Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Stef Wertheimer, Mantan Aktivis Perang yang Masuk Daftar Orang Terkaya Israel


Terpaksa Pindah Israel Karena Ancaman Nazi, Stef Wertheimer Bangkit Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Israel

Sekarang kami ajak Anda untuk pergi ke Timur Tengah, tepatnya Israel. Kami akan membahas siapa itu Stef Wertheimer, seorang entrepreneur yang menjadi salah satu orang terkaya di Israel. Stef sekarang adalah orang terkaya nomor 4 di Israel dengan kekayaan 4,2 miliar dolar. Walaupun Stef bukan berasal dari Israel sendiri, tetapi sejak kecil Stef besar dan tumbuh di Tel Aviv, ibu kota Israel.

Stef dan keluarga sebenarnya adalah warga asli dari Jerman, lahir di Kippenheim, pada tahun 1926. Tetapi ketika suasana politik di Jerman sedang memanas, Stef dan keluarganya ingin pindah. Ketika itu Hitler dengan Nazi-nya mulai menguasai Jerman. Akhirnya karena situasi Jerman yang tidak lagi nyaman, mereka pindah ke Israel.

Ketika pindah ke Israel, usianya baru 11 tahun. Tetapi ternyata pindah ke Israel tidak membuat nasib dari keluarganya berubah. Karena ekonomi yang pas-pasan, akhirnya Stef keluar sekolah diumur 14 tahun dan mulai bekerja serabutan.

 

Ikut kelompok bawah tanah, dan membuat senjata

Karena tidak mempunyai pekerjaan tetap, akhirnya Stef ikut gerakan bawah tanah di Israel. Ketika itu Israel belum bergejolak, jadi Stef ikut beberapa gerakan bawah tanah untuk membuat senjata. Baru setelah pada tahun 1948, ada pergerakan kemerdekaan Stef ikut berperang dengan Palmach. Selama 4 tahun, akhirnya Stef keluar dari pergerakan tersebut.

 

Mulai berbisnis

wertheimer

Stef kemudian pindah ke Nahariya untuk berbisnis. Bisnis pertamanya Stef adalah membuat alat-alat dapur. Ketika itu Stef mempunyai sepeda motor sendiri, jadi dia mendistribusikan produknya menggunakan sepeda motor.

“Disana tidak ada pekerjaan sama sekali, semuanya adalah pertanian. Jadi saya harus membuat pekerjaan sendiri”

Setelah semuanya mulai berjalan lancar, dia menamakan bisnis kecilnya tersebut dengan nama ISCAR. Kemudian keberuntungan datang dari pemerintah, ketika itu terdapat embargo dari Prancis terhadap Israel pada tahun 1967. Pemerintah akhirnya ingin membuat pisau sendiri. Karena kurangnya sumber daya, akhirnya Stef dipanggil untuk membantu membuat pisau untuk tentara. Stef terkenal karena sering membuat peralatan rumah tangga yang memang kebanyakan dari alumunium dan besi.

Dari koneksi pemerintah itulah, ISCAR menjadi sangat terkenal. ISCAR kemudian terkenal dengan perusahaan pemotong besi terkenal di Israel. Bahkan beberapa perusahaan mobil terkenal di dunia pun berkerja sama dengan Stef untuk memasarkan mobilnya di Timur Tengah, khususnya Israel. Beberapa perusahaan mobil tersebut adalah General Motors dan Ford. Sekarang ISCAR sudah ada di 50 negara. Tidak hanya terkenal dengan peralatan rumah tangga, tetapi ISCAR juga penghasil produk-produk berbahan besi.

Anda bisa membayangkan, resiko pekerjaan Stef. Keluar sekolah pada usia 14 tahun, kemudian ikut gerakan bawah tanah. Lalu memutuskan keluar dan mulai berbisnis. Bagaimana menurut Anda? Silakan tulis komentar Anda melalui kolom di bawah ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Camel]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Calvin Kizana, Pebisnis Sukses Dibalik Kesuksesan PicMix

Gadis Cantik Ini Melestarikan Budaya Sambil Berbisnis

Mereka Tidak Beruntung, Tapi Jauh Lebih Sukses Dari Anda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+