Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Kedisiplinan Mengantarkan Milliuner Ini Menjadi Salah Satu Orang Terkaya Malaysia


Kedisiplinan Karena Pernah Berada di Militer Membuat Syed Azam Sukses Berbisnis dan Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Malaysia.

Siapa yang berpikir bahwa bisnis persewaan helikopter menjadi bisnis yang menjanjikan di Malaysia. Adalah Syed Azam Ibrahim, orang terkaya nomor 31 di Malaysia yang mempunyai perusahaan Western Aviation Services Sdn Bhd (WAS). WAS adalah perusahaan rental helikopter yang dimiliki Syed Azman yang beroperasi di bandara Sultan Abdul Aziz Shah. Bahkan sampai sekarang, WAS tidak mempunyai kantor secara resmi, perwakilannya pun hanya berisi foto-foto dari Syed Azman.

 

Berawal dari menyukai mobil

Ayah dari Syed Azman adalah PNS dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Berasal dari keluarga yang cukup mampu, dia sudah menyukai mobil dari kecil. Pada waktu sekolah dasar, ada mobil baru yang ada disekolahnya. Dia sangat menyukai mobil tersebut, dan ternyata milik gurunya. Azman sangat ingin naik mobil tersebut, beruntung ternyata yang mempunyai adalah gurunya dan Azman berhasil naik mobil tersebut. Berawal dari situ, Azman bercita-cita mempunyai mobil sendiri.

“Jika Anda menyukai mobil, Anda harus menyukai uang juga. Ketika itu saya langsung berpikir untuk mencari uang untuk membeli mobil” kata Syed Azman.

 

Menjadi tentara dan belajar disiplin

Selain mobil, ternyata Azman juga menyukai kegagahan seorang tentara. Dia tinggal dekat dengan asrama tentara dan sering melihat tentara didaerahnya. Dia akhirnya bercita-cita menjadi tentara setelah lulus kuliah. Setelah menjadi kadet, Azman akhirnya berhasil membeli mobil pertamanya. Lalu apa keuntungannya menjadi tentara? Kedisiplinan dan pengalaman menjadikan Azman lebih tangguh menjalankan bisnis. Setelah 13 tahun menjadi tentara, akhirnya Azman keluar dan ingin menjadi pebisnis.

 

Mengejar mimpi masa kecil

Karena ketertarikannya terhadap mobil, Azman akhirnya berbisnis mobil bekas. Caranya unik, dia membeli mobil bekas di London dan akhirnya dijual lagi di Malaysia. Tetapi cara tersebut tidak bertahan lama, karena terbentur peraturan pemerintah. Akhirnya Azman memenangkan tender penjualan mobil Honda Jazz. Setelah itu tidak hanya Honda, Azman juga menjual Chevrolet, Suzuki dan beberapa smart car.

“Menjual mobil adalah bisnis yang bagus, karena itu hal yang mudah” terang Azman.

rental-helikopter

Rental helicopter dan kedisiplinan level dunia

Karena kesibukannya, jam tidur Azman benar-benar terbatas. Azman harus bepergian ke kota-kota di Malaysia bahkan di negara lain untuk melakukan rapat dan bertemu klien. Karena sempat berada di kemiliteran, mental disiplin Azman sangat tinggi.

“Saya sangat benci membuang uang. Kalau orang naik pesawat bisa menghemat waktu kenapa tidak” kata Azman.

Pada tahun 2003, Azman membeli helikopter pertamanya seharga 1.5 juta dollar. Ternyata bisnis ini sangat digemari para kliennya, banyak pengacara, pengusaha dan pejabat  yang menyewa rental helikopternya. Bahkan sekarang Western Aviation Services Sdn Bhd (WAS) sudah mempunyai 40 helikopter.

Nah, Sobat Studentpreneur sudah tahu kisah Azman, pengusaha kaya asal Malaysia. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: US Navy]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Ini Waktunya Anda Keluar Dari Pekerjaan

Omzet Pebisnis 20 Tahun Ini Mencapai Puluhan Juta Rupiah

Informasi: Inilah Kenapa Yahoo! Menutup Kantornya di Indonesia

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+