Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Bermodal Uang Tabungan, Pria Ini Bangun Perusahaan Trilliunan Rupiah


Dengan memulai menabung, pria ini sukses membangun perusahaan yang kini bernilai trilliunan rupiah.

Charles Dunstone menyebut dirinya bukan seorang pengusaha atau seorang entrepreneur, tetapi menyebut dirinya sendiri sebagai orang yang beruntung karena berada di tempat dan di waktu yang tepat. Sir Charles William Dunstone adalah nama lengkapnya, dia merupakan pendiri dari The Carphone Warehouse dan TalkTalk Group. Charles sekarang yang masih berumur 50 tahun menjadi orang terkaya nomor 21 di Inggris dengan kekayaan pribadi 26 triliun rupiah.

 

Berawal Dari Uang Tabungan

Charles merupakan lulusan dari Uppingham School, jika di Indonesia sekolah ini setara dengan SMA. Lahir pada tahun 1964, Charles lahir dari keluarga yang biasa saja tidak ada yang spesial. Setelah lulus SMA, Charles langsung bekerja sebagai sales di perusahaan telepon. Dari situlah, bakat berjualan Charles terlihat. Ketika itu, Charles melihat bahwa potensi dari penjualan handphone sangat besar dan masih belum ada yang totalitas dalam memasarkan handphone.

Setelah menabung dari pekerjaan yang lama, terkumpulah uang sebesar 6 ribu poundsterling, atau sekitar 100 juta rupiah. Dengan uang tersebut, Charles membuka perusahaan penjualan handphone bernama The Carphone Warehouse. Charles sangat beruntung, belum ada pasar yang benar-benar besar untuk mengurusi penjualan handphone di Inggris. Tetapi Charles tidak langsung berjaya, dia pertama kali berjualan handphone di kamar apartemennya. Baru setelah berkonsultasi kepada David Ross – yang kemudian menjadi partnernya -, Charles membuka toko handphone pertamanya di London.

 

TalkTalk

Carphone Warehuse kemudian menjadi perusahaan penjualan telepon yang besar di Inggris. Tidak berhenti sampai disitu, Charles membuat terobosan baru dengan membuat broadband sendiri bernama TalkTalk. Dengan begitu, Charles bisa menggabungkan perusahaan handphonenya dengan broadband.  TalkTalk dibuat pada tahun 2003. Sekarang TalkTalk menjadi broadband nomor 2 di Inggris.

profil-charles-dunstone

Berekspansi

TIdak berhenti sampai disitu, setelah mendapatkan pasar handphone di Inggris. Charles ingin memperluas pasarnya di dunia. Charles berpikir jika dia memasuki pasar dari China atau Amerika Serikat dengan nama yang baru, tidak akan sukses. Karena itu, Charles berpikir untuk memasuki pasar handphone di Amerika Serikat.

Pada tahun 2008, The Carphone Warehouse resmi membeli BestBuy, sebuah perusahaan retail elektronik di Amerika Serikat. Dengan membeli BestBuy, Charles membuat suatu terobosan baru yaitu memasuki pasar dari Amerika Serikat. Setelah itu berturut-turut, Charles mengembangkan BestBuy di Amerika latin dan China.

Akhir-akhir ini, Charles tidak hanya bermain di perusahaan telekomunikasi dan broadband. Pada tahun 2013 kemarin, Charles membuka franchise burger Five Guys. Five Guys merupakan franchise burger terkenal di Amerika Serikat karena merupakan favorit Barrack Obama. Kebiasaan dari Charles adalah membuka toko pertamanya di jalanan.

 

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui kan bagaimana kisah Charles yang merubah tabungan pribadi menjadi perusahaan senilai 78 Trilliun Rupiah, meraup kekayaan pribadi sebanyak 26 Trilliun Rupiah. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: The Times]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

10 Bisnis yang Pasti Laku di Tahun 2015

Meski Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Muda Ini Harumkan Indonesia di Dunia Internasional

Menguak Isi Kepala Angel Investor

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+