Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Motivasi Seri Orang Terkaya Dunia

Selamat Dari Revolusi Iran, Pria Ini Jadi Bos Tim Sepak Bola Arsenal


Walaupun orang Iran, pria ini sukses menjadi orang terkaya di Inggris.

Lahir di iran pada tahun 1955, Farhad Moshiri ini menjadi orang terkaya nomor 17 di Inggris. Siapa sangka, Farhad yang merupakan keturunan Iran dapat menjadi orang terkaya di Inggris. Sekarang Farhad merupakan salah satu pemilik dari Red & White Holdings, sebuah perusahaan tambang besi dan minyak bumi asal Russia. Jadi tidak heran kan Farhad menjadi salah satu orang terkaya di Inggris.

 

Selamat Dari Revolusi Iran

Banyak yang menganggap, apakah keluarga Farhad pergi sebelum revolusi Iran?

“Keluarga saya pergi dari Iran pada bulan Februari 1979, tetap beberapa bulan sebelum revolusi itu terjadi”

Ayahnya merupakan seorang dokter untuk militer di Iran dan beberapa kali harus pulang pergi Inggris Iran karena pekerjaan. Lalu ibunya adalah salah satu pemilik dari percetakan, Kayhan. Percetakan tersebut awalnya ada di Iran, tetapi sekarang Kayhan sudah beroperasi di Inggris.

 

Suka akuntansi

Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Farhad belajar akuntansi di universitas London. Ketika lulus kerja farhad bekerja di Ernst & Young, sebuah perusahaan finansial di Inggris. Kemudian pindah di Pannel Kerr Forster, sebelum akhirnya bergabung dengan Deloitte & Touche. Dengan pengalaman tersebut, Farhad sangat mahir dibidang akuntansi.

 

Sahabat Dekat Alisher Usmanov

Nama diatas adalah termasuk nama legenda dari Rusia. Walaupun tidak menjadi orang terkaya di dunia, Usmanov memiliki setidaknya kekayaan 196 triliun rupiah. Jika Anda butuh bayangan, setidaknya Anda bisa hidup tanpa bekerja selama 392 tahun, jika biaya hidup Anda sebesar 5 juta rupiah perbulan.

Farhad bukan sekedar teman dekat dari Usmanov, mereka berkenalan ketika Usmanov membutuhkan seorang penasihat keuangan. Ketika itu Usmanov melihat Farhad seperti saudara karena masih keturunan Iran, sedangkan Usmanov merupakan warga Rusia keturunan Afghanistan. Mereka berdua bekerja sama sejak tahun 1993.

Pada tahun 1993, Farhad bekerja di Middlesex, sebuah perusahaan penyalur aluminium dari Asia ke negara-negara di Eropa. Karena kedekatan mereka berdua itulah, akhirnya Farhad bekerja sebagai salah satu pemegang saham di perusahaan minyak Usmanov.

aaron-ramsey

Gila bola, membeli tim Liga Inggris Arsenal

Dasar warga Inggris, dengan kultur sepakbola yang sangat kental, Farhad sangat menyukai sepakbola. Karena tinggal di London, Farhad menyukai Arsenal, yang memang mempunyai basis pendukung para imigran. Bersama Usmanov, Farhad membeli 10% saham dari Arsenal pada tahun 2007, kemudian sekarang kepemilikan saham mereka di Arsenal meningkat menjadi 30%. Keduanya juga menginisiasi investasi pengembangan website Arsenal.

 

Meskipun berasal dari daerah konflik, Farhad terus berjuang sampai sukses di Inggris. Sobat Studentpreneur yang anak perantauan harus mengambil pelajaran darinya. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Ronnie]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

10 Bisnis yang Pasti Laku di Tahun 2015

Meski Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Muda Ini Harumkan Indonesia di Dunia Internasional

Menguak Isi Kepala Angel Investor

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+