Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia teknologi

Dibalik Pembuatan Antivirus Terbesar di Russia


Eugene Kaspersky adalah seorang warga Russia yang sukses menjadi orang kaya karena software antivirus buatannya.

Pengguna komputer dan sering surfing melalui internet pasti tidak asing dengan nama Kapersky. Ya, Kaspersky adalah nama antivirus atau nama kerennya adalah IT Security. Sekarang kita akan mencoba membahas tentang Eugene Kaspersky, seorang dibalik antivirus yang masih 5 besar antivirus paling banyak dipakai dan menjadi perusahaan IT Russia pertama yang masuk dalam 100 software terbaik dunia.

 

Suka matematika

Eugene lahir adalah seorang Russia asli lahir 4 Oktober 1965. Eugene mulai suka matematika dan sudah mengutak-utik soal-soal matematika sejak dini. Karena kegemarannya itu, Eugene masuk ekstakulikuler matematika pada saat SMA dan memenangkan banyak lomba matematika. Salah satunya Eugene mendapatkan juara 2 di Olympic Games for kids mathematics.

Setelah itu Eugene memutuskan untuk masuk ke Institute of Cryptography, Telecommunications and Computer Science jurusan ilmu Matematika. Karena masuk dalam jurusan tersebut, Eugene banyak dicemooh dan ditertawakan teman-temannya. Sekedar informasi, insitut tempat Eugene belajar adalah buatan KGB, sebuah intelijen Russia.

 

Mulai bekerja di perusahaan IT

Entah karena sudah takdir, setelah lulus dari kuliahnya pada tahun 1987, Eugene langsung bekerja sebagai virus analis di Cascade Virus. Setelah itu Eugene tahu banyak tentang antivirus. Eugene lalu bekerja di KAMI Information Center pada tahun 1991. Disana Eugene mulai membuat software antivirus bikinannya sendiri.

 

Kaspersky

Pada saat membuat software antivirus tersebut, Eugene akhirnya mengetahui bahwa antivirus sangat dibutuhkan diseluruh dunia. Antivirus pertamanya bernama, -V atau dibaca minus V. Lalu ada teman dari Eugene yang ingin mencoba antivirus miliknya, tapi sayang, karena salah penamaan, antivirus dari Eugene dinamakan AVP (karena Eugene lupa memberi nama). Ternyata antivirus Eugene sangat ampun, dan sudah menyebar di wilayah Bulgaria. Dan antivirus bikinan Eugene tersebut dikenal dengan antivirus AV, karena Eugene salah penamaan.

Setelah itu, Eugene sudah berani merekrut beberapa orang untuk pengembangan software lebih lanjut. Akhirnya setelah 2 tahun pembuatan, antivirus Eugene mendapatkan antivirus terbaik dari Universitas Hamburg. Dan akhirnya antivirus buatan Eugune tersebut banyak dipakai diseluruh dunia, secara gratis.

eugene-kaspersky

Sempat mengalami kemunduran

Setelah antivirus bernama AVP tersebut terkenal. Ternyata ada yang mendaftar hak paten nama dari AVP. Orang tersebut mendapatkan hak paten nama, tentu diikuti hak dari software. Karena tidak mengetahui masalah seperti itu dan Eugene dan timnya tidak mempunyai uang yang cukup, mereka menyerah.

Akhirnya Eugene dan timnya harus memulai dari awal, merubah semuanya. Karena tidak ingin salah langkah lagi, Eugene mendaftarkan nama Kaspersky sebagai hak paten. Tapi karena iklim software pada saat itu tidak seperti sekarang, Eugene bahkan sempat tidak menjual antivirus satu pun. Tetapi Eugene tidak menyerah, Eugene memanfaatkan krisis moneter di Russia untuk menambah karyawan, karena upah pada saat itu murah.

 

Sekarang, antivirus Kaspersky sudah bekerja sama dengan 120 perusahaan diseluruh dunia dengan pengguna lebih dari 250 ribu yang terdaftar. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Web Summit]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Indonesia Ini Berjaya di Dunia Internasional

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Pendiri Coca-Cola Malah Mati Miskin

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+