Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Sempat Bangkrut, Si Kembar Putus Sekolah Ini Jadi Salah Satu Orang Terkaya Inggris


Tidak mudah untuk menjadi orang sukses, namun si kembar yang putus sekolah ini pun mampu membuktikannya walaupun sempat mengalami kebangkrutan.

Ayah David Barclay dan Frederick Barclay meninggal ketika mereka berumur 12 tahun. Kemudian mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah ketika berumur 16 dan harus bekerja karena faktor finansial. Tetapi siapa sangka, David dan Fred ini walaupun jatuh bangun dalam mengembangkan bisnis bisa menjadi sesukses sekarang. Sekarang David dan Fred adalah masuk dalam daftar orang terkaya di Inggris dengan kekayaan 35 triliun rupiah.

 

Terlahir kembar dan putus sekolah

Jika Anda melihat di daftar orang terkaya Inggris, disana akan tertulis David & Frederick Barclay. Biasanya jika ada dua nama di daftar orang terkaya adalah partner atau pasangan suami istri, David & Frederick Barclay ini adalah anak kembar, mereka lahir selisih 10 menit. Karena menjadi pasangan kembar, mereka selalu bersama-sama, susah bersama sampai membangun bisnis bersama. Bahkan mereka pun memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah diusia 16 tahun, juga bersama-sama.

Mereka tidak melanjutkan sekolah karena faktor ekonomi dan mereka memutuskan untuk bekerja. Mereka berdua bekerja di bagian akutansi perusahaan General Electric. Sangat beruntung, General Electric ternyata pioneer di beberapa bidang, termasuk pengembangan radar terbaru. Disana, David dan Fred belajar banyak tentang bagaimana menjadi seorang pebisnis.

 

Mengawali bisnis sendiri dan bangkrut

Pada tahun 1955, David Barclay menikah dengan guru balet, Zoe Newton. Ternyata nasib Zoe Newton sangat beruntung, walaupun dia sangat pendek, tetapi karir model sebagai pebalet sangat moncer. Zoe menjadi foto model yang cukup terkenal. Dengan uang hasil tabungan istrinya, akhirnya David dan Fred sepakat untuk membuka bisnis sendiri.

Si kembar ternyata tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuka bisnisnya sendiri setelah keluar dari General Electric. Mereka membuka bisnis cat dan dekorasi rumah dengan uang tabungan tersebut. Setelah membuka bisnis cat dan dekorasi, mereka juga membuka toko permen dan tembakau rokok, lalu bangkrut. Si kembar ternyata meremehkan uang sewa tempat dan dituntut oleh sang pemilik rumah.

barclays

Bangkit setelah keterpurukan

Tidak banyak orang yang bisa bangkit dari keterpurukan, apalagi waktu itu usaha si kembar sedang naik-naiknya. Mereka kemudian merintis usaha lagi dari 0, mereka membuat Barclays Brothers perusahaan dekorasi dan pembangungan rumah. Karena bisnisnya mengarah sedikit ke real estate, akhirnya mereka memutuskan untuk terjun langsung ke bisnis real estate. Yang unik dari bisnis mereka adalah, mereka merubah rumah-rumah sederhana menjadi hotel berbintang. Mereka berpikir, membangun hotel bisa lebih menguntungkan daripada menjual rumah.

Kemudian Barclays Brothers mendapatkan angin segar setelah mendapatkan uang pinjaman yang sangat besar. Kemudian pada tahun 1970, mereka membeli Gestplan Hotels – sekarang Gestplan Hotels menjadi salah satu hotel mewah di Inggis. Kemudian berturut-turut Barclays Brothers mengakuisisi beberapa hotel besar di Inggris, seperti Howard Hotel pada tahun 1975, lalu Ellerman tahun 1983. Dan yang terakhir adalah mereka membeli Ritz Hotel pada tahun 1995.

Sekarang usaha dari Barclays Brothers sudah tidak hanya di hotel, tetapi di perdagangan dan media. Di perdagangan si kembar sekarang sudah menguasai Yodel, handbag.com, Woolworths dan Ladybirds brand. Kebanyakan usaha tersebut adalah online shop yang sudah besar di Inggris. Lalu di dunia media, Barclays Brothers membeli Telegraph Media Group pada tahun 2004, salah satu media terbesar di Inggris.

 

Kisah si kembar yang selalu bersama-sama, ketika membuat bisnis walaupun akhirnya bangkrut sangat menarik untuk disimak. Bagaimana mereka yang awalnya putus sekolah, lalu mulai berbisnis, bangkrut dan sekarang menjadi salah satu orang terkaya di Inggris sangat inspiratif. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Nick]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Abon Garut Beromzet Ratusan Juta Rupiah Antar Pria Ini Jadi Jutawan

Meski Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Muda Ini Harumkan Indonesia di Dunia Internasional

Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Hobi Anda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+