Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Motivasi

Dulu Narapidana Kini Jadi Jutawan


Walaupun sempat berkecimpung di dunia kriminal, mantan narapidana berikut ini sukses menjadi salah satu orang terkaya di Amerika Serikat.

Siapa sangka seorang anak yang keluar masuk penjara sekarang bisa menjadi CEO dari perusahaan yang mempunyai kekayaan ratusan juta dolar. Dia adalah pemilik perusahaan ViSalus, merupakan perusahaan pembuat makanan dan minuman berenergi, suplemen dan suplemen diet. Sekarang ViSalus sudah mengekspansi kantornya ke Inggris pada tahun 2013 dan pada tahun 2014 ViSalus sudah membuka cabangnya di Jerman dan Austria. Lalu bagaimana cerita Ryan Blair yang dulu adalah kriminal menjadi jutawan.

 

Dilahirkan dari keluarga yang broken home

Ryan Blair sudah ditinggal orang tuanya bercerai ketika umur 13 tahun. Seperti kebanyakan anak yang tidak diasuh secara benar oleh kedua orang tuanya, Blair akhirnya drop out dari SMP dan mengikuti gank berandal dilingkungannya. Blair setelah ditinggal ayahnya, dia tinggal bersama ibunya. Karena tidak mendapatkan perhatian yang lebih dari ibunya, Blair semakin menjadi di gank. Selama 2 tahun, Blair setidaknya sudah belasan kali masuk penjara karena tindakan kriminal bersama ganknya. Dan puncaknya pada umur 16 tahun Blair dipenjara selama 4 tahun.

 

Keberuntungan

Blair hanya dipenjara 2 tahun dan dibebaskan ketika perumur 18. Pada saat itu ibunya berpacaran dengan pengusaha real estate. Ketika itu kehidupan Blair langsung berubah, ayahnya yang baru ini memberikan pekerjaan dan mengajarkan bagaimana cara berbisnis. Dan kata-kata Ryan Blair pada saat itu adalah. ‘Akhirnya saya diajarkan bagaimana melakukan sesuatu yang legal’

 

Sistem diperusahaan tidak berbeda dengan gank

Yang unik adalah, Blair dengan cepat belajar bagaimana caranya berbisnis. Kehidupannya di gank sewaktu muda ternyata tidak jauh berbeda dengan yang ada di perusahaan. Bagaimana seseorang harus patuh dengan atasan atau bagaimana karyawan harus mengerjakan pekerjaan sesuai tepat waktu. Bahkan pengalaman Blair lebih tinggi karena dididik dengan sangat keras.

Blair banyak mendirikan perusahaannya sendiri, termasuk mendirikan 24/7 Tech yang dibuatnya saat berusia 19 tahun. Selain itu Blair menjadi pioneer di wireless broadband industry yang dibuatnya pada tahun 2005. Ryan Blair sukses ketika membuat perusahaan multi-level marketing bernama ViSalus. ViSalus yang bergerak dibidang suplemen kesehatan ini sekarang setidaknya sudah mempunyai 76 ribu penjual di seluruh dunia.

profil-ryan-blair

Sempat bangkrut

Ketika menjalankan ViSalus, Blair tidak langsung lancar mendapatkan kesuksesan seperti sekarang. Pada tahun 2008, perusahaannya sempat akan bangkrut karena memiliki hutang perusahaan sampai 6 juta dolar. Tetapi dengan strategi membuat saham ViSalus go public akhirnya ViSalus mendapatkan laba 600 juta Dollar hanya dalam 6 bulan. Dengan kesuksesan tersebut, Blair sangat terkenal di Amerika. Bahkan dia sempat membuat buku berjudul ‘Nothing to Lose, Everything to Gain: How I Went from Gang Member to Multimillioner Entrepreneur’. Buku tersebut menjadi buku best seller ke 3 di Amerika Serikat pada tahun 2011.

 

Ryan Blair membuktikan siapapun bisa mengubah nasibnya, termasuk narapidana sekalipun. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: AE]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Abon Garut Beromzet Ratusan Juta Rupiah Antar Pria Ini Jadi Jutawan

Meski Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Muda Ini Harumkan Indonesia di Dunia Internasional

Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Hobi Anda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+