Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Inspiratifnya Orang Terkaya Kedua di Prancis yang Juga Pemilik Louis Vuitton


Melakukan transaksi bisnis terbesar sepanjang sejarah di Prancis, pemilik Louis Vuitton menjadi orang terkaya kedua di Prancis.

Bernard Arnault memang bukan menjadi pemilik atau pendiri dari Louis Vuitton (LV). Tetapi, jasa Bernard Arnault lah yang membuat LV mendunia seperti sekarang. Bernard Arnault sekarang berada diperingkat kedua orang terkaya Prancis dengan kekayaan sebesar 29 miliar dolar atau 290 triliun rupiah. Jangan salah, hampir semua produk premium dari Prancis adalah milik dari Bernard Arnault dibawah perusahaan LVMH Moet Hennessy – Louise Vuitton. Setidaknya LVMH mempunyai 10 produk anggur, 20 lebih produk fashion, 10 produk parfum dan beberapa merk jam ternama lainnya.

 

Keluarga

Beruntung, Bernard lahir dari keluarga yang sangat kaya raya. Keluarganya mempunyai perusahaan properti sendiri, Ferret-Savinel. Setelah lulus dari kuliah, Bernard melanjutkan bisnis keluarganya tersebut. Bernard dapat belajar bisnis dari perusahaan tersebut, setidaknya Bernard diberi kepercayaan untuk membuat beberapa  project properti. Puncaknya adalah ketika Bernard dipilih untuk membuka cabang bisnis keluarganya di Amerika. Disitu Bernard pindah bersama semua keluarganya dan membangun cabang.

 

Kembali ke Prancis

Setelah 3 tahun mencoba membuka cabang di Amerika, akhirnya Bernard kembali ke Prancis untuk mengembangkan perusahaan keluarganya. Tetapi sayang, karena situasi politik, perusahaan properti di Prancis macet. Akhirnya Bernard mendirikan properti sendiri dengan nama Ferinel dan menjadi CEO pada tahun 1979.

profil-bernard-arnault

Mulai mengakuisisi

Karena membantu partnernya, Bernard mulai membeli Financiere Agache, perusahaan perhiasaan. Lalu mengakuisisi Boussac, perusahaan yang memiliki brand Christian Dior. Bernard membantu brand Dior untuk terus berkembang sampai sekarang. Puncaknya adalah pada tahun 1987, yaitu Bernard membeli brand LV. Bernard membeli saham LV sebesar 1.5 juta dolar, dan menjadikan sebagai transaksi bisnis terbesar sepanjang sejarah Prancis.

 

Membangun Louise Vuitton

Bernard menjelaskan, bahwa LV tidak sekedar menjual barang dengan harga yang sangat mahal, tetapi LV terkenal dengan kualitasnya yang bagus. Pada tahun 1991, Bernard membuka toko LV pertama di China, ketika itu Bernard bercerita bahwa tidak ada mobil sama sekali yang melintas. Tetapi sekarang LV sudah memiliki 20 toko di China.

LV terkenal dengan detail dan kualitas yang tinggi. Banyak produk dari LV yang buatan tangan asli Prancis dan memang dibuat oleh ahlinya. Lalu pada tahun 1997, merupakan tahun yang penting oleh Bernard. Karena dalam tahun tersebut LV memperkejakan Marc Jacobs, seorang desainer dan perancang baju. Pada saat itu Jacobs merancang baju untuk LV, Jacobs juga diberi kepercayaan sangat tinggi.

 

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui bagaimana brand Louis Vuitton berkembang dengan pesat. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Eager]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Ken Iswari Tunjukkan Bahwa Wanita Juga Bisa Sukses di Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Bandung Pemilik Tas Eiger

Dibalik Bisnis Erick Thohir, Orang Indonesia Pemilik Inter Milan

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+