Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Inovator

Inilah Penemu Mouse Komputer yang Menginspirasi


Tak disangka, ternyata mouse yang sering dipakai oleh pengguna komputer dipopulerkan oleh Apple.

Kalau Anda pernah melihat film ‘Pirate of Silicon Valley’, disitu terlihat bahwa Apple-nya Steve Jobs lah yang mempopulerkan mouse. Padahal, sebenarnya adalah Douglas Engelbart yang pertama kali menggagas mouse untuk komputer Anda. Jadi jika Anda sekarang sedang menggerak-gerakkan mouse, berterima kasihlah kepada Douglas.

 

Siapa Douglas Engelbart

Wajar jika banyak yang tidak mengetahui tentang nama Douglas Engelbart, mungkin Anda lebih mengenal Jendral Douglas Mcarthur. Douglas Engelbart ini adalah sang penggagas mouse komputer, dia merasa bahwa seharusnya komputer bisa lebih fleksibel dalam menggerakan kursor. Douglas lahir di Portland, Amerika pada tanggal 30 Januari 1925. Douglas sekarang sudah meninggal pada bulan July 2013 yang lalu, dan dari situlah namanya terangkat, tepatnya setelah kematiannya.

Douglas lahir di keluarga yang biasa saja, dia menjalankan masa pendidikannya sama seperti anak sejawat lain. Tetapi ketika masuk ke bangku kuliah, Douglas terlihat lebih menonjol daripada yang lain. Dia lebih sering meluangkan waktu di perpustakaan. Ketika sedang kuliah di Oregon State College jurusan elektronika, Douglas membaca jurnal yang merubah hidup dari Douglas.

 

Tertarik dengan teknologi

Apa gunanya data jika tidak dapat diolah menjadi sebuah informasi. Itulah makalah yang merubah pola piker Douglas. Bagaimana teknologi sangat berguna dalam mengolah informasi dan itu adalah sebagian besar dari jurnal yang dibaca Douglas berjudul ‘As We May Think’. Ketika lulus kuliah, Douglas langsung bekerja di pemerintahan sebagai ahli elektronik. Tetapi tidak lama bekerja Douglas keluar untuk melanjutkan PhD di Universitas California.

 

Apa gunanya hidup jika tidak berguna

Setelah menikah pada tahun 1950, Douglas merasa hidupnya sudah tercapai. Sudah mempunyai pekerjaan, menikah dan hidup bahagia. Tetapi dia merasa ada yang kurang, bagaimana Douglas bisa berguna bagi masyarakat sekitarnya. Singkatnya, Douglas ingin dunia bisa menjadi lebih baik.

Akhirnya Douglas membuat Augmentation Research Center (ARC) sebuah penelitian tentang bagaimana memecahkan masalah manusia dengan teknologi. Teknologi yang menjadi fokus utama Douglas adalah komputer. Dan ketika itu komputer memang jadi bahan perbincangan.

douglas-engelbart

Mouse

Douglas merasa komputer ada yang kurang karena kursor pada saat itu sangat sulit digerakkan. Akhirnya pada tahun 1967 dia memaparkan guna Mouse pada suatu seminar. Pada saat itu mouse berguna untuk mengedit tulisan dan merubah besarnya tampilan layar. Teori Douglas adalah bagaimana menggerakkan kursor dengan posisi X dan Y. Bentuk dari Mouse pertama kali adalah kotak dengan kabel menjulur panjang. Karena itulah Douglas menamakan mouse.

Douglas menyebut mouse adalah penemuan kecil dari beberapa penemuan lainnya. ARC yang dibuatnya telah membuat penemuan lain seperti oN-Line System (NLS). NLS ini adalah cara sharing komputer pertama kali.

 

Seorang entrepreneur adalah seseorang yang bisa memecahkan masalah yang ada di sekitarnya. Douglas membuat Mouse dengan konsep yang sederhana tetapi mempunyai dampak yang sangat luas. Bagaimana menurut Anda? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Alex]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Pendiri BlackBerry Ternyata Tidak Lulus Kuliah

Girls Power: Ken Iswari Buktikan Wanita Juga Bisa Sukses di Dunia Teknologi

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+