Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Bisnis Finansial Terbesar di Inggris Ternyata Dimulai Dari Kamar Tidur


Berhasil mendirikan perusahaan jasa finansial terbesar, pria ini menjadi orang terkaya di Inggris. Dan semuanya berawal dari kamar tidur!

Di Inggris, Hargreaves Landsdown adalah nama perusahaan yang sangat terkenal. Perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa financial, investasi sampai penjualan saham, dan semuanya bisa dilakukan melalui website. Pemiliknya adalah Peter Hargreaves bersama partnernya Stephen landsdown. Sekarang Peter berada di posisi ke 20 orang terkaya di Inggris dengan kekayaan 2.7 miliar dolar atau setera 27 triliun rupiah.

 

Belajar bisnis

Peter lahir di Lancashire, Inggris. Keluarga Peter mempunyai toko roti, disanalah Peter menghabiskan masa kecilnya. Ayahnya bernama Kendal Hargreaves yang mengelola toko roti dan rumah Peter berada di atas toko roti keluarganya. Setiap hari Peter membantu menyiapkan roti, bahkan kadang-kadang Peter yang melayani penjual. Peter mulai belajar berbisnis dari ayahnya tersebut.

Setelah lulus SMA, Peter belajar akutansi. Ketika lulus menjadi seorang akuntan, Peter mulai bekerja di perusahaan financial. Tetapi ternyata darah-darah ayahnya masih mengalir deras di jiwa Peter, dia seperti tidak cocok bekerja dibawah perintah orang. Ketika itu secara tidak sengaja Peter bertemu Stephen Landsdown yang juga seorang akuntan dan berkenalan,  ternyata mereka mempunyai passion yang sama, yaitu ingin membuat perusahaan financial sendiri.

 

Terinspirasi Silicon Valley

Cerita dari Steve Jobs yang memulai usahanya di garasi sangat terkenal, dan sampai di telinga Peter dan Stephen. Mereka pun ingin memulai usaha di garasi. Tetapi karena cuaca pada saat musim dingin di Bristol City sangat menusuk tulang, mereka memulai usaha dengan cara yang romantis, di kamar tidur.

Dengan pengalaman selama belajar dan bekerja diperusahaan finansial, keduanya membuka perusahaan jasa finansial bernama Hargreaves Landsdown. Gampang ditebak, nama tersebut diambil dari nama belakang mereka. Di kamar tersebut, mereka memulai perusahaan yang nantinya akan menjadi perusahaan finansial terbesar di Inggris. Mereka hanya bermodalkan meja pinjaman dan lemari bekas milik keluarga Peter. Hari itu adalah tanggal 1 Juli 1981, hari yang bersejarah bagi mereka berdua.

Model bisnis yang dilakukan oleh mereka sangat unik, mereka menawarkan jasa konsultasi finansial kepada para pelanggannya, dan mereka memberikan tarif dengan sangat murah. Tetapi karena kinerja dan kemampuan mereka, Peter dan Stephen mendapatkan pelanggan dari perusahaan besar. Pada titik itulah perusahaan mereka mulai dikenal.

peter-hargreaves

Tidak pernah pindah dari Bristol City

Prinsip dari Stephen dan Peter adalah semuanya bisa dilakukan disini – Bristol City -, tidak hanya di New York atau London. Jadi tidak perlu pindah untuk mendapatkan sesuatu. Selama 25 tahun setelah perusahaan Hargreaves Landsdown dibuat, mereka tidak pernah pindah kantor. Mereka sangat mencintai kotanya. Mereka juga bekerja sama dengan universitas Bristol untuk melakukan kerja sama dengan beberap lulusan dari universitas tersebut.

 

Sekarang, Hargreaves Landsdown mendapatkan masa-masa jayanya, perusahaan tersebut hamper memperolah semua gelar terbaik dibeberapa penghargaan. Mulai dari jasa finansial terbaik sampai jasa konsultasi saham. Semua usaha pasti bisa dilakukan dari mana saja selama masih ada niat, Anda tidak perlu jauh-jauh merantau jika Anda sendiri tidak mempunyai niat yang besar. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: The Sunday]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Indonesia Ini Berjaya di Dunia Internasional

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Page Untuk Bisnis Anda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+