Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Netpreneur Prancis Investasikan Jutaan Dolar Kepada Startup


Kecintaannya pada dunia teknologi membuat milliuner Prancis ini banyak berinvestasi untuk startup.

Xavier Niel adalah pemilik dari perusahaan telekomunikasi Iliad. Xavier Niel adalah orang terkaya nomor 6 di Prancis. Kekayaan Xavier Niel adalah 6.6 miliar dolar atau 66 triliun rupiah. Niel mempunyai kisah menarik, Niel merupakan seorang netpreneur dan sangat menyukai program komputer. Niel termasuk pembuat minitel seri 3615, seri komputer pertama di Prancis.

 

Pendidikan

Niel beruntung karena lahir dari keluarga yang berkecupukan, karena profesi ayahnya merupakan seorang pengacara. Pendidikan Niel pun terjamin, Niel sekolah di Allezard lalu bergabung di sekolah untuk pastur dan kemudian di Cathalic College Maille. Karena ketertarikan Niel pada komputer, pada saat Niel berumur 15 tahun, ayahnya memberikan kado natal, Sinclair ZX81. Itu adalah komputer pertama milik Niel.

 

Sangat senang terhadap komputer

Setelah itu Niel mulai berinovasi terhadap komputernya, bahkan Niel berkontribusi pada Minitel dengan membuat beberapa layanan tambahan. Setelah itu Niel bekerja untuk Minitel dan membuat layanan diantaranya Minitel Rose dan Peep Shows. Lalu pada tahun 1990, Niel membeli layanan Fernand Deveter yang merupakan layanan dari Minitel. Dan masih pada tahun yang sama, Niel juga membuat Iliad Group.

 

Mulai merambah internet provider

Setelah itu, Niel mulai sering bermain di internet service provider atau ISP. Pada tahun 1995 Niel membeli Worldnet. Dan pada tahun 2000, Niel berhasil menjual kembali Worldnet seharga 40 miliar euro. Lalu pada tahun 1999, Niel juga membuat Free, perusahaan internet service provider sendiri. Tidak hanya ISP, Free sekarang sudah merambah ke televisi dan elektronik.

 

Investasi

Niel sangat pintar dalam berbisnis, khususnya investasi. Hampir seluruh investasinya berhasil. Investasi yang paling berhasil adalah online informasi yaitu Mediapart dan Backchich. Tidak hanya itu, hampir semua sektor Niel menginvestasikan uangnya, mulai dari perusahaan teknologi Ateme, perusahaan musik Deezer. Lalu pada tahun 2012, Niel dengan majalah Entrepreneur membuat perusahaan investasi untuk startup yaitu Kima Ventures. Bahkan Kima Ventures ini setiap tahunnya selalu mendanai 50 sampai 100 startup.

xavier-niel

Sangat peduli dengan kemajuan teknologi

Jangan salah, selama 10 tahun terakhir ini Niel sudah menginvestasikan sekitar 10 juta euro kepada startup teknologi. Bahkan setiap minggu, Niel setidaknya menginvestasikan 2 startup teknologi. Pada tahun 2013 kemarin, Niel sudah mengumumkan akan membuat Web Developer Academy untuk 1000 murid sekolah, dan yang sudah mendaftar ada sekitar 10 ribu murid.

 

Nah, Sobat Studentpreneur sekarang sudah mengetahui kan bagaimana kisah netpreneur terkenal di Prancis. Bagaimana menurut Anda? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Leweb]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Orang Terkaya di Inggris Ini Hidup Untuk Berbagi

Mantan Pelayan Restoran Jadi Orang Super Kaya di Inggris

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+