Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia Studentpreneur Indonesia

Dibalik Bisnis Erick Thohir, Pemilik Inter Milan Dari Indonesia


Sekalipun tak menjalankan bisnis keluarga, Erick Thohir menunjukkan bahwa dirinya juga bisa berhasil menjadi seorang pebisnis sukses.

Siapa yang tidak kenal dengan Erick Thohir, pebisnis di Indonesia ini merupakan presiden dari klub sepakbola Italia, Inter Milan. Erick Thohir ini merupakan pebisnis media di Indonesia, Thohir merupakan pemilik dari Beyond Media dan dulu pernah memiliki saham mayoritas dari klub basket NBA, Philadepia 76 Sixers. Jadi apa bagaimana Erick Thohir membangun bisnisnya hingga besar sampai sekarang?

 

Anak dari keluarga pebisnis

Terlahir dari anak pemilik grup Astra International, TeddyThohir, Erick Thohir sudah diajari bagaimana cara berbisnis sejak kecil. Thohir lahir di Jakarta pada tanggal 30 Mei 1970. Tidak ada yang spesial yang dari masa kecil Erich Thohir. Setelah menamatkan SMA di Jakarta, Thohir melanjutkan ke perguruan tinggi di Universitas Glendale Amerika Serikat. Tidak lama berselang, Erick juga melanjutkan gelar masternya di Universtias Nasional California. Yang unik, selama di Amerika ternyata ayahnya melarang untuk melanjutkan bisnis keluarganya, ayahnya menginginkan anaknya tersebut mempunyai bisnis sendiri.

profil-erick-thohir

Kembali ke tanah air

Setelah lulus dan mendapatkan gelar masternya, Erick Thohir kembali ke Indonesia dan mendirikan Mahaka Group. Setelah itu, gebrakan pertama Erick adalah membeli harian Republika yang berada di ambang kebangkrutan. Rencana tersebut banyak mendapat dukungan dan juga sorotan publik.

Erick memang tertarik dengan media sejak kuliah setelah membuat Mahaka Group bersama partnernya yaitu Muhammad Lutfi, Wisnu Wardhana dan Harry Uluardy. Erick belajar dari raja media Indonesia, yaitu Jacoeb Utama yang merupakan nahkoda dari media Kompas Group serta Dahlan Iskan dari Jawa Pos. Bahkan untuk Dahlan Iskan, Erick menghabiskan waktu seharian untuk belajar dari Dahlan.

 

Mahaka Group

Setelah membeli harian Republika, Mahaka Group membeli Harian Indonesia tetapi diserahkan kepada PT Emas Dua Ribu, partner Mahaka Group di Malaysia untuk mengolahnya. Kemudian, Mahaka Group berturut-turut membuat media sendiri yaitu Jak TV, Gen FM, Prambors FM dan Delta FM.

 

Sangat suka olahraga

Erick Thohir sangat suka dengan basket. Anda tahu Satria Muda Jakarta? Dulunya bernama Mahaka Satria Muda Jakarta adalah tim basket buatan Erick Thohir bersama Mahaputri Jakarta. Setalah itu, pada tahun 2006, Erick menjadi ketua umum PERBASI dan menjadi presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) mulai 2006 sampai 2014. Tidak sampai disitu, pada tahun 2012, Erick Thohir tertarik untuk membeli saham di DC United, klub sepakbola di Amerika Serikat. Dan dilanjutkan Erick membeli saham mayoitas Philadelphia 76 Sixers.

Dan pada tahun 2013 kemarin, Erick menawarkan sekitar 300 juta dolar atau setara 3 triliun rupiah untuk membeli 70% saham dari Inter Milan. Akhirnya pada 15 Oktober 2013, Erick Thohir resmi menjadi presiden Inter Milan.

 

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui kan apa bisnis Erick Thohir. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Andy]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Gadis Cantik di Balik Bisnis Toples Beromzet Ratusan Juta Rupiah per Bulan

Pemuda Ganteng Ini Raup Milliaran Rupiah Dari Bisnis Kreatif

Tips Kaya Raya ala Bob Sadino

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+