerahnya kesulitan menjual, Chia menggandeng mereka dan memasarkan ke pasar yang lebih luas. QL memperkenakan Surimi, yaitu daging ikan yang mempunyai kualitas baik. Chia belajar membuat Surimi sampai ke Jepang. Sekarang Surimi diekspor ke Tiongkok, Jepang, Singapura dan Korea Selatan.

Setelah bisnisnya stabil, Chia merambah bisnisnya ke pakan ternak dan telur ayam. QL pada tahun 1994 membuat peternakan ayam dan pakan ternak. Bahkan peternakan QL memproduksi 2.7 juta telur setiap hari, hanya selisih 300ribu dari peternakan terbesar di Malaysia pada saat itu. Sekarang peternakan QL bahkan ada di Jakarta dan Vietnam untuk diekspor dari daerah tersebut.

Nah, sekarang Sobat Studentprenuer sudah mengetahui bagaimana kisah Chia Song Kun. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Malik]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Anak SMA Ini Raup Puluhan Juta per Bulan Dari Bisnis Sepatunya

Ternyata Bos Garuda Food Adalah Korban Bully

Dihina, Ibu Rumah Tangga Ini Bangkit dan Bangun Bisnis Trilliunan Rupiah

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+